1. Hello Guest, selamat datang di Forum WinPoin. Kamu bisa bertanya, berdiskusi, sharing, dan ngobrolin apapun seputar Windows, Windows Phone, PC, Gadget, atau hal seputar Teknologi lainnya. Selamat berkomunitas! ;)

Ada yang tau cara aktifin safe mode di win 8/8.1

Discussion in 'Windows 8' started by Andika Xp, Nov 10, 2013.

  1. Andika Xp

    Andika Xp Member

    Joined:
    Aug 18, 2013
    Messages:
    957
    ada yang tau cara aktifkan fitur ini? saya berharap safe mode seperti windows 7 juga bisa berjalan di win 8.1, dari semua trik yang saya baca, semua mengarah pada hal yang saya. yaitu aktifin safe mode dalam keadaan windows sedang aktif. ini sama saja dengan tidak. jika windows dalam keadaan baik, lalu buat apa fungsi safe mode?

    intinya gini, ketika kita gunain windows 7 dan perangkat kita matikan secara paksa, maka saat startup akan langsung ada pilihan safe mode atau melanjutkan windows secara normal. nah mungkin ga fitur ini di hadirkan kembali?

    soalnya saya ingin mencoba (memaksa) driver VGA yang di sediakan vendor lepi untuk bisa berjalan di win 8.1. saya sudah mencoba memasang VGA tersebut secara manual namun setelah restart, windows ga bisa di jalankan atau hanya jalan sampai welcome saja.

    soal memaksa ini pun sudah saya coba dengan driver bluettooh, hasilnya, driver yang semula di patok cuma buat win 7 akhirnya bisa di jalankan di win 8.1.

    kenapa saya melakukan ini, ya karena saya lihat driver VGA terbaru dan driver VGA rekomendasi windows konflik dengan lepi saya.

    lalu soal safe mode, ya ini alasannya, jika terjadi kendala, saya bisa masuk lewat fitur ini dan menghapus installan driver VGAnya.

    ada solusi?
     
  2. Febian

    Febian Administrator Staff Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    7,952
    Untuk booting ke safe mode, tahan tombol Shift + tekan F8 berkali-kali
    Jadi jika di Windows versi sebelumnya kita hanya perlu menekan F8 beberapa kali untuk mengeluarkan opsi Safe Mode, kini kamu perlu menambahkannya dengan Shift tahan

    Jika nanti sudah keluar Recovery Mode, klik See Advanced Repair Options -> Troubleshoot -> Advanced Options -> Windows Startup Settings -> Klik Restart

    Setelah restart, opsi Safe Mode akan muncul seperti biasanya

    Memang sekilas tidak ada opsi Safe Mode di Recovery Mode, tetapi dia tersembunyi dalam opsi Windows Startup Settings.

    Semoga berhasil
    :sokganteng:
     
  3. Andika Xp

    Andika Xp Member

    Joined:
    Aug 18, 2013
    Messages:
    957
    kok ga ngefek ya sob, udah di coba berulang kali namun tetap saja windows memuat tanpa menampilkan safe modenya. apa harus di setting lewat "msconfig" dulu?
     
  4. xtehsoda

    xtehsoda Active Member

    Joined:
    Jul 14, 2013
    Messages:
    1,056
    Cara Masuk Safe Mode Windows 8/8.1

    Bagaimana cara masuk safe mode windows 8?. Secara default safe mode pada windows 8 tidak di aktifkan oleh Microsoft. Untuk itu kita perlu mengaktifkan nya terlebih dahulu, agar menu safe mode dapat di gunakan. Ada beberapa cara yang mudah untuk mengaktifkan fitur safe mode, pada kesempatan ini saya akan share dua cara masuk safe mode pada windows 8/8.1.

    Sebenarnya pada komputer windows 7 untuk masuk ke safe mode cukup menekan tombol F8 pada saat booting, tapi pada windows 8 hal ini tidak dapat dilakukan. Seperti yang sudah saya jelaskan di paragraf pertama secara default Microsoft menonaktifkan fitur safe mode.

    Berikut ini cara masuk safe mode windows 8/8.1.
    1. Dengan mensetting di msconfig
    2. Dengan mensetting di PC Setting

    Cara 1: msconfig
    Bukan msconfig, caranya tekan kombinasi Windows key + R (Run). Ketikkan msconfig, maka akan keluar tampilan dialog "System Configuration". Masuk ke tab Boot, dan berikan centang pada Safe Boot. Pilih OK, windows minta restart, silahkan restrat komputer anda maka pada saat boot akan langsung masung ke safe mode.
    [​IMG]

    Cara 2: PC Setting

    [​IMG]
    Pada cara ke dua ini, kita akan masuk ke menu PC Setting. Menu PC Setting bisa di temukan di Charm Bar, arahkan mouse anda ke sebelah kanan maka akan keluar Charm bar. Kemuadia pilih "Setting", kemudian pilih "PC Setting", akan tampil menu PC Setting, pilih tab "General". Plih Advanced Startup kemudian pilih Restart Now. Kita akan dibawa ke menu pilihan "Choose an option" seperti gambar dibawah ini:

    [​IMG]

    [​IMG]

    Kemudian pilih "Troubleshoot", Pilih menu "Windows Startup Setting". Kemudian akan diberi petunjuk tentang apa saja yang bisa kita lakukan dengan tombol Restart. Kemudian setelah restart kamu menjumpai menu dengan pilihan angka 1-10. Pilih angka 4 untuk menuju ke Safe Mode, selamat mencoba.. :goodjob:

    Kedua cara masuk safe mode windows 8 diatas telah saya coba dan berhasil, semoga Thread ini dapat membantu anda untuk masuk ke safe mode. :hero:
     
  5. Andika Xp

    Andika Xp Member

    Joined:
    Aug 18, 2013
    Messages:
    957
    maaf sob, Trik ini memang solusi untuk masuk ke safe mode dan saya sudah mencoba melakukan trik tsb sebelum menulis thread ini. Namun yg saya maksud itu adalah, bagaimana cara masuk ke safe mode jika windows gagal loading?

    Kalau trick di atas bs dilakukan ketika windows masih bisa beroperasi, namun jika windows tak lagi bekerja, apa ini masih solusinya?

    Sob, jika vga crash dgn windows, tampilannya hanya sampe di welcome. Beberapa saat layar berkedip dan masuk ke mode seperti layar saat terkunci. Saat kita login kembali, tampilan welcomenya kembali, berkedip dan layar terkunci kembali.

    Itulah kenapa saya ingin menanyakan hal ini. Jadi jika terjadi kendala seperti itu, saya bisa mematikan secara paksa perangkatnya dan kita bisa memilih dan masuk lewat safe mode dan dapat menghapus instalan driver vganya kembali.

    Jujur saya kurang nyaman dengan vga rekomendasi windows. Karena saya sudah membuktikan sendiri kalau winpoin ngebug itu adalah ulah dari vga yg ga cocok dengan lepi saya. Jika saya menguninstal vganya dan browsing lagi kesini, saya bs berselancar tanpa kendala. Tapi mana mungkin lepi saya berjalan tanpa driver vga?

    Tapi ga apa lah. Makasih karena telah mau membantu. Sepertinya masuk ke safe mode win 8 dlm keadaan darurat akan menjadi peer tersendiri ni. Hhe..

    Nanti saya akan coba sendiri, semoga saja bs. Jika gagal, ya d inulin aja. Xixixi..
     
  6. Chrisnado

    Chrisnado Administrator Staff Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    1,862
    kalo pake DVD Installasi Windows 8 mungkin bisa, ke menu Recovery :goodjob:
     
  7. Febian

    Febian Administrator Staff Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    7,952
    Kl trik yang kukasih itu sebenernya g harus masuk ke Windows, jd bs dilakukan ketika proses booting berlangsung (sblm masuk Windows), tp sayangnya setelah km coba tidak berhasil. Pdhl kucoba di komputerku lancar jaya. Atau mungkin hotkey nya beda?
    Coba ganti Shift (tahan) + F8, menjadi F8 saja. Dan ingat mencetnya bukan hanya sekali lho ya, pencet saja beberapa kali dengan cepat. Intinya adalah kamu bisa masuk ke recovery mode sebelum booting Windows 8. Dan dari recovery mode tersebut kamu bisa refresh, troubleshoot, serta booting ke safe mode.
    At least di PC ku seperti itu
    :sokganteng:
     
  8. Andika Xp

    Andika Xp Member

    Joined:
    Aug 18, 2013
    Messages:
    957
    gagaga.. Makasih banyak buat bantuannya tapi belum berhasil ni. Semalam saya mencoba melakukannya ternyata memang gagal Alias driver dari vendor lepi memang ga cocok di windows terbaru ini. Berarti bisa di simpulkan kalau driver bawaan lepi cuma mentok di win 8. Setidaknya saya telah belajar sesuatu yg baru dari kegagalan ini. Namun itu semua tak lepas dari bantuan sob semua. Jadi thx ya. Xixixi..
     

Share This Page