1. Hello Guest, selamat datang di Forum WinPoin. Kamu bisa bertanya, berdiskusi, sharing, dan ngobrolin apapun seputar Windows, Windows Phone, PC, Gadget, atau hal seputar Teknologi lainnya. Selamat berkomunitas! ;)

Kinerja Komputer Jadi Berat Ketika HDD Penuh

Discussion in 'Windows 8' started by bahruladitya, Jul 24, 2013.

  1. bahruladitya

    bahruladitya Member

    Joined:
    May 17, 2013
    Messages:
    128
    Hallo friend dan para master, Bahruladitya hadir lagi nih dengan sebuah thread baru yang ingin meminta penjelasan tentang kinerja komputer jadi berat ketika HDD penuh. Ini sebenarnya pertanyaan dari sepupu saya yg juga sudah jadi member disini, tapi nggak tau kenapa dia hobi banget minta saya untuk membuat thread tentang masalah yang dia hadapi pada Windows 8 kesayangannya dan juga laptop andalannya.

    Saat ini HDD laptop sepupu saya sudah sangat penuh, dan dia sempat mengeluhkan kinerja laptopnya yang jadi suka hang, CPU Usage tinggi, dan terkadang lambat ketika sedang digunakan. Saya bilang mungkin karena HDD nya sudah penuh, tapi karena belum yakin, dia meminta saya untuk membuat thread ini.

    Jadi mohon penjelasannya untuk masalah ini, terima kasih :imut2:
     
  2. Febian

    Febian Administrator Staff Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    7,952
    1. Paging File

    Windows dan sebagian besar software membutuhkan disk space untuk bisa "bernafas" lega. Contohnya, Windows membuat paging file di hardisk utk membantu RAM saat kehabisan memori secara darurat. Walaupun RAM PC tsb 2GB atau bahkan 4GB sekalipun, paging file seringkali masih digunakan oleh Windows.

    Nah..low disk space ini membuat paging file tidak bisa berkembang sesuai kebutuhan, sehingga bisa menyebabkan turunnya performa PC.

    Paging file ini besarnya bertambah atau berkurang secara dinamis sesuai kebutuhan, nah bayangin aja apa yang terjadi ketika Windows butuh tambahan paging file tetapi space di hardisk lg penuh sesak: komputer bakal terasa lemot bahkan bisa jd mengalami crash.

    2. Temporary File

    Windows dan banyak software lainnya membutuhkan temporary file. Temporary file dibuat untuk menyimpan data sementara supaya proses aksesnya menjadi lebih cepat. Photoshop misalnya, software ini selalu membuat temporary file saat dijalankan. Ukurannya bervariasi dari MB sampai GB.

    Bayangkan apa yang terjadi kl Windows dan software2 tersebut butuh temporary file dan tidak bisa membuatnya karena space hardisk lg penuh sesak: software bakal terasa lemot bahkan bs jd mengalami crash.

    3. Kinerja Hardisk: Bagaimana dengan hardiks SSD ??

    Hardisk SSD yang memiliki performa jauh lebih baik daripada hardisk konvensional ini bahkan bakal menjadi lebih lambat saat penuh sesak. Hal ini karena SSD selalu memilih block kosong untuk menuliskan setiap operasinya karena tidak memiliki kemampuan untuk menghapus dan merewrite sebuah block secara langsung.

    Jika SSD sedang penuh sesak, maka block-block ini sudah banyak yang penuh sehingga SSD harus menghapus dan merewrite block. Untuk melakukannya SSD perlu membaca data block di cache, menghapus block, memodifikasi data di cache, baru deh merewrite di block.

    Prosesnya jadi panjang dan membuat PC menjadi lebih lambat.

    Intinya hardisk yang kepenuhan tidak bs dipandang sebelah mata. Disarankan setiap drive hardisk memiliki setidaknya 15% space kosong agar PC bisa "bernafas" lega.

    Ada yg mw nambahin?
     
  3. bahruladitya

    bahruladitya Member

    Joined:
    May 17, 2013
    Messages:
    128
    Makasih mas, udah sangat jelas banget penjelasannya. Kasus akan saya tutup:goodjob::cool:
     
  4. Febian

    Febian Administrator Staff Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    7,952
    Okay sip..marked as solved :smangat2:
     

Share This Page