1. Hello Guest, selamat datang di Forum WinPoin. Kamu bisa bertanya, berdiskusi, sharing, dan ngobrolin apapun seputar Windows, Windows Phone, PC, Gadget, atau hal seputar Teknologi lainnya. Selamat berkomunitas! ;)

Cara Menyelamatkan Ponsel yang Terendam Banjir

Discussion in 'General' started by Alfin Rahman, Feb 10, 2014.

  1. Alfin Rahman

    Alfin Rahman Member

    Joined:
    Dec 8, 2013
    Messages:
    672
    Banjir yang sudah beberapa hari ini melanda ibukota banyak menimbulkan kerugian, salah satunya kerugian harta benda. Saat banjir tiba, kita seringkali lupa untuk menyelamatkan semua harta benda. Nah, kalau ponsel kamu adalah salah satu barang berhargamu yang menjadi korban banjir, silakan coba ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menyelamatkannya.

    - Setelah mengetahui bahwa ponselmu terendam banjir, angkat secepatnya. Jangan biarkan ponselmu terlalu lama di dalam genangan air. Jika ponsel masih menyala, tekan tombol off. Dan apabila ponsel dalam keadaan off, jangan nyalakan ponsel. Ponsel yang dalam posisi off akan meminimalkan potensi korsleting. Meskipun ponsel memiliki casing yang tertutup rapat, namun air bisa saja masuk melalui celah terkecil sekalipun.

    - Keringkan ponsel dengan menggunakan tisu atau kain yang lembut. Lalu lepas casing, baterai, kartu SIM dan kartu memori. Jangan gunakan hair dyer atau kipas angin untuk mengeringkan ponsel. Hal ini dapat mendorong kelembaban di celah-celah komponen ponsel. Jika hal ini terjadi tentunya akan menimbulkan korosi dan oksidasi.

    - Diamkan ponsel di bahan penyerap air. Kamu bisa menggunakan wadah kedap udara yang diisi silica gel. Tapi jika kamu tidak memiliki silica gel, gunakan beras sebagai pilihan alternatif. Rendam ponsel menggunakan bahan-bahan tersebut semalaman. Jika kira-kira ponsel sudah terlalu basah sebelumnya, kamu bisa merendam ponsel lebih lama dari satu malam.

    - Setelah kamu merendam ponselmu di dalam wadah kedap udara bersama silica gel atau beras selama satu malam atau lebih, angkat ponselmu dan pastikan bahwa ponsel benar-benar kering. Setelah kering, kamu bisa memasangkan kembali komponen ponsel yang sudah kamu lepas sebelumnya. Lalu coba nyalakan ponselmu. Apabila ponsel tidak menyala, coba charging ponsel tersebut. Namun jika charging tidak berhasil membuat ponselmu menyala kembali, kemungkinan besar ponselmu rusak dan harus dibawa ke teknisi untuk diperbaiki.

    +Rep ya kalau bermanfaat

    Sumber: Jalan Tikus

    Edited: Sertakan source/sumber/credit jika memposting artikel dari situs lain. Baca rule forum no 14.
     
  2. marwanto.se

    marwanto.se New Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    7,663
    Info yang menarik dan bermanfaat, nice :goodjob:

    Pernah juga s/d HP jadul Es*a jatuh ke bawah yang ada air banjirnya, dan mati. Dicoba dikeringin bagian belakangnya (termasuk baterainya), dan dinyalain lagi, bisa. Namun tombol navigasi yang ditengah-tengah jadi berkarat, untung bukan smartphone/tablet yang jatuh :ketawa:

    btw, waktu itu ane pernah baca ini.
    Kayaknya (setahu ane) ini copas dari Jal*nTikus, kok gak diberi sumbernya?
     
  3. ilhamajah04

    ilhamajah04 Well-Known Member

    Joined:
    Nov 27, 2013
    Messages:
    4,707
    xperia z mah tahan aer ini...... wkwkwk
     
  4. Febian

    Febian Administrator Staff Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    7,952
    Thread edited -> menyertakan sumber artikel.
    Untuk menghargai penulis asli dari artikel tersebut, pastikan menyertakan source/sumber/credit jika memposting sebagian atau seluruh artikel dari situs lain.

    Hal ini udah dijadikan sebagai rule forum (no. 14)

    Thanks bwt perhatian temen2
    :sokganteng:
     
  5. Jazz

    Jazz The Heartbreak Kid Staff Member

    Joined:
    Jan 6, 2014
    Messages:
    14,741

    Huuuuu.... updatean Rule Forum..:ketawa:
    13. Tercipta karena wkwkwkwk.......sssssttttt:ketawa:
    14. Tercipta karena Kasus ini..:cool:
     
  6. marwanto.se

    marwanto.se New Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    7,663
    Yup, sama-sama min :goodjob:
     
  7. Andika Xp

    Andika Xp Member

    Joined:
    Aug 18, 2013
    Messages:
    957
    Saya ambil point yang pertamanya aja deh " Jika ponsel masih menyala, tekan tombol off" Apa ini tidak memiliki potensi korsleting? Saya pikir, melepas baterai tanpa menekan tombol Off sepertinya jauh lebih baik :sokganteng:
     
  8. harlynatio

    harlynatio Member

    Joined:
    May 20, 2013
    Messages:
    829
    Padahal kemaren udah ane tegur sob,tapi g di tanggapi
     

Share This Page