1. Hello Guest, selamat datang di Forum WinPoin. Kamu bisa bertanya, berdiskusi, sharing, dan ngobrolin apapun seputar Windows, Windows Phone, PC, Gadget, atau hal seputar Teknologi lainnya. Selamat berkomunitas! ;)

Hardware dan Aktivasi

Discussion in 'Windows 8' started by mabaega, Nov 26, 2013.

  1. mabaega

    mabaega Well-Known Member

    Joined:
    Nov 9, 2013
    Messages:
    2,739
    Dear all,
    Kabarnya Hardware berpengaruh terhadap aktivasi di Windows 8.1,
    mengganti/mendisable hardware seperti VGA, Soundcard dan Lancard
    menyebabkan status aktivasi berubah (Windows Minta aktivasi kembali)

    Jika Licensi Key masih aktive, itu tidak masalah,
    tetapi masalahnya saat ini banyak licensi yang terblokir,
    baik itu yang benar2 beli maupun hasil googling.

    ada penjelasan untuk masalah ini?
    :tidaak1:
     
  2. Febian

    Febian Administrator Staff Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    7,952
    Yup, itu emang bener.

    Jadi aktivasi Windows akan memverifikasi dan memastikan bahwa Windows tsb tidak digunakan di lebih dari 1 komputer. Proses verifikasi itu melibatkan detail2 hardware seperti motherboard, RAM, Hardisk, VGA, LAN card, dsb. Untuk perubahan hardware yang kecil, biasanya masih tdk masalah dan aktivasi tetep aktif seperti biasa. Tetapi kl perubahan hardware cukup drastis (ganti motherboard misalnya, atau nambah banyak jumlah RAM, ganti hardisk, ganti VGA, LAN card, dsb) bisa jadi membuat aktivasi menjadi tidak aktif lagi. Kenapa? Karena proses verifikasi menjadi gagal akibat menganggap komputer tersebut adalah komputer baru / device lain akibat perbedaan hardware yang ada.


    Solusi

    Jika Windows kamu adalah Windows Retail, kamu bisa melakukan aktivasi ulang kapan saja.
    Jika Windows kamu adalah Windows OEM (bawaan laptop), selama yang diganti bukan motherboardnya, kamu juga bisa melakukan aktivasi ulang.

    Jika dalam kedua kondisi diatas proses aktivasi gagal, km bisa menghubungi support Microsoft utk proses re-aktivasi.


    Solusi Tricky

    Proses verifikasi aktivasi ini menggunakan parameter tertentu. Semisal LAN card atau Wireless Card, verifikasi kemungkinan menggunakan MAC Address. So jika kamu mengganti LAN card atau Wireless Card, km bisa mengubah MAC Address hardware baru dengan MAC Address hardware lama. Kamu bisa menggunakan MAC Address Changer untuk melakukannya.

    Jika kamu mengganti hardisk, verifikasi kemungkinan menggunakan serial hardisk tersebut. So kamu bisa mengganti serial hardisk yang baru dengan serial hardisk yang lama. Km bisa menggunakan Hardisk Serial Changer.

    Begitu seterusnya.

    Tetapi cara ini sangat tidak kurekomendasikan karena beresiko membuat hardware baru bermasalah (meskipun resiko cukup kecil, tp bahaya juga..hehehe).


    Kesimpulan

    So..karena kamu telah membeli license legal, jgn sungkan2 telepon support Microsoft jika terjadi masalah aktivasi. Karena untuk itulah mereka dibayar mahal :D
     

Share This Page