1. Hello Guest, selamat datang di Forum WinPoin. Kamu bisa bertanya, berdiskusi, sharing, dan ngobrolin apapun seputar Windows, Windows Phone, PC, Gadget, atau hal seputar Teknologi lainnya. Selamat berkomunitas! ;)

2014, empat layanan CDMA bakal mati

Discussion in 'General' started by harlynatio, Dec 27, 2013.

  1. harlynatio

    harlynatio Member

    Joined:
    May 20, 2013
    Messages:
    829
    Hampir sudah tak ada lagi penambahan jumlah pelanggan, ditambah dengan tak ada lagi penambahan jaringan dan kegiatan pemasaran, maka tiga layanan fixed wireless access (FWA) berteknologi CDMA diprediksi mati tahun depan.

    Keempat layanan tersebut adalah Flexi, StarOne, Hepi, dan Esia. Pada layanan Flexi, Telkom ternyata tak kuasa menahan penurunan jumlah pelanggannya, hingga BUMN telekomunikasi itu memiliki rencana memigrasikan layanan FWA tersebut ke seluler (Telkomsel).

    Hal yang sama juga terjadi pada StarOne, yang pelanggannya tinggal tersisa 3.000 nomor saja, dan itu pun tidak semuanya aktif. Indosat juga sudah menghentikan pembangunan jaringan untuk StarOne sudah lama.

    Adapun, Hepi milik Smartfren, sejak awal memang sudah seperti anak tiri saja, hingga tak pernah sekalipun disinggung soal pemasaran dan promosinya. Wajar saja, karena lisensi Hepi pun diberikan hanya sebagai kompensasi pemindahan Flexi dan StarOne ke pita 800MHz.

    Sedangkan Esia, sejumlah BTS-nya di daerah bahkan sudah dicabut oleh penyedia menara, dan tidak ada lagi penambahan jaringan baru, sehingga langkahnya yang sudah gontai makin limbung.

    Esia terlihat butuh operator untuk untuk mengakuisisinya, sama seperti yang dialami Axis guna menutupi hutangnya yang statusnya sudah turun jadi default karena gagal bayar.

    Jangankan untuk membayar hutang, untuk membuatnya masih bertahan saja sudah sangat sulit, selain kerugian yang mencapai Rp 1,5 triliun kuartal III tahun ini, pelanggannya pun terus menurun dan hanya menyisakan 11,6 juta nomor, dan tentunya, tidak semuanya merupakan pelanggan aktif.

    Esia juga gagal mendapatkan lisensi seluler. Menurut Kepala Pusat Informasi dan Humas Kominfo, gagalnya Esia karena belum menyelesaikan sejumlah kewajibannya kepada pemerintah. Padahal, bila sudah mendapatkan seluler, jalan melompat ke LTE terbuka lebar.

    Dulu, tarif murah selalu menjadi andalan operator FWA CDMA, meski sinyalnya buruk. Namun sekarang, tarif GSM pun sudah setara dengan CDMA, dan tentunya, dengan sinyal dan jangkauan yang lebih baik.

    Kondisi layanan seluler dari Smartfren jauh lebih baik. Karena jumlah pelanggannya terus tumbuh, melalui strategi memasarkan smartphone CDMA sendiri. Jumlah pelanggan Smartfren adalah sebanyak 12,5 juta orang, yang mana 4,1 juta diantaranya merupakan pelanggan data.

    Namun, Smartfren juga tidak bisa bertahan lebih lama, karena CDMA tidak akan berkembang, apalagi tak ada lagi vendor telekomunikasi yang mau memproduksi perangkat CDMA. Jalan satu-satunya adalah segera bermigrasi ke LTE meskipun untuk itu butuh biaya besar.

    Sumber:merdeka.com

    Kesimpulan: Mulai sekarang sobat udah boleh meminta no GSM kawan atau saudara yang masih menggunakan no CDMA,karna bisa saja no CDMAnya tidak berfungsi lagi :ngasihinfo::ngasihinfo:
     
  2. amdpastrana

    amdpastrana Most Valuable Member

    Joined:
    Jul 10, 2013
    Messages:
    853
    saya punya ipad mini model A1455 dan saya lihat ternyata ini model CDMA, sementara kartu yang saya pakai XL
    padahal di pulau saya ini jelas sekali kalo jaringan cdma gk ada
     
  3. Febian

    Febian Administrator Staff Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    7,952
    Masih inget dulu mereka adalah raja dan ratu iklan, setiap liat TV ada mereka, liat koran ada mereka, liat majalah ada mereka, pamflet2 dan baliho juga
    G nyangka dengan promo yang segitu besarnya, ternyata bs kalah persaingan dan mendekati kematiannya
    :laper:
     
  4. Febian

    Febian Administrator Staff Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    7,952
    boleh nih dilempar kesini, mumpung di rmhku ada cukup banyak sinyal CDMA..waixixixixixi #ngarep
    :malu3:

    btw device km kog keren2 sih sob, jd ngiri..hihihihihi
    :mimisan:
     
  5. marwanto.se

    marwanto.se New Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    7,663
    Wah, sepertinya awal tahun 2014 harus mulai ganti ke modem GSM atau internet kabel nih (bagi pengguna modem CDMA, termasuk ane jg :ketawa: ).

    Ane pun sekarang masih pake modem Smartfren ZTE AC682 locked (speed up to 3,1 Mbps). Makin lama pelayanannya jg sudah mulai 'mengecewakan' pelanggannya; tahun 2011-2012 lalu paket yg diberikan Smartfren benar2 unlimited tanpa FUP/kuota, semenjak bulan Maret 2013 lalu s/d sekarang Smartfren mulai memberlakukan FUP/kuota di paket unlimitednya, yg jika kalo sudah habis speed diturunkan ke max 64 Kbps (8 KB/sec).

    64 Kbps bisa apa? Browsing lelet (buka web nunggu 3-15 menit baru kebuka, dalam keadaan browser data bersih), download 2,5x lebih lama dari ukuran file (misalnya kalo download 2 MB, maka butuh waktu 5 menit baru selesai), YouTube streaming buffering lama meski udah kualitas terendah 144p.

    Kalo gini, waktunya harus ganti ke ISP/provider lain yg memberikan internet yg benar2 unlimited tanpa FUP & kuota. Rencananya kalo punya uang lebih, ane ganti ke ISP kabel Telkom Spe*dy. Ngomong2 sekarang Spe*dy pelayanannya jg baik, misalnya utk internet 1 Mbps unlimited cuma 125ribu aja udah dapet (setahu ane sendiri) (+ Telepon rumah lagi) [ane baca di forum K*skus].
    Kalo FastNet (First Med*a) ane jg baca di forum K*skus sekarang malah sering banyak RTOnya, selain itu tarifnya di tahun 2014 nanti juga mau naik.
     
  6. amdpastrana

    amdpastrana Most Valuable Member

    Joined:
    Jul 10, 2013
    Messages:
    853
    Yahh..maslahnya sob ini ipad bisa dipake meski modelnya CDMA itu yg bikin saya heran

    Usaha dong sob hahaa, ngirinya juga kejauhan lokasi saya sama situ :ketawa:
     
  7. Chrisnado

    Chrisnado Administrator Staff Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    1,862
    Terus device yang pake jaringan CDMA gimana donk di Indonesia? Sisa provider CDMA yang bertahan tinggal apa aja? Wah padahal temen-temenku banyak yg pake BB dengan provider smart :capedeh2:
     
  8. harlynatio

    harlynatio Member

    Joined:
    May 20, 2013
    Messages:
    829
    Sepertinya yang bakal masih bertahan tuh Smarttfren,habis sampe sekrng smartfren masih eksis munculin iklan dan launching produk2 baru seperti tablet dan smartphone android
    [hr]
    Mungkin salah cetak tuh si apple :ketawa:
    [hr]
    Iya sob,ane juga pengguna modem Flexi sejak Juli 2012,namun bbrp bulan lalu speednya juga cuman 20-30kbps udah tuh tengah malam juga speednya masih segitu,padahal pas awal2 pake speed tengah malam bisa tembus 200kbps loh sampe akhirnya g tahan nih baru sebulan ane masang speedy dirumah yg 195ribu,lumayan speednya stabbil di 80-100Kbps:sokganteng:
    [hr]
    Iya mas febian ,sobat kita yg satu ini sepertinya orang kaya nih banyak gadgetnya :ketawa::ketawa:
     
  9. amdpastrana

    amdpastrana Most Valuable Member

    Joined:
    Jul 10, 2013
    Messages:
    853
    salah cetak :ketawa::ketawa:
    padhal waktu update ke ios7 itu saya download firmwarenya dan sudah jelas klo yg saya download juga model CDMA


    Yahahaa orang kaya, percuma punya banyak gadget kalo rata2 brand cina
    Saya kerjaannya cuman jagain rentalan game pc
     
  10. Chrisnado

    Chrisnado Administrator Staff Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    1,862
    iya semoga aja bertahan, banyak tuh temen ane yg pake Android, iPhone sama BB CDMA
     
  11. harlynatio

    harlynatio Member

    Joined:
    May 20, 2013
    Messages:
    829
    ane juga berharap flexi bisa bertahan
    habis keluarga ane semuanya rata2 ada flexi
     
  12. Acrostics

    Acrostics New Member

    Joined:
    Jun 22, 2013
    Messages:
    5
    untung masih mikir-mikir pakai hp CDMA, kalau begini malah gak ada niat lagi deh
     
  13. Febian

    Febian Administrator Staff Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    7,952
    aku sih blm pernah pake CDMA, tetapi turut berduka jg kl sampe CDMA tiada
    Rest in Peace..
     

Share This Page