1. Hello Guest, selamat datang di server baru Forum WinPoin. Kamu sudah bisa membuat thread, post, dan beraktivitas kembali di forum ini dengan lebih cepat dan nyaman. Selamat berkomunitas! ;)

Batre drop saat laptop mati

Discussion in 'Windows 8' started by fajartrish, Nov 5, 2013.

  1. fajartrish

    fajartrish New Member

    Joined:
    Nov 5, 2013
    Messages:
    1
    Permisi agan semua ,, mohon bantuanya .. saya menggunakan laptop vaio e series dgn os win 8 .. tapi kenapa yaa akhir2 ini batre laptop saya berkurang saat laptop dalam keadaan mati .. misal.y laptop tidak saya gunakan dalam waktu 2 hari maka batre bisa berkurang sekitar 20-30% .. itu gak wajar kan .. tapi jika bartre saya lepas dan saya pasang lagi, batre tidak berkurang jika dalam waktu lama tidak digunakan .. mohon bantuannya .. kenapa dengan laptop saya ini ...:woa:
     
  2. xtehsoda

    xtehsoda Active Member

    Joined:
    Jul 14, 2013
    Messages:
    1,047
    Menurut ane sih Seperti HP gan.. Kalau di cas Gak di Pakai bisa berkurang kerena batrainya panas jadi mungkin nyambung ke mesinnya makanya bisa berkurang.. hehee aneh ya.. namanya juga pemikiran ane..
     
  3. Chrisnado

    Chrisnado Administrator Staff Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    1,862
    Karena Windows 8 menggunakan mode hybrid jadi Shutdown Windows 8 tidak benar-benar mati total, kalau kamu pengen mati total coba buat shortcut dengan isi browse-nya:

    shutdown /s /t 0

    Kemudian matikan laptop kamu, kalau masih aja baterainya berkurang coba ke sini aja bro.
     
  4. Febian

    Febian Administrator Staff Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    7,740
    Kl baterai berkurang saat dipasang di laptop meskipun kondisi laptop dalam keadaan mati, itu wajar. Tapi kalau berkurangnya sampai 30%, maka hal tersebut tidak bisa dibilang wajar.

    Coba lakukan proses kalibrasi baterai, bisa jadi indikator baterai laptop km sudah kurang begitu akurat lagi.

    Baterai yang sudah mulai lemah juga bisa menjadi penyebab terjadinya hal2 tersebut.

    Begini, saat kamu melihat jumlah sisa baterai sesaat sebelum mematikan laptop, katakanlah baterai tersebut masih 80%. Maka saat kamu matikan, ada power yang digunakan laptop untuk proses shutdown, misalkan saja 5%. Lalu dilanjutkan dengan saat kamu menghidupkan laptop, juga ada power yang digunakan laptop untuk proses booting misalkan saja 10%. Dan total power yang digunakan untuk mematikan serta menghidupkan laptop ini cukup besar, khususnya power yang diperlukan untuk proses booting.

    Sehingga wajar jika ada selisih prosentase power baterai sesaat sebelum laptop dimatikan dan sesaat setelah laptop dihidupkan. Dalam contoh diatas maka sebelum dimatikan baterai akan terlihat sisa 80% sedangkan sesaat sesudah dinyalakan baterai akan terlihat sisa 65%.

    Jika baterai sudah mulai lemah, bisa jadi proses mematikan dan menghidupkan laptop tersebut menyedot hingga 20-30% dari power baterai yang tersisa.

    Tetapi coba lakukan dulu kalibrasi baterai, siapa tahu ini hanya disebabkan oleh indikator yang mulai tidak akurat lagi dan bukan karena baterai yang sudah mulai melemah.
     

Share This Page