1. Hello Guest, selamat datang di Forum WinPoin. Kamu bisa bertanya, berdiskusi, sharing, dan ngobrolin apapun seputar Windows, Windows Phone, PC, Gadget, atau hal seputar Teknologi lainnya. Selamat berkomunitas! ;)

MengIntegrasikan Windows Update kedalam Master Installer

Discussion in 'Windows 8' started by mabaega, Feb 11, 2014.

  1. mabaega

    mabaega Well-Known Member

    Joined:
    Nov 9, 2013
    Messages:
    2,739
    MengIntegrasikan Windows Update kedalam Master Installer

    Bermula dari disebarkannya Update untuk Windows 8.1 (tidak resmi), dan beberapa test yang kulakukan, sepertinya Trik ini cukup pantas untuk dibagikan.

    Karena Hobyku memang Install Komputer, aku jadi sering memperhatikan Besarnya file Update yang terus bertambah dari hari ke hari. bayangkan jika setiap kali Install komputer, kita harus kembali download Update dari pertama kali Windows di release....

    Cara paling efisien adalah mendownload semua Update dari windows Update, dan mengintegrasikannya dengan Installer yang kita miliki. Memang tidak semua Update bisa diIntegrasikan, tapi setidaknya bisa memperkecil download ketika komputer selesai diInstall.

    Perintah yang paling Sakti untuk melakukan ini adalah DISM (Deployment Image Servicing and Management tool) ini tools yang dibuat Microsoft untuk menangani masalah Installer Windows.

    Mulai dech Dengan Mengintegrasikan Leaked Update kedalam Windows 8.1 Enterprise RTM. Tadi baru coba melakukan Update diatas Fresh Install Windows 8.1 Enterprise tanpa melakukan Update terlebih dahulu. dan hasilnya Update bisa berjalan tanpa kendala, dan System berjalan normal.

    Asumsiku, jika Update ini Diintegrasikan dalam Installer, aku gak perlu lagi Download RollUp Update release sebelum Update ini. Jadi begitu Install, Windows Sudah menggunakan Update yang baru. lumayan khan...

    Cara Ini memerlukan DVD/USB Installer Windows dan Update Windows yang akan diIntegrasikan. dan ADK jika kita ingin membuat ISO baru atau dengan Tools UltraIso untuk modifikasi file ISO.

    Buat Folder C:\win8\Sources\, dan Extract/Copy file Install.wim dari USB/ISO/DVD Installer kedalamnya
    Buat Folder C:\mount
    Buat Folder C:\update, dan Copy semua File update berupa file MSU/Cab

    Buka Command Prompt as Administrator
    Code:
    REM Check Index Windows Edition
    REM Untuk Enterprise cima ada 1 index
    Dism /Get-WimInfo /WimFile:C:\win8\Sources\Install.wim
    
    REM Mount Windows Edition ke drive C:\Mount
    dism /Mount-Wim /WimFile:C:\win8\Sources\install.wim /index:1 /MountDir:c:\Mount
    
    REM Integrasikan Update
    dism /image:c:\mount /add-package /packagepath:c:\Update\
    
    REM UnMount Windows Edition
    dism /Unmount-Wim /MountDir:c:\Mount /commit
    
    
    Kembalikan File Install.Wim ke FlashDisk Installer atau gunakan UltraIso untuk memasukan file Install.wim kedalam Master Iso.

    Test Install, dengan file Install.Wim yang baru...

    [attachment=736]

    [​IMG]

    Hasilnya... Windows Terinstall dengan Update Terbaru, dan berjalan Normal....

    Semoga bermanfaat.
    :sokganteng:
     

    Attached Files:

  2. amdpastrana

    amdpastrana Most Valuable Member

    Joined:
    Jul 10, 2013
    Messages:
    853
    RE: MengIntegrasikan Windows Update kedalan Master Installer

    :goodjob: mantap nih sob, apalagi bagi mereka yg punya koneksi internet pas pasan
    khususnya yg pake kuota :ketawa:
     
  3. Febian

    Febian Administrator Staff Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    7,952
    RE: MengIntegrasikan Windows Update kedalan Master Installer

    Wah..enak nih bisa masukin semua file update ke installer.
    Cocok bwt teknisi yang sering install Windows di banyak PC. +Rep
    :goodjob:
     
  4. marwanto.se

    marwanto.se New Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    7,663
    Wah, thanks atas sharenya mabaega :goodjob:

    Dengan ini, update-update tersebut bisa langsung terinstall pada saat proses instalasi Windows. Sehingga user tidak harus dipusingkan dengan repot/capek-capek download ulang updatenya setiap kali install ulang Windows, sehingga kuota internet bisa lebih hemat & mengurangi beban terbuangnya banyak waktu :goodjob:
     
  5. mabaega

    mabaega Well-Known Member

    Joined:
    Nov 9, 2013
    Messages:
    2,739
    Yupz.. itu tujuannya om,
    masalahnya adalah, ukuran Installernya jadi lebih besar.

    tapi ada khabar gembira, setelah munculnya Update 1 ini, (atau mungkin sudah ada sejak windows 8.1)
    DISM mendukung format ESD, dengan compresi yang jauh lebih baik. jadi ukuran file installer jadi lebih kecil,
    efeknya, proses extract akan lebih lama....

    aku belum coba yang pake install.esd seperti windows preinstallation dalam drive recovery.
     
  6. marwanto.se

    marwanto.se New Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    7,663
    Jujur aja, ane install Windows 8.1 di netbook ane pake installer yang AIO (All In One), dan didalamnya juga udah termasuk update Rollup A, Rollup B, dan Rollup November 2013; terus di bikin bootable ke USB flashdisk 8 GB ane. Jadi gak usah repot-repot download lagi setiap mau ganti versi Windows 8.1 (Pro ke Enterprise). :ketawa:

    Hasilnya, sekarang masih lancar-lancar aja, tanpa adanya junk files & junk apps & virus pas di-fresh install, jadi sama seperti ISO original Microsoft dari MSDN. :cool:

    Iseng-iseng ane cek file installer AIO-nya, selidik punya selidik ternyata installer-nya menggunakan file .esd (install.esd, boot.esd, dsb), gak pake file .wim seperti pada installer umumnya.
    Pantas aja proses instalasinya lebih lama daripada pas instalasi Windows 8 & 7 di netbook ane, karena file installer Win 8 & 7 ane pake file .wim. :woa:
    [attachment=738]
     

    Attached Files:

  7. mabaega

    mabaega Well-Known Member

    Joined:
    Nov 9, 2013
    Messages:
    2,739
    Itu Ukuran filenya cuma 2,5G, contoh pada post pertama, sampai 3G, padahal cuma 2 update yang ditambahkan.
    jauh bener compresinya.
    :goodjob:

    Download via winstore juga paka format esd
    Direct from Microsoft:

    Mau coba, tapi gak kuat downloadnya.
    :ketawa::ketawa::ketawa:
     
  8. kararangga

    kararangga New Member

    Joined:
    Oct 4, 2014
    Messages:
    4
    File update berupa file MSU/Cab

    file itu letaknya di mana ya?
     
  9. Jazz

    Jazz The Heartbreak Kid Staff Member

    Joined:
    Jan 6, 2014
    Messages:
    14,741
    Letak apanya?

    File yg ingin kamu Integrasikan (entah itu MSU/Cab) kamu taruh di 1 Folder yg sama (dicontohkan thread utama C:\update)
     
  10. kararangga

    kararangga New Member

    Joined:
    Oct 4, 2014
    Messages:
    4
    maksud saya gini mba, saya kira file itu ada di folder instalasi windows yg sudah di update.

    jadi file updatean nya harus download dulu ya?
     
  11. al-arifin

    al-arifin New Member

    Joined:
    Oct 22, 2014
    Messages:
    2
    maaf masih kurang jelas untuk pemula :woa:
    terutama pada poin ke 3 ===>Copy semua file MSU/CAB
    pertanyaannya
    file MSU/CAB di copy dari folder mana dan dipaste kemana?
    terimakasih [/size]
     
  12. Jazz

    Jazz The Heartbreak Kid Staff Member

    Joined:
    Jan 6, 2014
    Messages:
    14,741
    Iya...
    Kamu harus Downloadnya dalam bentuk MSU, biasanya hanya update2 penting saja yg menggunakan MSU misalnya Spring update (KB2919355)

    file MSU/CAB itu didapat dari Download Offiline installer
    Kamu download, terus kamu Buat Folder di Drive C, dan beri nama Update (seperti Intruksinya C:\update), lalu Masukan deh MSU/CAB yg kamu download
     

Share This Page