1. Hello Guest, selamat datang di Forum WinPoin. Kamu bisa bertanya, berdiskusi, sharing, dan ngobrolin apapun seputar Windows, Windows Phone, PC, Gadget, atau hal seputar Teknologi lainnya. Selamat berkomunitas! ;)

Perbedaan Paket Internet Berbasis Kuota & Unlimited (Untung Ruginya)

Discussion in 'General' started by xtehsoda, Mar 23, 2014.

  1. xtehsoda

    xtehsoda Active Member

    Joined:
    Jul 14, 2013
    Messages:
    1,056
    Perbedaan Paket Internet Berbasis Kuota & Unlimited (Untung Ruginya) - Belakangan ini kebutuhan akan konsumsi paket data internet semakin bertambah di tengah masyarakat. Hal ini tidak lepas dari peran berbagai jenis gadget yang banyak beredar di pasaran saat ini yang semakin memudahkan para pengguna gadget untuk mengakses dan berselancar di internet. Kebutuhan akan internet ini kemudian disadari oleh para operator atau provider seluler sebagai penyedia jasa komunikasi untuk menghadirkan berbagai pilihan paket internet yang sangat beragam.

    Harga yang ditawarkan pun sangat bervariasi, dengan service atau paket yang juga berbeda mulai dari paket berbasis kuota hingga unlimited alias tidak terbatas. Sebagian besar masyarakat tentu akan memilih paket unlimited karena dianggap dapat memanfaatkan internet sepuasnya tanpa ada batasan apapun. Padahal hal itu tidak sepenuhnya benar karena paket data internet berbasis kuota pun juga memiliki kelebihannya sendiri. Apa sajakah kelebihan dan kekurangan dari paket data berbasis kuota maupun unlimited?

    Nah pada posting kali ini xtehsoda akan coba memberikan sedikit penjabaran berdasarkan opini dari saya sendiri tentang keuntungan dan kerugian dari memilih paket data internet, dimulai dari pilihan paket unlimited.

    Paket internet unlimited

    Meskipun dinamakan paket "unlimited" yang berarti "tidak terbatas", namun ternyata pilihan paket ini tetap memiliki batasan-batasan tertentu jika ingin menikmatinya. Terbatasnya kecepatan adalah salah satu kekurangan dari pilihan paket ini. Ya meskipun tidak ada batasan pada besaran bandwidth data, namun keterbatasan terletak pada kecepatan sehingga untuk mengakses suatu halaman web atau lainnya dibutuhkan waktu yang lebih lama. Maka tidak heran jika banyak pengguna paket data unlimited mengeluhkan lambat atau lemotnya kecepatan yang disajikan.

    Namun beberapa operator atau provider GSM tetap memberikan kecepatan penuh pada pilihan paket data internet unlimited meski kita akan tetap dibatasi dengan FUP atau batas pemakaian wajar. Jadi setelah kita telah melewati FUP, maka kecepatan akses internet akan dikurangi dengan signifikan meskipun kita akan tetap dapat mengaksesnya sesuka kita. Bagi yang belum jelas atau belum mengerti soal FUP, silahkan baca artikel
    Apa Itu FUP Pada Paket Internet?[/color]] Apa Itu FUP Pada Paket Internet? - Semakin banyaknya masyarakat yang haus akan "konsumsi" internet membuat para operator atau provider seluler khususnya di Indonesia membuat beberapa pilihan paket internet yang tentu saja beragam untuk menyesuaikan kebutuhan para penggunanya. Mulai dari paket internet berbasis kuota hingga paket internet unlimited atau tidak terbatas. Pada beberapa operator selular GSM yang menawarkan paket data Unlimited, mereka memberikan semacam batasan tertentu yang biasa disebut dengan FUP.

    Mungkin sebagian pemirsa pembaca winpoin ada yang belum mengerti tentang apa itu FUP, maka pada posting kali ini mimin memutuskan untuk memberikan penjelasan singkat mengenai arti dari istilah tersebut. FUP adalah singkatan untuk "Fair Usage Policy" yang jika dilihat dari artinya kurang lebih adalah batas pemakaian wajar. Apa maksud dari batas pemakaian wajar ini? Coba perhatikan salah satu contoh keterangan paket internet dibawah ini:

    Paket internet bulanan Unlimited (FUP 2GB)

    Pada keterangan FUP diatas terdapat sejumlah besaran bandwidth data yang dicantumkan (2GB). Itu artinya batas pemakaian wajar pada paket tersebut adalah 2GB. Dalam batas pemakaian wajar tersebut, kita sebagai pengguna akan dapat menikmati internet dengan kecepatan penuh. Nah jika pengguna telah melewati batas yang ditentukan tersebut, kita tetap dapat mengakses internet namun kecepatan akan diturunkan. Seberapa besar penurunan kecepatan atau kecepatan yang dapat dinikmati pengguna setelah melewati FUP tersebut bisa berbeda-beda di tiap operator.

    Jadi jangan heran jika telah melewati batas FUP akses internet anda menjadi mendadak lemot. Sekarang pemirsa sudah mengerti bukan soal gambaran dari FUP pada paket internet? Baca juga artikel tentang Untung rugi menggunakan paket internet berbasis kuota dengan unlimited sebagai referensi agar kamu dapat memilih paket internetmu dengan tepat. Semoga bermanfaat :D

    Paket internet berbasis kuota

    Meski dibatasi dengan kuota atau istilah awamnya "dijatah" (diberikan jatah tertentu), ternyata pilihan paket yang satu ini juga tidak sedikit. Hal ini karena harga yang ditawarkan relatif lebih murah sehingga dianggap sebagai pilihan yang cocok untuk menghemat biaya khususnya untuk masalah internet. Keunggulan dari paket jenis ini adalah kecepatan akses data yang dapat dinikmati tidaklah dibatasi seperti pada paket unlimited sehingga pengguna dapat mengakses internet dengan lebih cepat. Namun jika kita telah menggunakan keseluruhan jatah atau kuota yang ditentukan, maka kita akan dikenakan biaya tambahan yang besarnya bervariasi untuk tiap provider penyedia service internet. Selain cepat, kuota yang ditawarkan pun biasanya lebih besar jika dibandingkan dengan "jatah" FUP pada paket internet unlimited.

    Kesimpulan

    Jadi berdasarkan hal-hal yang mimin tulis diatas, tentu saja kedua pilihan paket tersebut memiliki untung rugi dimana memang disesuaikan untuk kebutuhan masing-masing pengguna. Pilihan paket berbasis kuota akan lebih menguntungkan jika kita tidak terlalu banyak menggunakan service internet (misalnya pengguna smartphone) karena lebih murah dan cepat. Namun pilihan paket ini tidaklah cocok untuk para pengguna yang "benar-benar hidup di internet" atau para penggila download dengan besaran bandwidth yang diatas rata-rata karena terbatasnya jatah dan akan dikenakan biaya tambahan jika telah melewati jatah tersebut.

    Sedangkan untuk pilihan paket unlimited sangat cocok bagi mereka yang "hidup dengan internet" karena "daya jelajah" mereka tidak dibatasi, namun mereka harus sedikit bersabar untuk menunggu "loading" karena kecepatan yang dibatasi. Jadi yang manakah paket internet yang cocok untuk kamu? Keputusan sepenuhnya ada di tanganmu. Semoga bermanfaat :D


    Sumber : blogspot.com



    NB : Kalau Salah Post. tolong di pindah min. thanks :)
     
  2. marwanto.se

    marwanto.se New Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    7,663
    Kalo saya sih mending lebih memilih paket kuota aja. Percuma juga paket unlimited tapi dibatasi dengan FUP yang jumlahnya kira-kira sama dengan paket kuota, yang ujung-ujungnya speed turun atau malah tidak bisa dipake internetan sama sekali / RTO.

    Contohnya saja Telkomsel, paket unlimited kalo udah habis FUP speed cuma 2 KB/s (16 Kbps), buka Google aja perlu ditinggal masak Indomie dulu, ya sama aja kalo itu tidak bisa dipake internetan :ketawa:

    Kalo mau unlimited ya mending pake internet kabel (Speedy, FastNet, dll), tapi dengan catatan usahakan rumah sendiri (bukan kontrakan) & lokasi rumahnya strategis agar tidak repot. :ketawa:
    Lantaran juga gak semua ada rumah sendiri & lokasinya strategis.
     
  3. Ambrizal Suryadinata

    Ambrizal Suryadinata External Team Staff Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    2,540
    Tapi kalau yang pake speedy juga berlaku untuk hal ini karena biasanya kalau pemakainnya udah gak wajar siap-siap tagihan bakal lebih besar dari aslinya bahkan bisa 100% dari aslinya.
    Quota sama Unlimited itu gak ada bedanya cuman dari sisi pemakaian Quota tergantang agak terlalu berbelit-belit dengan harga sebenarnya dan siapa bilang quota gak dibatasin, buktinya saja saya punya quota banyak kalau gak salah dulu 5GB lemot sekali tapi setelah quotanya kurang dari 1GB sudah gak lemot lagi bahkan kecepatannya sampe melebihi rata-rata.
     
  4. xtehsoda

    xtehsoda Active Member

    Joined:
    Jul 14, 2013
    Messages:
    1,056
    Nasib Bangsa Indonesia.. Mau internetan saja pakai mahal... :ketawa:
     
  5. marwanto.se

    marwanto.se New Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    7,663
    Dampak akibat persaingan antar provider/ISP di Indonesia, provider di sini juga udah terlalu banyak. :ketawa:

    Padahal di luar negeri speed cepat, murah, unlimited lagi :woa:
     
  6. Jazz

    Jazz The Heartbreak Kid Staff Member

    Joined:
    Jan 6, 2014
    Messages:
    14,741
    Ekonomi Lambat...
    Indonesia Bukan Negara Maju tapi Negara Berkembang !!!
    :cool:
     
  7. xtehsoda

    xtehsoda Active Member

    Joined:
    Jul 14, 2013
    Messages:
    1,056
    kasihan yang mau belajar... apa lagi sekarang online lewat HP pakai telkomsel bayar 1000=2MB/2G 1MB/3G.. begitu buka browser.. 2x buka udah habis.... :nangis:
     
  8. ilhamajah04

    ilhamajah04 Well-Known Member

    Joined:
    Nov 27, 2013
    Messages:
    4,706
    mending maennya kecepatan aja.....wkwkkw kaya speedut,innovate dll
     
  9. Mayza MyZone

    Mayza MyZone Super Moderator Staff Member

    Joined:
    Dec 16, 2013
    Messages:
    4,958
    Aku make tri kecepatannya manteep bneeer,, kuota 2Gb sebulan cukuplah,, kmrin nyoba make hotspot lumia make tri, donlod lagu 5MB cuma butuh waktu 5 detik,,, wow sekaleeee
     
  10. Febian

    Febian Administrator Staff Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    7,952
    Kl aku lebih prefer di batasan speed tp kuota no limit
    Semacam speedy gt

    Soalnya sebulan kuota bisa jebol puluhan (bahkan ratusan) GB
    Kl pake batasan kuota, pasti jatuhnya sangat mahal

    Yah..balik lagi sama keperluan n kebutuhan sih
     
    • Setuju Setuju x 1
  11. marwanto.se

    marwanto.se New Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    7,663
    Rata-rata kalo ane lihat di forum sebelah, ada yang sebulan menghabiskan s/d 300 GB pake Speedy. :ketawa:

    Kalo saudaraku sih mereka pake FastNet (First Media), tiap harinya (Mungkin) mereka sering pake buat streaming HD & download, perkiraan ane sih 1 harinya mereka menghabiskan 1-2 GB-an :ketawa:
     
  12. bOySTEVEN

    bOySTEVEN Member

    Joined:
    Dec 9, 2013
    Messages:
    614
    unlimited aja apalagi paket unlimited wifi dari warnet banyak kelebihan ... :imut2:
     
  13. Ambrizal Suryadinata

    Ambrizal Suryadinata External Team Staff Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    2,540
    Wahh kok disini semua Modem GSM kayak siput :ketawa:
    Wekekek pasti pernah jadi korban kebobolan dulu nih :ketawa:
    :ketawa: jangankan orang-orang aku 1,75 GB = Rp.50.000 bisa habis dalam waktu satu hari bahkan setengah hari.
     
  14. Mayza MyZone

    Mayza MyZone Super Moderator Staff Member

    Joined:
    Dec 16, 2013
    Messages:
    4,958
    Harus pindah daerah tuh,,, dari bebek ke sapi , eh sapi kayaknya juga jarang sinyalnya, ke ondel ondel deh.... :ketawa:
     
  15. marwanto.se

    marwanto.se New Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    7,663
    Itu karena user yang make udah keenakan download & streaming, sampai2 tidak tahu kalo kuotanya sudah habis :ketawa:

    Kalo mau gitu, mending pake internet kabel aja (FastNet, Innovate, dll). :ketawa:
     
  16. Jazz

    Jazz The Heartbreak Kid Staff Member

    Joined:
    Jan 6, 2014
    Messages:
    14,741
    Hohohohoho jd pada Ngerumpi Soal ISP nih...
    Udh deh Icha berpegang teguh para WiFi Tentangga saja :v
    :ketawa:
     
  17. Ambrizal Suryadinata

    Ambrizal Suryadinata External Team Staff Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    2,540
    Ahh mimpi aku dari kemarin mau masang speedy katanya disurvey dulu, tapi pas ditunggu keesokan harinya sampai hari ini gak datang-datang dan gak ada kabar sama sekali.
     
  18. Jazz

    Jazz The Heartbreak Kid Staff Member

    Joined:
    Jan 6, 2014
    Messages:
    14,741
    Berarti Survey menunjukan kalau Daerah kakek Ambrizal ga lulus Test :v
     
  19. marwanto.se

    marwanto.se New Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    7,663
    Telepon aja terus CS Speedy-nya, saya lihat di forum sebelah ada yang sampai bentak2 CSnya dulu baru teknisinya mau datang. :ketawa:
     
  20. Ambrizal Suryadinata

    Ambrizal Suryadinata External Team Staff Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    2,540
    Udah tadi kesana katanya masih belum disurvey.
    Minta dibanting CSnya ini.
     

Share This Page