1. Hello Guest, selamat datang di Forum WinPoin. Kamu bisa bertanya, berdiskusi, sharing, dan ngobrolin apapun seputar Windows, Windows Phone, PC, Gadget, atau hal seputar Teknologi lainnya. Selamat berkomunitas! ;)

30 Hari Belajar C#: Hari 1: Menginstall Visual Studio Express 2013

Discussion in 'Developer Corner' started by Febian, Feb 6, 2014.

  1. Febian

    Febian Administrator Staff Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    7,952
    Selamat datang di seri pembelajaran 30 Hari belajar C#

    Sebelum mempelajari seri Hari 1: Menginstall Visual Studio Express 2013 ini, pastikan kamu sudah mempelajari seri Intro + Persiapan terlebih dahulu.

    Jika sudah..maka silahkan dilanjut pembelajarannya ke materi berikut ini:

    Visual Studio Express 2013 adalah development environtment (IDE) gratis yang bisa memudahkan kamu dalam mengembangkan aplikasi untuk Windows, Windows Phone, web, maupun cloud. Ada beberapa macam versi Visual Studio Express 2013 yang bisa kamu download sesuai dengan fungsinya masing-masing:

    • Visual Studio Express 2013 for Web
      Untuk membuat website atau aplikasi berbasis web
    • Visual Studio Express 2013 for Windows
      Untuk membuat Windows Store App (Modern App)
    • Visual Studio Express 2013 for Windows Desktop
      Untuk membuat software atau aplikasi di Windows desktop
    • Visual Studio Express 2012 for Windows Phone
      Untuk membuat Windows Phone App

    Di pembelajaran 30 Hari belajar C# ini kita akan menggunakan Visual Studio Express 2013 for Windows Desktop

    Download Visual Studio Express 2013 for Windows Desktop

    • Download Visual Studio Express 2013 for Windows Desktop dari halaman ini.
      [​IMG]
    • Pastikan PC kamu memenuhi system requirements yang dibutuhkan, klik yang versi ISO.
      [​IMG]
    • Kamu akan diminta memasukkan detail nama, email, dsb. Masukkan data yang dibutuhkan dan klik Download Express 2013 for Windows Desktop.
      [​IMG]
    • Proses download akan langsung dimulai. Besar file installer ini sekitar 790 MB.
      [​IMG]

    Install Visual Studio Express 2013 for Windows Desktop

    • Setelah terdownload, langsung saja mount file ISO Visual Studio Express 2013 for Windows Desktop.
      [​IMG]
    • Buka dan double klik wdexpress_full.exe
      [​IMG]
    • Ikuti Wizard instalasinya.

      [​IMG]

      [​IMG]

      [​IMG]
    • Di akhir instalasi, klik Launch dan Silahkan login ke akun Microsoft kamu. Jika kamu tidak login, maka lisensi Visual Studio Express 2013 hanya menjadi berupa trial dan bukan full version. Setelah login, barulah Visual Studio Express 2013 akan terlisensikan ke akun Microsoft kamu.

      [​IMG]

      [​IMG]
    • Visual Studio Express 2013 for Windows Desktop sudah siap untuk digunakan
      [​IMG]

    Kini development environment yang akan kita gunakan untuk belajar C# sudah siap digunakan.

    Jika ada pertanyaan seputar pembelajaran yang ada di seri Hari 1: Menginstall Visual Studio Express 2013 ini, silahkan langsung aja ditanyakan. Jika tidak ada pertanyaan, silahkan langsung melanjutkan ke seri berikutnya yaitu 30 Hari Belajar C# -> Hari 2: Membuat Aplikasi Simple Pertama dengan C# (on progress..dirilis besok)
    :goodjob:
     
    • Like Like x 1
  2. Jazz

    Jazz The Heartbreak Kid Staff Member

    Joined:
    Jan 6, 2014
    Messages:
    14,741
    Hmmm.... kalau Boleh kasih Saran...:ngasihinfo:
    Setiap Akhir threadnya Bilang "Ada pertanyaan??" atau "Any Question??"..:goodjob:
    :ketawa:
     
  3. Ambrizal Suryadinata

    Ambrizal Suryadinata External Team Staff Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    2,540
    Kayaknya berminat ini menggunakan Visual Studio Express 2013 for Web siapa tau ini lebih mudah dari dreamweaver :ketawa:
     
  4. Febian

    Febian Administrator Staff Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    7,952
    Update: sudah ditambahkan screenshot utk semakin memperjelas tutorialnya

    Sip, udah ditambahkan. Thanks sarannya.
    :sokganteng:
     
  5. nandosangputra

    nandosangputra New Member

    Joined:
    Jun 4, 2014
    Messages:
    2
    Mas, jika saya menggunakan Microsoft Visual Studio Express 2013 with Update 2 for Windows, apakah akan sama saja caranya dengan yg diajarkan nanti?
     
  6. mabaega

    mabaega Well-Known Member

    Joined:
    Nov 9, 2013
    Messages:
    2,739
    sama om. dan pasti lebih baik.
     
  7. nandosangputra

    nandosangputra New Member

    Joined:
    Jun 4, 2014
    Messages:
    2
    Oke deh, thanks, gasabar nih, hehe
     
  8. mabaega

    mabaega Well-Known Member

    Joined:
    Nov 9, 2013
    Messages:
    2,739
    sabar om... ni penulisnya mimin, pasti sibuk banget, banyak yang diurus..
    xi..xi..xi..xi.....

    Pelajari aja dulu mengenai Tipe Data dan Struktur Penulisan Bahasa C#.
    Selebihnya bisa belajar sambil mencoba buat applikasi dasar.

    mudah2an mimin ada banyak aktu untuk melanjutkan thread tutorial ini.

    jalan-jalan dimari om.
     
  9. Rendie Monkzilla

    Rendie Monkzilla New Member

    Joined:
    Jun 23, 2014
    Messages:
    1
    Gan cara penggunaan visual studio 2013 sama visual studio 2010 sama gak..
    soalnya ane instal visual studio yang 2013 di laptop, sedangkan d kampus di ajarin pake visual studio 2010..
    takutnya gak nyambung nanti.. :woa:
    tolong pencerahahnya gan :pleease1: :pleease1:
     
  10. Jazz

    Jazz The Heartbreak Kid Staff Member

    Joined:
    Jan 6, 2014
    Messages:
    14,741
    Sama saja sih, dan Pastinya lebih baik
     
  11. aryaguna

    aryaguna New Member

    Joined:
    Sep 19, 2014
    Messages:
    2
    kemarin saya coba download visual studio express 2013 update 3, saya sudah klik yang versi iso tapi kok besarnya 4800 Mb. Tolong bantu cek, apa memang sebesar itu, atau ada yang salah, padahal katanya besarnya cuma sekitar 790 Mb
     
  12. Jazz

    Jazz The Heartbreak Kid Staff Member

    Joined:
    Jan 6, 2014
    Messages:
    14,741
    Bukannya emg segitu size ISOnya?
    http://www.microsoft.com/en-us/download/details.aspx?id=43733
     
  13. aryaguna

    aryaguna New Member

    Joined:
    Sep 19, 2014
    Messages:
    2
    Oh gitu, soalnya di thread ini "30 Hari Belajar C#: Hari 1: Menginstall Visual Studio Express 2013" tertulis "Proses download akan langsung dimulai. Besar file installer ini sekitar 790 MB."
     
  14. Jazz

    Jazz The Heartbreak Kid Staff Member

    Joined:
    Jan 6, 2014
    Messages:
    14,741
    Hmmm coba pastikan halaman yg kamu tuju itu sesuai dengan di Thread utama
    http://www.visualstudio.com/en-us/downloads/download-visual-studio-vs#DownloadFamilies_2
     
  15. hendsjatik

    hendsjatik New Member

    Joined:
    Feb 3, 2015
    Messages:
    1
    tempat saya waktu mau install kok muncul notif kyk gini ya, apa harus install ulang windows nya ??

    mohon pencerahaan nya . terimakasih
     

    Attached Files:

    Last edited by a moderator: Jul 6, 2015
  16. arieftyo11

    arieftyo11 New Member

    Joined:
    Apr 10, 2015
    Messages:
    1
    miin kalo pake visual studio 2010 bisa kan?
     
  17. Faisal Himawan

    Faisal Himawan New Member

    Joined:
    Apr 30, 2015
    Messages:
    1
    Pake visual studio ultimate juga bisa kan min?
     
  18. putuyoga

    putuyoga Apps Developer Staff Member

    Joined:
    Sep 9, 2014
    Messages:
    59
    bisa banget tuh pake VS Ultimate :)
     
  19. Firhan Aditiya Rahman

    Firhan Aditiya Rahman New Member

    Joined:
    May 6, 2015
    Messages:
    1
    ijin ngikut min....msih newbie ni....
     
  20. Kiky

    Kiky New Member

    Joined:
    May 8, 2015
    Messages:
    1
    Screenshot (16).png
    ini gimana ya cara ngatasinnya ?? :(:(:(
     

Share This Page