1. Hello Guest, selamat datang di Forum WinPoin. Kamu bisa bertanya, berdiskusi, sharing, dan ngobrolin apapun seputar Windows, Windows Phone, PC, Gadget, atau hal seputar Teknologi lainnya. Selamat berkomunitas! ;)

Apa Bad Sector dan Bagaimana cara mengatasinya??

Discussion in 'Hardware' started by ilhamajah04, Mar 11, 2014.

  1. ilhamajah04

    ilhamajah04 Well-Known Member

    Joined:
    Nov 27, 2013
    Messages:
    4,707
    Bad Sector adalah cluster data di hardisk yang tidak bisa dibaca atau diisi, dan sistem operasi tidak mampu untuk mengakses sector tersebut. Bahaya utama dari bad sector adalah memicu munculnya bad sector lain, sehingga semakin lama jumlah bad sector semakin banyak. Jika hal ini dibiarkan terus, maka bisa memicu kerusakan hardisk secara total.
    Beberapa penyebab bad sector antara lain:

    1 Komputer tidak di shutdown dengan benar
    2Komputer dimatikan paksa atau mati secara tiba-tiba
    3Hardisk yang terlalu panas / overheat
    4Hardisk sudah mulai aus
    5Hardware lain yang sudah mulai “tua” dan mempengaruhi kinerja hardisk
    6Listrik yang tidak stabil
    7 Ruangan yang berdebu
    8 Komputer terjangkit virus atau malware

    Soft Bad Sector dan Hard Bad Sector

    Tidak semua bad sector itu sama, setidaknya ada dua jenis bad sector yaitu soft bad sector dan hard bad sector

    Soft bad sector adalah hasil dari tidak sinkronnya info tentang data yang ada di sector dengan sector aktual tempat data tersebut disimpan. Hal ini seringkali terjadi ketika proses format hardisk sudah mulai aus. Soft bad sector tidak disebabkan karena kerusakan atau penurunan kualitas hardisk secara fisik, dan berita baiknya adalah bad sector tipe ini mudah untuk diperbaiki.

    Hard bad sector adalah hasil dari kerusakan plat hardisk secara fisik, yang biasanya terjadi karena crash dari head. Ketika komputer kamu sedang mengakses data dari hardisk, kemudian terganggu secara tiba-tiba (misal karena komputer mati mendadak), atau karena kesalahan mekanis (misalnya overheat), maka bisa menyebabkan hard bad sector. Hard bad sector tidak bisa diperbaiki! Hanya saja bad sector tipe ini bisa ditandai sehingga komputer tidak akan menulis dan membaca data di sector tersebut.

    Bad sector bisa muncul seiring dengan penggunaan komputer, dan ini adalah wajar. Tetapi ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah, menandai, dan memperbaiki bad sector di hardisk.


    Cara Mengatasinya pake apa kalo udah kena?

    caranya dengan

    • 1. Dengan Perintah CMD chksdk
    WinPoin dulu pernah memposting tentang apa sih badsector di Artikel ini. dan cara mengatasinya dengan perintah chkdsk di CMD.

    • 2. Dengan HDD regenerator
    Ada yang Tau HDD regenerator itu apa? HDD Regenerator adalah solusi yang tepat untuk membantu memperbaiki Hard Disk Drives, yang menyimpan semua informasi didalamnya. HDD Regenerator akan melakukan perbaikan dalam memulihkan semua bad sector pada permukaan Hard Drive Disk untuk digunakan kembali lagi. Selain itu, perlu teman-teman ketahui juga HDD Regenerator dapat digunakan untuk sertiap jenis Hard Disk dengan merek yang berbeda pula.
    Dan bagaimana cara menggunakannya?
    1. Pertama, anda dapat mendawnload software hdd regenerator
    2. Ke-dua, setelah di download>Buka file rar yang di dawnload tadi>install ikuti petunjuk sampai selesai.
    3. Ke-tiga, buka selesai install>Buka Progaram File>Klik HDD Regenerator>Klik Menu Full Version>Klik Serial Number>Masukkan Nama dan Serial.
    4. Ke-empat, jalankan program HDD-Reg lalu akan muncul seperti gambar berikut
      [attachment=1282]
    5. Ke-lima, klik pada area yang menunjukkan bagian No 1 diatas, kemudian akan di bawah ke halaman berikut seperti gambar di bawah ini
      [attachment=1283]
    6. ke-enam, klik pada hard drive lihat pada gambar bagian No 2 diatas, lalu lihat gambar bagian No 3 klik star Star Process untuk melanjutkan kehaman berikut lihat gambar dibawah.
      [attachment=1284]
    7. Ke-tujuh, ketik 1 pada keyboard untuk untuk melakukan Scan and Repair lihat angka yang menunjukkan pada bagian No 4, berikutnya pada bagian No 5 akan muncul angka 1 Scan and Repair lalu tekan Enter. Lanjut ke halaman berikut lihat gambar dibawah
      [attachment=1285]
    8. Ke-delapan, pada proses ini ketik huruf 'M' tanpa tanda petik, lihat bagian No 6 dan pada bagian No 7 akan terlihat huruf 'M' yang anda ketik, sekali lagi pada gambar No 6 sering terjadi kesalahan memakai tanda petik, saya tegaskan untuk tidak menggunakan tanda petik, lalu tekan Enter. Lanjut lagi kehalamnan berikut berikut, lihat gambar dibawah ini.
      [attachment=1286]
    9. Ke-sembilan, pada bagian No 8 gambar diatas ini artinya sedang dalam proses Mode Repair,
      pada bagian ini proses scan sangat memakan waktu yang cukup lama tergantung dari kapasitas
      harddiks anda. Dengan demikian jika terdapat bad sector pada harddiks maka secara otomatis
      software ini akan melakukan pemulihan pada bagian harddiks yang rusak.
    Catatan: Penggunaan HDD Regenator tidak menjamin 100% harddiks anda bisa kembali normal, jika harddik anda masih belum bekerja dengan normal lakukan scan berulang kali secara teratur atau bisa melakukan konsultasi ditempat service komputer yang terdekat dengan kota anda untuk melakukan perbaikan ini.


    Sumber: http://imam77.blogspot.com/2013/05/cara-memperbaiki-harddisk-bad-sector.html
     

    Attached Files:

  2. stefanus aggasia

    stefanus aggasia Active Member

    Joined:
    Nov 8, 2013
    Messages:
    3,006
    kalau aku belum pernah kena Bad Sector tu,wkwkwk:ketawa:
     
  3. marwanto.se

    marwanto.se New Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    7,663
    Patut dicoba nih, kebetulan netbookku (ASUS N10Jc) sudah lama dipake sejak 2-3 tahun lalu, jadi kemungkinan sudah ada bad sector di harddisk, apalagi sering ganti-ganti OS :goodjob:

    Ane coba juga tips di atas tapi pas Sabtu-Minggu aja deh :ketawa:
    Thread bookmarked, & +Rep buat share-nya. :goodjob:
     

Share This Page