1. Hello Guest, selamat datang di Forum WinPoin. Kamu bisa bertanya, berdiskusi, sharing, dan ngobrolin apapun seputar Windows, Windows Phone, PC, Gadget, atau hal seputar Teknologi lainnya. Selamat berkomunitas! ;)

Apa sih Proxy itu?

Discussion in 'General' started by harlynatio, Jul 26, 2013.

  1. harlynatio

    harlynatio Member

    Joined:
    May 20, 2013
    Messages:
    829
    Ada yg tau pengertian dari Proxy? :bingung:
     
  2. duperhero

    duperhero Member

    Joined:
    May 8, 2013
    Messages:
    248
    Proxy

    Proxy (Proxy Server) adalah komputer network yang memungkinkan client untuk melakukan koneksi ke network lainnya secara tidak langsung. Proxy server ini berada di tengah-tengah antara client dan server yang sesungguhnya.

    [​IMG]

    Jadi komputer client terkoneksi ke proxy server, lalu bisa melakukan request koneksi untuk mengakses file, halaman web, resource, atau berbagai hal lain di server yang sesungguhnya.


    Tipe-tipe Proxy

    Transparent Proxy : Proxy ini mengidentifikasikan dirinya sebagai proxy server dan menampilkan IP asli client di http header. Jika menggunakan proxy transparent, IP address kamu masih bisa terdeteksi dan diketahui. Proxy tipe ini biasanya digunakan untuk nge-cache website.

    Anonymouse Proxy : Proxy ini mengidentifikasikan dirinya sebagai proxy server, tetapi tidak menampilkan IP asli client. Jika kamu menggunakan proxy anonymouse, maka kamu akan terdeteksi menggunakan proxy tetapi IP asli kamu tidak akan diketahui.

    Distorting Proxy : Proxy ini mengidentifikasikan dirinya sebagai proxy server, tetapi menampilkan IP palsu sebagai IP asli client. Jika kamu menggunakan proxy distorting, maka kamu akan terdeteksi menggunakan proxy tetapi IP kamu akan dipalsukan sehingga tidak ada yang mengetahuinya.

    High Anonymity Proxy : Tipe proxy ini tidak mengidentifikasikan dirinya sebagai proxy server dan tidak menampilkan IP asli dari client. Jika kamu menggunakan proxy high anonymity, maka tidak ada yang tahu bahwa kamu menggunakan proxy dan tidak ada yang tahu IP asli yang kamu gunakan.

    semoga bisa menjawab pertanyaannya, jangan lupa pencet tombol Thanks kl bermanfaat
    :smangat2:
     
  3. harlynatio

    harlynatio Member

    Joined:
    May 20, 2013
    Messages:
    829
    Terus apakah Proxy itu sama dengan VPN?
     
  4. Febian

    Febian Administrator Staff Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    7,952
    Tidak, keduanya bekerja dengan cara yang berbeda.

    Perbedaan 1

    Proxy hanya bertugas memforward request. Jadi misalkan kamu ingin membuka halaman web, maka komputer akan merequest halaman web tersebut ke proxy server. Proxy server akan mengambil seluruh halaman dan mengirimkannya kembali ke komputer kamu. Proxy akan memberikan alamat IP baru sehingga IP asli komputer kamu akan terlindungi.

    Sedangkan VPN menghubungkan komputer (atau network) ke remote network melalui koneksi network virtual. Cara kerjanya mirip seperti kamu menjalankan komputer network melalui komputer yang kamu gunakan. Komputer kamu akan menjadi bagian dari remote network tersebut. Dan tentu saja VPN akan memberikan alamat IP baru sehingga IP asli komputer kamu akan terlindungi.

    Perbedaan 2

    Proxy bekerja di tingkatan yang lebih terbatas. Jika kamu mengatur proxy di Firefox, maka kamu hanya akan terhubung proxy jika sedang menggunakan Firefox. Browser lain atau aplikasi lain tidak akan terpengaruh dan akan tetap menggunakan koneksi (IP) asli.

    VPN bekerja di tingkatan yang lebih luas. Jika komputer kamu terhubung ke VPN, maka seluruh koneksi internet akan terhubung ke remote network tersebut. Semua aplikasi yang ada di komputer (dan keseluruhan komputer) akan menjadi bagian dari remote network tersebut.

    Perbedaan 3

    Proxy biasanya digunakan secara publik, sehingga satu server proxy bisa digunakan oleh ratusan sampai ribuan orang sekaligus. Hal ini membuat proxy memiliki kecepatan yang rendah, tidak stabil, bahkan kurang aman karena kamu tidak tahu siapa yang menjalankan proxy tersebut.

    VPN digunakan secara private (oleh karena itu dinamakan Virtual Private Netwokr). VPN hanya digunakan oleh user yang terdaftar, membuatnya memiliki kecepatan yang tinggi, stabil, dan lebih aman karena terenkripsi.

    Perbedaan 4

    Proxy banyak yang tersedia secara gratis, hanya saja dari 10 proxy yang kamu coba, mungkin hanya 7 atau 8 yang bisa dipakai. Kalaupun berbayar, proxy harganya lebih murah karena memang dipakai oleh banyak orang.

    VPN harganya lebih mahal karena memang digunakan secara private. Kalaupun ada yang gratis, performanya tidak sebagus dengan yang berbayar karena dipakai oleh banyak orang.

    Itulah perbedaan antara proxy dan VPN

    semoga menjawab pertanyaannya ;)
     
  5. harlynatio

    harlynatio Member

    Joined:
    May 20, 2013
    Messages:
    829
    Makasih penjelasannya :D
     
  6. duperhero

    duperhero Member

    Joined:
    May 8, 2013
    Messages:
    248
    iya sama2, senang bs berbagi :D
     

Share This Page