1. Hello Guest, selamat datang di Forum WinPoin. Kamu bisa bertanya, berdiskusi, sharing, dan ngobrolin apapun seputar Windows, Windows Phone, PC, Gadget, atau hal seputar Teknologi lainnya. Selamat berkomunitas! ;)

10 Ide Microsoft yang Seharusnya Berhasil Tapi Gagal

Discussion in 'General' started by Chrisnado, May 13, 2013.

  1. Chrisnado

    Chrisnado Administrator Staff Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    1,862
    Semua orang memiliki ide cemerlang yang bisa menjadikannya sukses dan terkenal, namun mereka tidak berhasil merealisasikan ide tersebut hingga ide itu diambil oleh orang lain dan sukses ditangan orang lain. Hal ini juga pernah dialami oleh Microsoft, banyak ide-ide yang ia peroleh namun ide tersebut gagal direalisasikan.

    Sekarang Microsoft berusaha untuk mengejar ketinggalan dengan Windows 8, Windows Phone, Surface dan produk jasa lainnya. Mari kita lupakan produk-produk yang lagi trend tadi. Sekarang mari kita bicarakan tentang produk Microsoft yang seharusnya berhasil dan tidak perlu mengejar ketinggalan dari produsen lainnya seperti sekarang. Ada 10 ide Microsoft yang seharusnya berhasil tapi gagal.

    eReaders

    [attachment=20]

    Kamu pasti pernah mendengar tentang Amazon bukan? Amazon adalah perusahaan yang merintis eReader dengan merilis perangkat Kindle. Tetapi seharusnya Microsoft bisa mengalahkan Amazon, itu bisa terjadi karena Microsoft sudah memiliki prototipe e-reader sembilan tahun yang lalu sebelum ada Kindle. Dalam sebuah proyek Think, sebuah programer Microsoft mengajukkan ke Bill Gates sebuah prototipe e-reader pada tahun 1998, tetapi Bill Gates memberikannya jempol ke bawah untuk ide cemerlang tersebut. Berikut kata programer tersebut, "Dia (Bill Gates) tidak suka dengan bagian user interface prototipe e-reader tersebut, ia bilang tidak terlihat seperti Windows." Sebaliknya Microsoft pernah membuat Microsoft Reader, sebuah aplikasi untuk membaca ebook yang telah di hentikan karena gagal merauo banyak user di tahun 2012.

    Windows Mobile

    [attachment=21]

    Apple bukanlah pencipta smartphone, tapi mereka menciptakan user interface yang mudah digunakan oleh semua orang dan menjadikan smartphone yang harus dimiliki. Sebenarnya Microsoft juga memiliki platform smartphone sebelum iPhone, yang dikenal dengan Windows Mobile. Saat itu Windows Mobile memiliki user interface seperti komputer, Start Menu, Taskbar, bahkan Registry Windows. Windows Mobile dirancang dengan menggunakan keyboard dan stylus, bukan seperti iPhone yang dirancang dengan touchscreen. Namun lihat sekarang, kemana perginya Windows Mobile? Dulu Windows Mobile menempati urutan ketiga setelah Nokia Symbian dan Blackberry. Jelas Microsoft gagal bersaing setelah unggul dengan Apple.

    Kin

    [attachment=22]

    Tidak pernah mendengar nama Kin sebelumnya? Kin adalah sebuah ide kedua dari Microsoft untuk platform smartphone yang berujuan untuk mengalahkan Apple iPhone. Kin dirilis pada tanggal 6 Mei 2010, hampir 3 tahun setelah kemunculan Apple. Microsoft merilis smartphone ini melalui pihak ketiga, yaitu dengan Verizon Wireless dan tidak menjualnya secara global. Smartphone ini tidak sukses karena hanya menyajikan aplikasi jejaring sosial dan tidak memungkinkan pengguna untuk menginstall aplikasi lainnya.

    Tablet

    [attachment=23]

    Gelar tablet paling laris saat ini mungkin masih di pegang oleh Apple iPad, namun tahukah kamu kalau sebelum ada iPad, Microsoft sudah merilis tablet duluan? Microsoft merilis tablet Windows XP PC Edition pada tahun 2002, 8 tahun sebelum Apple merilis iPad. Sistem kerja yang digunakan tablet juga sama seperti Windows Mobile, menggunakan stylus dan touchscreen. Namun banyak software yang tidak mendukung dengan metode stylus dan touchscreen. Ketika Microsoft membuat tablet Windows 7, mereka bekerja sama dengan HP namun halangan software muncul lagi. hardware cepat panas dan input touchscreen yang rewel sehingga membuat HP gerah. Microsoft tidak benar-benar menciptakan sebuah platform untuk tablet sampai Windows RT muncul.

    Internet Explorer

    Saat Microsoft merilis Internet Exploer 6 pada tahun 2001, Internet Explorer menguasahi pasar web browser sebanyak 95%. Pada saat itu Internet Explorer 6 adalah browser paling inovatif, ada fitur AJAX salah satu teknologi browser yang memungkin website seperti Gmail tidak perlu melakukan refresh ketika ada email baru. Kesalahan Microsoft dimana ia sudah santai dengan banyak pengguna dan tidak melihat perkembangan web browser lain seperti Firefox Mozilla dan Google Chrome. Tetapi nampaknya sekarang Microsoft berusaha kembali untuk menjadi browser yang terbaik dengan Internet Explorer 10.

    Hotmail

    Microsoft membeli Hotmail pada tahun 1997, sedangkan Google merilis Gmail pada tahun 2004, sekitar 7 tahun kemudian. Gmail sekarang jauh lebih unggul dari Hotmail ketika dirilis, menampilkan user iterface yang mudah digunakan, setting yang lebih banyak dan fungsional, spam filter yang lebih baik dan tata letak percakapan email yang lebih rapi. Tapi lihat sekarang Hotmail, Microsoft memiliki web mail baru dengan Outlook. Outlook harus mampu mengejar ketinggalannya dari Gmail di saat sulit seperti ini.

    Games for Windows Live

    [attachment=24]

    Ketika seorang gamers berpikir tentang Game Store, mungkin yang pertama mereka pikirkan adalah Steam Valve. Steam Valve adalah game store yang populer yang memberikan fitur lebih sekedar game store, ada daftar teman, chatting, jejaring sosial dan banyak lagi. Namun tahukah kamu bahwa Microsoft juga memiliki game store? Microsoft menyebutnya Games for Windows Live yang mempunyai fitur sama seperti Steam Valve. Namun kenapa banyak orang lebih memilih Steam? Itu karena GFWL tidak memberikan pengalaman yang luar biasa kepada pengguna, banyak game tidak stabil, kehilangan data saat save game dan banyak lagi. Bahkan ini masih tetap terjadi sampai update GFWL untuk Windows 8. Kini GFWL menjadi Games Store Xbox untuk PC. GFWL memberikan ketakutan tersendiri bagi gamer sedangkan Steam terus berkembang hingga memasuki dunia Linux.

    Smart Watch

    Akhir-akhir ini Smart Watch sedang ramai dibicarakan di dunia teknologi. Peblle salah satu perusahaan yang di danai Kickstarter telah merilis gadget yang satu ini. Namun banyak perusahaan besar seperti Apple, Google, Samsung, Sony bahkan Microsoft juga merlirik gadget satu ini. Sebenarnya Microsoft sudah memiliki Smart Watch yang bernama Watch SPOT yang sudah dihentikan sejak tahun 2008. Seperti GFWL, banyak pengguna yang tidak puas dengan gadget ini.

    Longhorn: Windows Vista

    Siapa yang tidak tahu dengan Windows Vista? Salah satu sistem operasi yang gagal di buat Microsoft ini menerima banyak kritikan dari publik. Banyak fitur yang telah diiklankan tidak pernah terwujud di sistem operasi ini. Selain itu disaat yang sama Apple memunculkan Tiger, fitur yang ada pada Vista telah ada di Tiger meskipun tidak semua. Untuk memulai booting saat itu Longhorn membutuhkan waktu selama 10 menit dan bila dibandingkan dengan Tiger, ini sangat jauh sekali. Seandainya Longhorn berjalanan dengan baik sesuai dengan apa yang ditampilkan di publik, mungkin sekarang Microsoft bisa mengambil banyak pengguna Apple OS X.

    PC Hardware

    Apple memiliki Macbook Pro sedangkan Google memiliki Chromebook, bagaimana dengan Microsoft? Sebagian besar pengguna Microsoft membeli sendiri PC yang mereka butuhkan, sedangkan perusahaan PC tidak semuanya memiliki support yang bagus seperti Apple dan Google. Ketika Macbook Pro atau Chromebook rusak, teknisi Aplle atau Google sudah siap segera untuk membetulkannya. Sedangkan pengguna Windows harus membeli sendiri atau pergi ke tempat service dan mencari part yang rusak, ini mungkin akan membutuhkan waktu yang lama ketika part yang dibutuhkan tidak ada.
     

    Attached Files:

  2. Indra Prasetyadi

    Indra Prasetyadi Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    62
    ternyata Microsoft bisa gagal juga yak...

    :ckckck:
     
  3. Febian

    Febian Administrator Staff Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    8,032
    Google juga banyak produgal nya..aku ada sih listnya..bsk aku share juga disini :imut2:
    kayaknya hampir semua perusahaan besar punya produgal yah..kalau yg besar2 ada pernah gagal..apalagi kita yg kecil2 ini yak..wwkwkwkw :desperate2:
     
  4. DeJaka

    DeJaka Member

    Joined:
    May 15, 2013
    Messages:
    56
    Emang ada yang sukses tanap merasakan kegagalan? yang ada paling gagalnya disembunyikan! hehehee
     
  5. aura07051974

    aura07051974 New Member

    Joined:
    Jul 19, 2013
    Messages:
    5
    Beberapa produk gagal microsoft karena mengekor kompetitor lain misal Apple atau Google, tapi ada juga yang menjadi pioneer tapi tetap gagal.
     
  6. Febian

    Febian Administrator Staff Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    8,032
    yup bener.
    tablet sm smartwatch harusnya bs menjadi pioner, tapi sayang ditangan Microsoft malah gagal dan tidak menjadi apa2.
    booming tablet br muncul ketika Apple turun tangan..
     
  7. jo3quest

    jo3quest New Member

    Joined:
    Jul 26, 2013
    Messages:
    17
    seperti ilmuwan yang menemukan lampu, sampai 999x gagal. pelajaran penting yang bias kita ambil neh, terus semangat
     

Share This Page