1. Hello Guest, selamat datang di Forum WinPoin. Kamu bisa bertanya, berdiskusi, sharing, dan ngobrolin apapun seputar Windows, Windows Phone, PC, Gadget, atau hal seputar Teknologi lainnya. Selamat berkomunitas! ;)

Bangun Pembangkit Nuklir, Batan Gandeng Bill Gates

Discussion in 'General' started by Imam Anzhar, Mar 14, 2014.

  1. Imam Anzhar

    Imam Anzhar Member

    Joined:
    Mar 11, 2014
    Messages:
    64
    [​IMG]

    PT Batan Teknologi (persero), perusahaan negara di bidang teknologi nuklir, berniat membangun pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN).

    Menurut Presiden Direktur Batan Teknologi Yudiutomo Imardjoko, perseroan akan menggandeng TerraPower, perusahaan desain reaktor milik miliarder Amerika, Bill Gates.

    "Kerja sama itu akan disampaikan dalam kunjungan Bill Gates ke Indonesia pada April mendatang," katanya di Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rabu, 12 Maret 2014.

    Menurut Yudi, kerja sama ini memanfaatkan program Bill Gates untuk mendanai para ahli nuklir dunia dalam mendesain reaktor nuklir baru tanpa limbah. Dalam program itu, para ahli nuklir merancang travelling wave reactor (TWR) atau reaktor nuklir yang diklaim tidak menghasilkan radiasi dan tidak memerlukan pengisian ulang bahan bakar dalam 60 tahun. Yudi mengatakan, jika reaktor ini dibangun di Amerika Serikat, negara tersebut tidak akan menghadapi problem energi dalam 700 tahun ke depan.

    Selain awet, listrik yang dihasilkan TWR juga cukup murah. Yudi menghitung harga listrik yang dihasilkan TWR di Indonesia bisa mencapai 3 sen rupiah per kilowatt jam (kWh). Lebih murah dari harga beli listrik PT PLN, yang mencapai 8-10 sen rupiah per kWh dan dijual 7 sen rupiah per kWh.

    Demi keperluan proyek tersebut, kata Yudi, Bill Gates sedang mencari lokasi untuk membangun prototipe. "Dia ke Indonesia salah satunya untuk survei lokasi pembangunan reaktor," ujarnya.

    Rencananya, direksi Batan Tekno akan berkunjung ke Amerika Serikat pada awal April 2014 untuk membicarakan rencana pembangunan prototipe TWR. Yudi mengatakan rencana tersebut telah disetujui Menteri BUMN Dahlan Iskan.

    MARIA YUNIAR

    mudah-mudahan dengan begini daerahku tdk lagi sering terjadi pemadaman listrik.... :sabarmenunggu:
     
  2. Jazz

    Jazz The Heartbreak Kid Staff Member

    Joined:
    Jan 6, 2014
    Messages:
    14,741
    [hide]
    [​IMG]
    [/hide]
    Wahh ga tau deh tuh apa Masyarakat setujut ada PTLN, Berhubung Indonesia masuk Negara Ring Of Fire, Berarti Suka Terjadi Gempa, Takutnya Reaktornya Rusak dan Radiasi lagi, tapi kalau Ngak ada Radiasi ywdh deh Oazaya :v
    :ketawa:
     
  3. Febian

    Febian Administrator Staff Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    7,952
    Menurutku, mayoritas orang Indonesia termasuk sulit menerima perubahan, sulit menerima kemajuan. Segala perkembangan teknologi selalu dilihat dari hal negatifnya dan resikonya, tidak dilihat dari sisi manfaatnya,

    Padahal, resiko bisa diminimalisir dengan planning dan perhitungan yang mantab. Manfaat juga bisa dimaksimalkan dengan cara yang sama.

    Tidak heran kl perkembangan teknologi dan penemuan di Indonesia terbilang minim, karena ketika ada hal yang baru, reaksi masyarakat adalah negatif. Menolak, takut, dsb. Padahal kl dilihat manfaatnya besar banget lho.

    Banyak orang marah bahkan sempet ada berita masyarakat ngancurin kantor PLN karena terus kena pemadaman bergilir, tetapi giliran ada wacana pembuatan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir mereka menolak. Repot juga..

    Jadi inget dulu waktu awal mula konversi dari minyak tanah ke gas. Banyak orang pada demo, bakar ban di jalanan, mengambil alih agen2 minyak tanah, dsb.

    ada masalah mereka marah, ada solusi mereka marah
     
  4. ilhamajah04

    ilhamajah04 Well-Known Member

    Joined:
    Nov 27, 2013
    Messages:
    4,710
    mendingan dibangun di kalimantan aja.. khan secara kalimantan blum ada gempa nya
     
  5. marwanto.se

    marwanto.se New Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    7,663
    Langkah yang cukup bagus, dengan ini pemadaman listrik di Indonesia bisa di-minimalisir.

    Sepertinya kita harus berterima kasih kepada Bill Gates, walaupun orang terkaya di dunia tapi tidak sombong. & lebih memilih menyumbangkan uangnya ke negara berkembang agar lebih maju :goodjob:
     

Share This Page