1. Hello Guest, selamat datang di Forum WinPoin. Kamu bisa bertanya, berdiskusi, sharing, dan ngobrolin apapun seputar Windows, Windows Phone, PC, Gadget, atau hal seputar Teknologi lainnya. Selamat berkomunitas! ;)

Apa yang Membuat Kamu Terpaksa Membajak Software/Apps

Discussion in 'General' started by Febian, Feb 1, 2014.

  1. Febian

    Febian Administrator Staff Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    7,952
    Sekedar pengen survey aja kecil2an, biar hasilnya bisa berguna buat temen2 developer yang berencana untuk rilis software/apps berbayar dan ingin mengurangi resiko pembajakan.

    Pertanyaannya simple:

    Apa sih yang membuat kamu terpaksa membajak software/apps berbayar?
    (dulu atau sekarang)

    Kalau aku:
    • Metode pembayaran yang susah.
      Beberapa software/apps/web apps yang sangat dibutuhkan hanya bisa dibeli dengan kartu kredit saja. Dan jujur aja metode pembayaran ini tidak bisa dengan mudah didapatkan. Aku udah 3 kali apply kartu kredit dan semuanya ditolak..haha..mungkin karena muka ku = muka susah = tampang2 tersangka kredit macet?
    • Tidak menerima pembelian dari orang Indonesia.
      Bukan cuma sekali, tapi sudah beberapa kali aku beli software/apps/layanan web apps tertentu dan uangnya di refund (melalui paypal). Alasannya? Mereka tidak menerima customer dari Indonesia.

    Pengen beli, tp dipersulit.
    Udah beli, tp ditolak.


    Kedua hal ini dulu membuatku terpaksa melakukan pembajakan, walau sekarang udah enggak lagi karena lebih memilih Open Source jika gagal membeli license yang original. Ribet sih (krn seringkali yang produk berbayar jauh lebih mudah digunakan + kaya fitur + siap pakai + bs dapet support yg lbh baik daripada yang Open Source)..tetapi daripada tidak sama sekali...??

    Kalau kamu...?? Bagaimana...??
     
  2. Jazz

    Jazz The Heartbreak Kid Staff Member

    Joined:
    Jan 6, 2014
    Messages:
    14,741
    Hihihihihiihhi.... Jawabannya
    • Metode bayarnya memang Sulit untuk Kita (Khususnya yg belum kerja dan tidak pnya Rekening)
    • Mahal Pastinya kalau membayar Lisensi Luar dengan uang indonesia
    Dengan Membajak Software (NOT RECOMMEND)..
    • Prosesnya Mudah, Tinggal Googling -> Download -> Next, Next dan Next
    • Pastinya Tak perlu Membeli dengan Susah payah Lisensinya
    Tapi kalau mengunakan Software bajakan mungkin Menyesalnya di kemudian hari..:ngasihinfo:
     
  3. mabaega

    mabaega Well-Known Member

    Joined:
    Nov 9, 2013
    Messages:
    2,739
    Nah...
    ini menurutku pertanyaan yang lebih relevan mengenai penggunaan software bajakan,
    meski jawabannya akan sama dengan jawaban pada Thread Ini

    selain jawaban-jawaban sebelumnya, ada beberapa jawaban yang membuat orang enggan untuk membeli software asli.

    Salah satunya, Versi applikasi yang terlalu cepat berubah sementara developer memasang tarif untuk upgrade ke versi baru, hal ini membuat orang akan merasa menyesal membeli software, karena akan merasa teringgal. Terkadang kepuasan jauh lebih penting dari pada kebutuhan.

    Dulu ditempatku bekerja juga memiliki OS office 2003 origional, tapi sekarang gak di pakai lagi, karyawan lebih memilih menggunakan software baru meski Ilegal. Ketinggalan jaman kata karyawannya, padahal kalau buat pekerjaan yang mereka lakukan, Office 2003 tersebut masih lebih dari cukup...
    :tidaak1:

    1 lagi kenapa orang/saya masih menggunakan software bajakan...
    Karena Software yang saya install, tidak dalam kategori kebutuhan pokok untuk pekerjaan saya. Jadi software saya install hanya buat berexperiment. kalau pake trial, bikin geregetan nag screennya, dan kadang kita tidak bisa menggunakan full fiture yang disediakan Software tersebut.
    :kagum:
     
  4. Andika Xp

    Andika Xp Member

    Joined:
    Aug 18, 2013
    Messages:
    957
    Pengen beli, tp dipersulit. Udah beli, tp malah ditolak. Saya suka alasan ini sob, memang begitu lah kenyataannya.

    Pake barang b*j*kan sepertinya bukan lah hal yang rahasia lagi. Selagi masih bisa di B*j*k (gratis), kenapa ga? Yah kurang lebih seperti itu lah alasannya.

    Jujur, sedari awal saya ga suka pake yang b*j*kan, kecuali barang mahal yang perlu di uji coba dulu (terpaksa). Alasannya Nanti udah kebeli, barang ga sesuai keinginan, percuma kan buang duit?

    Bicara soal b*j*kan, Saya kapok gara-gara dulu pernah bikin sebuah sofware, Berbulan-bulan saya ngabisin waktu buat nyelesaiinya, maklum lah, ngerjain project cuma sendirian. Setelah di rilis, saya menawarkan sofware tersebut secara cuma-cuma. Namun bagi yang merasa sofware tsb bermanfaat, silahkan donasi seiklasnya (tanpa paksaan/suka rela/Kalo ada silahkan, kalo ga juga ga apa).

    Namun nyatanya, sofware saya di ambil alih tanpa ijin, Hak cipta di rubah namun kemampuan sofware dan UI nya tetap lah itu2 aja. (yang di rubah hanya nama pembuatnya). dampaknya sangat negatif sob, saya kehilangan imajinasi untuk memikirkan hal yang baru. dan akhirnya MOno se Mono2nya...

    Menurut saya mah, pake trik ala internet download manager (IDM) cukup masuk akal, walau trial 30 hari, namun penggunaannya tetap ga jauh beda dari yang full lisensi.

    Terkadang developer sebuah sofware juga terbilang sangat berlebihan. Anggap saja untuk versi trial di kasi 2 fitur, sementara untuk yang pro di kasi 14-15 fitur dan ultimate sampe 20 fitur. tak sampe di situ, sofware yang terkesan asalan malah di jual mahal. Jadi, pemb*j*kan pasti di lakukan. ya kan? Jangankan yang berbayar, yang gratis aja juga di bajak.

    Jadi semua balik ke usernya masing-masing. Jika sofware tersebut benar2 bermanfaat, ga ada ruginya buat beli. Hargai kerja kerasnya. Seandainya ada yang menawarkan secara gratis, dan kita memiliki pundi2 yang lebih, kenapa ga donasi sebisanya? Itu nantinya bakal memacu semangat mereka untuk lebih kreatif lagi
     
  5. Ambrizal Suryadinata

    Ambrizal Suryadinata External Team Staff Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    2,540
    Pertama, Pembayarannya susah ya meskipun ada juga agen-agen yang sudah tersebar di Indonesia tapi itu masih belum cukup atau kurang jadi ibaratnya kita makan bersama dengan jumlah makanan yang sedikit.
    Kedua, gak mau nerima pembayaran dari orang Indonesia mungkin mereka kira kita orang miskin jadi gengsi dongg :ketawa: coba kita balikan keadaan tersebut mungkin saja Indonesia akan sedikit jumlah pembajakannya.
     
  6. mabaega

    mabaega Well-Known Member

    Joined:
    Nov 9, 2013
    Messages:
    2,739
    Saya kok bingung ya? :bingung:
    Emang software apaan yang susah di beli?

    OS Windows dan MS Office, Antivirus, Adobe, Corel ada di toko online, mudah kok belinya
    hari ini transfer, 2 hari sudah sampai barangnya.

    Software Akuntansi, aku beli di India, diforward ke agen di Indonesia, 10 menit, Serial langsung dikirim, dan bisa digunakan
    Kemudian beli Software Akuntansi di Singapura, paling lama 10 hari software sudah sampai. bayar pake $US.

    Kemudian beli software local, untuk POS, tinggal telepon, teknisinya datang + Install + ngajarin.
    selesai, tinggal bayar.

    gak pernah ketemu beli software susah???
     
  7. Jazz

    Jazz The Heartbreak Kid Staff Member

    Joined:
    Jan 6, 2014
    Messages:
    14,741
    Itu sih Asumsimu...:ketawa:
    tapi Kalau yg Blum pnya Rekening gimna..??:tidaak1:
    Lagi pula kebanyakan orang sekarang menginginkan sesuatu yg Gratis..:ketawa:
    dan tidak ingin bertele-tele meski hanya mengunggu 10mnt..:cool:
    Itu sih Asumsiku...:kagum:
     
  8. mabaega

    mabaega Well-Known Member

    Joined:
    Nov 9, 2013
    Messages:
    2,739
    Transfer tidak harus punya rekening, yang penting uangnya ada dan niat buat beli (Bank sekarang sudah seperti IndoMaret).
    Sama saja dengan beli beras kepasar, mau tidak mau saya harus jalan kepasar buat beli beras.

    Kebanyakan orang menginginkan sesuatu yang gratis.... ini termasuk saya.
    Tidak ingin bertele-tele, ini juga termassuk saya... (tapi hidup itu memang tidak mudah)

    :cool:
     
  9. Jazz

    Jazz The Heartbreak Kid Staff Member

    Joined:
    Jan 6, 2014
    Messages:
    14,741
    Hihihihiihih.... maaf saja kalau prosedur pembayaran belum terlalu paham betul yg kutahu paling lewat Western Union...:ketawa:
    .
    .
    Btw Asumsi ku ttg Gratis n tidak mau bertele-tele memang benar..:goodjob::ketawa:
    :kagum:
     
  10. Febian

    Febian Administrator Staff Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    7,952
    Kl aku kebanyakan bukan beli software utk keperluan Office (perkantoran), tetapi lebih kepada script, layanan, dan beberapa tools pendukung IM.
    Beberapa script yang kubeli n uangnya dikembalikan (di-refund) adalah produknya Invasion Power seperti IPB (IP Board), IP Content, dan IP Download. Aku kontak support, intinya orangnya bilang kl Indonesia = high fraud country..dan mereka terpaksa merefund uangnya (Paypal) sesuai dengan aturan internal mereka.

    Akhirnya aku larinya ke MyBB (Open Source). Untungnya Vbulletin bisa dibeli via paypal, jd aku ada 1 license utk dipakai jika diperlukan nanti.

    Terus ada layanan yang menerima paypal, tetapi tidak bisa dibeli dari akun paypal Indonesia (selalu gagal saat proses payment) yaitu Lynda. Sedari dulu kepengen banget jd membernya Lynda, tetapi pas mau beli ternyata ditolak.

    Terus ada juga yang metode pembayarannya susah (susah ini relatif..bagiku susah karena aku gak punya kartu kredit..tapi bagi orang yang punya kartu kredit mungkin gampang2 aja). Contohnya yang hanya menerima kartu kredit adalah PluralSight. Aku sampe kontak dan meminta metode pembayaran laen, tetapi ternyata mereka cm approve kartu kredit aja.

    Masih ada puluhan softaware/layanan/web apps lain yang mau kubeli tp cuma approve kartu kredit...sampe aku lupa namanya satu per satu.

    Nggak jauh2 juga..Modern Apps..juga demikian. Untungnya kapan hari aku coba cek sekarang udah ada payment method via paypal. Jd beli Modern Apps utk Windows 8.1 sudah jadi lebih mudah.

    Android Apps...juga demikian. Kl mau beli hrs add credit card dl utk konek dengan Google Wallet (aku sampe blm pernah coba gara2 g ada kartu kredit di kantong)

    ******************

    Dari thread ini aku dapet sebuah hikmah:

    Susah atau mudah itu relatif. Tergantung siapa yang mengalaminya.

    Bagiku beberapa software/layanan/apps = susah utk dibeli. Alasannya? Krn aku cuman ada paypal dan g ada kartu kredit. Mungkin kl ada kartu kredit semua jadi mudah. Betul?

    Selain itu software/layanan/apps yang kubutuhkan sepertinya bukan tipe2 software populer yang di-resell sampe ke Indonesia.

    Aku merasa susah karena = cuman punya paypal dan tidak punya kartu kredit
    Susah bagiku bisa jadi = lebih susah lagi bagi orang lain yang tidak punya paypal sekaligus tidak punya kartu kredit.

    Tetapi lebih susah bagi orang lain = susah bagiku = sangat mudah bagi sebagian orang yang punya kartu kredit atau tinggal di negara yang tidak termasuk kedalam high fraud country.

    Ternyata susah itu relatif. Itu kesimpulanku hari ini. Hahaha..

    #ternyata bukan beli softwarenya yang susah..aku nya saja yang memang orang susah
    :ketawa::ketawa::ketawa::ketawa:

    *********

    Tetapi bukankah lebih baik jika developer/sistem store mempermudah juga proses pembelian software/layanan/apps/web apps untuk orang susah kayak aku ini. Bukankah hal ini akan meningkatkan pendapatan sekaligus mengurangi pembajakan..??

    Dalam salah satu strategi ekonomi dan marketing, mempermudah distribusi barang dan mendekatkannya ke pasar (konsumen) adalah salah satu cara utk meningkatkan pendapatan, begitu juga dengan mempermudah metode dan proses pembayaran.

    Bukankah pendapatan developer akan meningkat dan karyanya akan lebih populer jika produknya tidak hanya bisa digunakan oleh kalangan atas, tetapi juga oleh kalangan susah seperti aku ini..??

    Ah...mungkin ini bisa jadi bahan renungan buat kita yang nantinya menjadi developer2 handal.
     
  11. lutfipradita

    lutfipradita New Member

    Joined:
    Feb 9, 2014
    Messages:
    21
    Kalo menurut saya sih software bajakan itu suka bikin gereget , geregetnya padasaat udah di instal terus di kasi Jam* , nah di situ tuh geregetnya pas ngasi Jam* , pokonya ngerasa puas kalo udah ngebajak sofware , tapi kadang kalo software , bajakan itu suka ada kurangnya , jujur aja sampe sekarng ane belum ngerti ka cara beli software ... hihihiih
     
  12. Jazz

    Jazz The Heartbreak Kid Staff Member

    Joined:
    Jan 6, 2014
    Messages:
    14,741
    Point yg ini maksudnya apa ya...??
    Blum ngerti aku...ntar kalau ngejawab takutnya ngelantur lagi aku...:tidaak1:
     
  13. aufarfajar

    aufarfajar Member

    Joined:
    Feb 6, 2014
    Messages:
    101
    Kalo menurut saya simple sih, pikiran orang Indonesia:

    1. Kalau ada yang gratis, ngapain bayar?
    2. Keamanan software bajakan = keamanan software asli

    Tapi kalo saya sih paling sering pake game yang bajakan hehehe. OS di PC saya asli doong dapet license dari dreamspark :kagum:

    :malu1::malu1::malu2:
     
  14. Febian

    Febian Administrator Staff Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    7,952
    Wah mantab tuh mas
    Bisa open thread bwt di share tuh cara dapet license dr dreamspark n syarat2nya apa

    Kl aku dapet license dari bizspark, ntar aku bikinin jg deh thread deh gmn cara dapetnya n syarat2nya apa
    :sokganteng:
     
  15. aufarfajar

    aufarfajar Member

    Joined:
    Feb 6, 2014
    Messages:
    101
    InsyaAllah, tunggu sajaaa :smangat1:
     
  16. ilhamajah04

    ilhamajah04 Well-Known Member

    Joined:
    Nov 27, 2013
    Messages:
    4,707
    Karena Harga software Ori mahal bagi kaum indonesia.....
    [attachment=756]
     

    Attached Files:

  17. lutfipradita

    lutfipradita New Member

    Joined:
    Feb 9, 2014
    Messages:
    21
    hahah aku juga gak ngerti mbak , apa maksud postingan akuu :woa::desperate2:
     
  18. amdpastrana

    amdpastrana Most Valuable Member

    Joined:
    Jul 10, 2013
    Messages:
    853
    tidak semudah beli lagu di iTunes :ketawa:
     
  19. ilhamajah04

    ilhamajah04 Well-Known Member

    Joined:
    Nov 27, 2013
    Messages:
    4,707
    Karena
    1. Harga Software yang mahal
    2. Tidak mau repot dengan acttivasi-activasian
     
  20. stefanus aggasia

    stefanus aggasia Active Member

    Joined:
    Nov 8, 2013
    Messages:
    3,006
    kalau yg ngebuat aku pake software bajakan tu karena harganya software asli mahal , tp software yg bajakan yg aku pake cuma game doang sih, kalau os sama office ori dong :goodjob:
     

Share This Page