1. Hello Guest, selamat datang di Forum WinPoin. Kamu bisa bertanya, berdiskusi, sharing, dan ngobrolin apapun seputar Windows, Windows Phone, PC, Gadget, atau hal seputar Teknologi lainnya. Selamat berkomunitas! ;)

Mengenal Screen Reader

Discussion in 'Software' started by fakhryary, Jul 18, 2013.

  1. fakhryary

    fakhryary New Member

    Joined:
    Jul 17, 2013
    Messages:
    16
    Hello all member WinPoin. Kali ini saya akan berbagi sedikit pengetahuan kepada teman-teman di sini mengenai "screen reader". Untuk informasi, saya adalah seorang tunanetra (bermasalah dalam penglihatan). Untuk menggunakan komputer, saya menggunakan satu aplikasi tambahan yang disebut "screen reader" (pembaca layar). Screen reader adalah software yang berfungsi menterjemahkan segala objek yang ada di layar ke dalam bentuk audio. Gambaran sederhananya, ketika kita menggerakan pointer ke sebuah objek di layar, screen reader akan membacakan objek tersebut dalam bentuk audio.

    Ada beberapa merk screen reader yang digunakan oleh tunanetra di dunia. Untuk OS Windows, saya memilih dua screen reader, yaitu JAWS
    Code:
    www.freedomscientific.com
    dan NVDA
    Code:
    www.nvaccess.org
    JAWS adalah screen reader berbayar, sedangkan NVDA adalah screen reader yang bersifat gratis. Sebenarnya ada lagi screen reader untuk OS Windows, seperti Freedom Box, Window-Eyes, Supernova, dan lain-lain. Bahkan OS Windows sendiri sebenarnya mempunyai screen reader bawaan (walaupun fungsinya tidak seberapa), yaitu Windows Narrator.

    Selain untuk OS Windows, screen reader juga tersedia untuk OS lainnya. Sebagai contoh, untuk OS Android ada Talkback dan Mobile Accessibility, untuk Blackberry ada Blackberry Screen Reader, untuk Apple Product ada VoiceOver, dan untuk Symbian ada Nokia Screen Reader, Talks & Zooms, dan Mobile Speak.

    OK, mungkin itu dulu yang saya bisa share kali ini. Semoga bermanfaat :)
     
  2. duperhero

    duperhero Member

    Joined:
    May 8, 2013
    Messages:
    248
    wah, keren banget....salut!
    btw mau sedikit nanya2 nih, kl screen reader berarti membacakan teks yang ada di layar kan ya? terus apakah support bahasa Indonesia? lalu untuk membaca kata-kata singkatan apakah bisa? misalnya saja kata "btw", "yg", dsb.

    Jujur, aku masih terpesona... :wow2:
     
  3. Febian

    Febian Administrator Staff Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    7,952
    thanks bwt share nya, aku msh sangat awam nih tentang screen reader ini
    apakah perlu latian khusus biar mahir menggunakan screen reader ini?
     
  4. Junot

    Junot Member

    Joined:
    May 8, 2013
    Messages:
    47
    thanks sharenya, baru tw nih aku ada software semacam ini
     
  5. fakhryary

    fakhryary New Member

    Joined:
    Jul 17, 2013
    Messages:
    16
    Secara default, sebuah screen reader menggunakan speech synthesizer (suara sintetis) berbahasa Inggris. Jadi jika screen reader membacakan sebuah teks berbahasa Indonesia, akan terdengar seperti bule yang baru belajar ngomong bahasa Indonesia. Sebenarnya ada screen reader yang bisa ditambahkan speech synthesizer berbahasa Indonesia. Sebagai contoh, JAWS (www.freedomscientific.com), speech synthesizer default nya adalah Eloquence (bahasa Inggris), tetapi bisa ditambahkan speech synthesizer berbahasa Indonesia yang disebut Damayanti (bisa diperoleh juga di www.freedomscientific.com). Tapi jujur saya lebih senang memakai speech synthesizer bawaan yang berbahasa Inggris, karena sebagian besar menu di komputer menggunakan bahasa Inggris.

    Untuk membaca singkatan, biasanya screen reader akan mengeja huruf yang ada pada singkatan tersebut, isalnya yg dibaca y g (satu er satu huruf), btw dibaca b t w, dan seterusnya.
    [hr]
    Sebetulnya hanya butuh pembiasaan saja dengan logat screen reader yang agak kebule-bulean itu. lama-kelamaan juga akan lancar
     
  6. bahruladitya

    bahruladitya Member

    Joined:
    May 17, 2013
    Messages:
    128
    Hebat! tetap semangat ya mas :goodjob:
     

Share This Page