1. Hello Guest, selamat datang di Forum WinPoin. Kamu bisa bertanya, berdiskusi, sharing, dan ngobrolin apapun seputar Windows, Windows Phone, PC, Gadget, atau hal seputar Teknologi lainnya. Selamat berkomunitas! ;)

Apa Perbedaan Windows RTM dan Retail?

Discussion in 'Windows 8' started by bahruladitya, Jul 25, 2013.

  1. bahruladitya

    bahruladitya Member

    Joined:
    May 17, 2013
    Messages:
    128
    Permisi para master, Windows newbie mau nanya nih, apa sih perbedaannya Windows RTM dan Windows Retail, soalnya saya ada melihat di salah satu web, katanya Windows Retail itu adalah versi terbaru setelah versi RTM. Apa itu benar? :woa:
     
  2. Febian

    Febian Administrator Staff Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    7,952
    Sekalian jelasin semuanya ah :D

    Release Preview: Preview sama artinya dengan Beta. Jadi Windows Preview sama artinya dengan Windows Beta, yaitu Windows yang masih dalam fase development dan sengaja dirilis agar publik bisa mencoba OS tersebut. Windows Preview seringkali masih memiliki banyak bug dan belum maksimal secara fungsional.

    RTM: "Release to Manufacturing". Windows 8 RTM adalah edisi Windows yang sudah tidak lagi berada di fase development, tetapi belum dirilis ke publik. Windows RTM diberikan Microsoft kepada partner misalnya Dell, Acer, Samsung, dsb beberapa bulan lebih awal sehingga mereka bisa melakukan testing dan mempersiapkannya sebelum menjual PC tersebut ke publik.

    OEM: "Original Equipment Manufacturing". Windows OEM adalah versi Windows yang preinstalled (built-in) dengan komputer / laptop. Jadi jika km membeli PC yang built-in Windows, maka Windows kamu adalah Windows OEM.

    Retail: Inilah versi final Windows yang sudah dirilis ke publik. Versi ini sama dengan OEM, hanya saja tidak dibundle dengan komputer / laptop melainkan dijual di box tersendiri. Windows Retail biasanya dijual dengan harga yang lebih mahal.
     
  3. bahruladitya

    bahruladitya Member

    Joined:
    May 17, 2013
    Messages:
    128
    Makasih mas atas penjelasannya, bisa sekalian jadi bahan postingan saya. :goodjob:
     

Share This Page