1. Hello Guest, selamat datang di Forum WinPoin. Kamu bisa bertanya, berdiskusi, sharing, dan ngobrolin apapun seputar Windows, Windows Phone, PC, Gadget, atau hal seputar Teknologi lainnya. Selamat berkomunitas! ;)

Tips Merawat USB Flashdisk Agar Awet dan Tahan Lama

Discussion in 'Hardware' started by Febian, Jan 30, 2014.

  1. Febian

    Febian Administrator Staff Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    7,952
    Entah kenapa hari ini aku kepengen share sesuatu yang berbau Flashdisk. Tadi aku udah share tips dan trik memilih flashdik agar tidak salah pilih dan kecewa di kemudian hari. Untuk kali ini aku akan share gimana cara merawat USB Flashdisk agar awet dan tahan lama.

    Oke deh, berikut ini adalah beberapa tips yang selalu aku lakukan untuk menjaga keawetan Flashdisk yang aku miliki:

    Mencabut Flashdisk dengan Benar
    Saat mencabut flashdisk, jangan main asal cabut aja..apalagi waktu proses copy data masih berlanjut. Resikonya bukan hanya data km hilang atau rusak karena corrupt, tetapi umur flashdisk km juga bisa dipertaruhkan. Cabut flashdisk dengan prosedur yang benar, yaitu setelah copy atau transfer data, biarkan beberapa saat, lalu gunakan fitur Safely Remove Hardware untuk mencabutnya.

    Format dengan File System yang tepat
    File system ada macem2, ada FAT32, NTFS, exFAT, dsb. Jika flashdisk km berukuran kurang dari 2GB, km bisa pake FAT32 saat melakukan format. Jika flashdisk km berukuran 4GB keatas, km sebaiknya menggunakan NTFS. Ingat, jika file system kamu masih pake FAT32 di flashdisk berkapasitas besar, kamu tidak bisa mengcopy data yang berukuran lebih dari 4GB per file. Jika kapasitas flasdisk kamu diatas 32GB, sebaiknya kamu menggunakan exFAT sebagai file systemnya saat format.

    Jangan Terlalu sering Melakukan Format
    Melakukan format memang seringkali bisa menyelesaikan permasalahan di flashdisk seperti corrupt, lemot, dan tidak terbaca. Tetapi jangan terlalu sering melakukannya. Beberapa pemilik flashdisk bahkan melakukan format setiap kali akan menghapus data. Hal ini tidak disarankan, apalagi full format. Jadi..lakukan format seperlunya saja jika memang benar-benar diperlukan.

    Jangan Buru2 Format
    Format memang seringkali bisa menyelesaikan masalah, tetapi jangan buru2 format. Lakukan dulu Error Checking sebelum melakukan format, siapa tahu dengan error checking permasalahan yang kamu alami bisa terselesaikan tanpa harus format. Ini penting banget bagi kamu yang flashdisknya error tetapi belum melakukan backup data. Error checking bisa menyelamatkan kamu dari kehilangan data akibat terburu2 melakukan format.

    Hemat Masa Hidup Flashdisk
    Sama seperti hewan, tumbuhan, dan manusia..flashdisk juga memiliki masa hidup..hihihi. Ini bukan bercanda lho! Masa hidup flashdisk bervariasi antara 10.000 - 100.000 proses read/write. Untuk itu hemat masa hidup flashdisk dengan cara menghindari langsung editing file dari flahsdisk.

    Jika mau mengedit dokumen, copy aja dokumen dari flashdisk ke komputer, cabut flashdisk, edit-edit di komputer, kalau sudah selesai baru masukkan flashdisk lagi.

    Jaga dari Medan Magnet
    Sebaiknya flashdisk jangan terlalu dideketin sama magnet atau benda2 yang mengandung medan magnet.

    Tutup Flashdisk dan Jangan Biarkan Tutupnya Hilang
    Inilah kenapa di tips sebelumnya aku nyaranin kamu buat milih flashdisk yang tutupnya tersambung ke body flashdisk. Saat tidak digunakan, selalu tutup flashdisk dan jangan biarkan tutupnya hilang. Tanpa tutup kepala flashdisk bisa termasuki debu bahkan bisa berkarat, dan hal ini mengganggu kinerja flashdisk sekaligus bisa mempengaruhi umur masa pakainya.

    Tancapkan Flashdisk Hanya Setelah PC Menyala Sempurna
    Untuk menghindari kerusakan akibat arus listrik yang tidak stabil, pastikan kamu hanya menancapkan flashdisk ketika komputer sudah menyala sempurna. Jangan biasakan membiarkan flashdisk tertancap di PC dari saat mati..menyala..hingga mati lagi.

    Segera Cabut Jika Sudah Selesai
    Untuk mengurangi overheat dan proses read/write yang tidak perlu, pastikan kamu segera mencabut flashdisk ketika sudah selesai menggunakannya. Membiarkan flashdisk tertancap di PC selama berjam-jam saat tidak digunakan hanyalah menyengsarakan masa hidup flashdisk tersebut.

    Tancapkan dengan Benar
    Pernah nggak ketemu orang yang masang flashdisknya asal nyambung? Yah..karena slotnya ndak cukup dan flashdisknya cukup gedhe, terkadang dia masangnya miring kanan, miring kiri, atau bahkan diganjal dengan barang2 laennya. Jangan lakukan hal ini! Pastikan kamu memasangnya dengan benar dan dalam posisi yang pas.

    Jangan Defrag Flashdisk
    Okelah kamu rutin melakukan defrag di hardisk utk menigkatkan performa hardisk, tetapi jangan kamu melakukannya terhadap flashdisk. Defrag flashdisk hanya menambahkan proses read/write yang tidak perlu yang hanya mengurangi jatah masa hidup flashdisk tersebut.

    Udah ah capek nulis panjang amat..hehehe
    Kl ada yang terlewat silahkan ditambahkan

    Semoga bermanfaat
    :goodjob:

    Tambahan dari temen2

     
  2. marwanto.se

    marwanto.se New Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    7,663
    Wah, ane tuh sering format flashdisk, kalo mau ganti isi bootable di flashdisk (misalnya FD bootable Win 7 format ke bootable Win 8/8.1). Nampaknya sekarang musti harus jarang2 kalo format FD. Kadang ane langsung cabut flashdisk krn terjadi error pas mau Safely Remove Hardware bahwa FD sedang digunakan (padahal lagi gak copy/paste/buka file dari/ke flashdisk). Sekarang musti hati-hati lagi nih. :tidaak1:
     
  3. Mayza MyZone

    Mayza MyZone Super Moderator Staff Member

    Joined:
    Dec 16, 2013
    Messages:
    4,958
    wah,, iya nih,, sering banget kalo mo ngehapus makenya format,, apalagi tiap format systemnya make FAT32 lagi,, padahal kan kapasitas FD ku 8 GB,, huahuahua :tidaak1::nangis1:

    harus lebih diperhatikan kalo ingin format FD ne,, thanks pak febian :goodjob:
     
  4. Jazz

    Jazz The Heartbreak Kid Staff Member

    Joined:
    Jan 6, 2014
    Messages:
    14,741
    Ga ada "Tulisan ada yg mau Nambahin" dibawahnya min..??
    Kalau boleh Tambahin dari ku ini...

    Jaga Flashdisk dari Komputer yg Terinfeksi
    Biasanya byk Komputer yg Ga terurus atau Si pemiliknya tidak mempedulikan Bahwa PCnya Terinfeksi Virus, Malware, Trojan dan Worm... Jika sudah terinfeksi FD mu... jika mencolokan di PC lain apalagi PC mu yaa tanggung akibatnya...:ketawa:

    Tancapkan Flashdisk di Tempat yg Tepat
    Taruh FD Ditempat yg wajar Misalnya tempat yg datar dan tidak bergelombang... jgn menaruh di Atas bantal atau permukaan yg bergelombang lainnya... bisanya Kepala FDnya nnti jadi Bengkok dan Akhirnya PATAH...:ketawa:

    Jaga Hologram Dalam Flashdisk
    Terakhir ini yg Penting... Jaga Selalu Hologram Dalam FD agar suatu saat ketika FD kita Komponennya Rusak.... kan masih ada Garansinya...:goodjob:
    :kagum:
    :ngasihinfo:
     
  5. mafrooha

    mafrooha New Member

    Joined:
    Sep 9, 2013
    Messages:
    1
    dari sekian tulisan ms febian yg aku ngk ngerti : FAT32, NTFS, exFAT, apaan sih itu?
     
  6. harlynatio

    harlynatio Member

    Joined:
    May 20, 2013
    Messages:
    829
    format drivenya
    [hr]
    Tentunya biar tahan lama,taruh aja di kulkas biar g expired:kagum::ketawa:
     
  7. Ambrizal Suryadinata

    Ambrizal Suryadinata External Team Staff Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    2,540
    Tips yang sangat bagus untung saja saya beberapa flashdisk yang memiliki fungsi yang beda-beda, yang satu pake Install OS, yang satu pakai penampungan Software yang biasa digunakan, dan yang lagi satu untuk kegiatan normal.
     
  8. Jazz

    Jazz The Heartbreak Kid Staff Member

    Joined:
    Jan 6, 2014
    Messages:
    14,741
    Sekalian Saja beri Formalin pada FDnya biar awet...:ketawa::ketawa:
     
  9. Febian

    Febian Administrator Staff Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    7,952
    Itu file system mas, klik kanan flashdisk -> properties -> format -> nanti ada pilihan file system (FAT32, NTFS, exFAT, dsb)

    wkwkwkw..kacau
    :ketawa:

    Ini juga tips yang bagus, punya beberapa flashdisk utk fungsi2 yg berbeda, mantab!
    :goodjob:
     
  10. harlynatio

    harlynatio Member

    Joined:
    May 20, 2013
    Messages:
    829
    oh iya,ada tips lagi:
    1.Gunakan usb secara rutin,jangan seperti 2-3 bulan sekali,kadang usb bisa rusak dengan sendirinya
    2.Hindari dari lingkungan yg basah/terkena air,ane pernah kejadian flashdisk ane taruh di kantong celana,lupa ambil,terus ikut deh tercuci sama mesin cuci,resikonya sih bisa berkarat
     
  11. 0nimush4

    0nimush4 New Member

    Joined:
    Jul 10, 2013
    Messages:
    2
    klo soal jnis file system tuk harddisk (internal / eksternal) bgusx yg mn, NTFS to exFAT ????

    maaf klo OOT
     
  12. Febian

    Febian Administrator Staff Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    7,952
    Sejak di Windows Vista, Windows 7, sampai sekarang Windows 8.1, aku selalu pake NTFS
    :sokganteng:
     
  13. Yeremia Abednego

    Yeremia Abednego Member

    Joined:
    Jul 7, 2016
    Messages:
    79
    Oke terimakasih buat sarannya :)
     

Share This Page