1. Hello Guest, selamat datang di Forum WinPoin. Kamu bisa bertanya, berdiskusi, sharing, dan ngobrolin apapun seputar Windows, Windows Phone, PC, Gadget, atau hal seputar Teknologi lainnya. Selamat berkomunitas! ;)

10 Kebiasaan Yang Dapat Menyebabkan Kerusakan Pada Windows Phone

Discussion in 'Windows Phone' started by Muh Fazlurrahman K, Aug 23, 2014.

  1. Muh Fazlurrahman K

    Muh Fazlurrahman K Member

    Joined:
    Jun 21, 2014
    Messages:
    302
    Selamat malam teman teman, kali ini saya akan membahas tentang 10 Kebiasaan Yang Dapat Menyebabkan Kerusakan Pada Windows Phone. Tidak banyak dari kita yang mengetahui bahwa kebiasaan yang sering kita lakukan bukan tidak mungkin dapat menimbulkan hal negatif terhadap WP kita. Oleh karena itu saya akan membahasnya beserta solusi yang dapat dilakukan dan berikut 10 Kebiasaan Yang Dapat Menyebabkan Kerusakan Pada Windows Phone sesuai pengalaman saya:

    10. Melepas Charge Langsung pada Sumber Daya-nya
    [attachment=4067]
    Hal yang paling mendasar yang menjadi penyebab terjadinya korsleting pada sirkuit semua merk HP khususnya WP, salah satunya iyalah melepas charge langsung pada sumber dayanya. Yang dimaksud "Sumber Daya" disini ialah Kepala charge itu sendiri dengan stop kontaknya. Mengapa hal ini dapat menyebakan korsleting, itu karena resiko terjadinya percikan maupun gesekan listrik pada kepala charge dan stop kontak itu sendiri terbilang cukup tinggi. Sehingga ketika kita melepaskan kepala charge kita pada stop kontak dan terjadi percikan, hal tersebut akan mempengaruhi sirkuit WP kita sehingga akan menyebabkan kerusakan pada WP kita. Dan hal yang paling parah dapat membakar sirkuit WP kita. Oleh karena itu, kebiasan tersebut harus kita hentikan. Hal yang paling baik untuk kita lakukan ialah, memutuskan aliran listrik paling awal pada kabel USB dari PORTnya, sehingga resiko korsleting dapat kita kurangi.

    9. Penggunaan Hingga WP LowBat TOTAL
    [attachment=4068]
    Nah, kebanyakan dari kita menggunakan WP kita hingga dayanya betul betul habis alias lowbat total. Apa hal yang paling terasa akibat dari kebiasaan yang sering kita lakukan itu? Tidak lain tidak bukan ialah rusaknya baterai itu sendiri. Pada umumnya rusaknya baterai dapat mengakibatkan baterai yang boros bahkan yang paling parah, baterai akan mati dengan sendirinya pada waktu yang bukan seharusnya. Oleh karenanya, mulai sekarang marilah kita mengisi daya WP kita maksimal ketika indikator telah menunjukkan angka 10% dan tidak kurang.

    8. Menyalakan WP Secara Manual Ketika WP Mengalami LowBat TOTAL (Tidak Sabar)
    [attachment=4069]
    Ketika WP kita mengalami LowBat total pada saat yang tidak tepat, misal ada hal yang penting yang harus kita lakukan. Oleh krn kita tdk sabar dan terburu buru, akhirnya kita kemudian mengisi daya WP kita dan secepat mungkin berusaha memaksanya aktif dengan menekan tombol power. Apakah tindakan seperti itu akan membahayakan WP kita? Tentu dan mengapa demikian? Itu terjadi karena telah termasuk salah satu dari sekian banyak alasan terjadinya korsleting pada WP. Seperti kita ketahui bahwa, WP telah dirancang akan menyala dengan sendirinya ketika daya telah mencukupi untuk mengaktifkan WP kita pada saat mengalami lowbat total. Nah jika daya yang dibutuhkan belum tercukupi lantas kita menyalakannya dgn paksa, usaha tersebut akan sia sia dan WP kita akan ttp otomatis kembali nonaktif dgn sendirinya. Jika dilakukan secara terus menerus akan mengakibatkan kerusakan yang cukup parah. Inti dari permasalahan ini ialah bersabar, krn perlu diketahui bahwa waktu yang dibutukan untuk mencukupi daya aktif kembalinya WP kita adalah sekitar 2-3 Menit, waktu yg sangat lebih dari cukup untuk bersabar.

    7. Memotret Cahaya Matahari di Siang Hari
    [attachment=4070]
    Kurang kerjaan dan iseng adalah hal yang sangat tipis perbedaannya. Intinya ialah, dengan mengarahkan kamera WP kita berhadapan langsung dengan teriknya sinar matahari di siang bolong dalam waktu yang lama akan menyebabkan kerusakan yang sangat parah pada lensa kamera WP kita. Solusi yang paling tepat ialah, hindari kamera dari sinar matahari langsung dan yang paling ampuh ialah menggunakan filter khusus.

    6. Meletakkan WP Berdekatan dengan Barang Elektronik Lainnya
    [attachment=4071]
    Kita ketahui bersama bahwa setiap barang elektronik memiliki radiasi elektromagnetik. Hal itu dapat menyebabkan kerusakan kerusakan mendasar pada sistem WP kita sehingga dapat membuat WP kita tdk berjalan dengan semestinya. Oleh karena tu hindari WP kita bersentuhan langsung atau berdekatan dengan barang elektronik lainnya. Krn bkn hanya WP kita yang dapat mengalami gangguan akan tetapi barang elektronik lainnya yang berdekatan dgn WP kita dapat mengalami gangguan juga.

    5. Menyimpan WP di Saku Celana Bagian Belakang
    [attachment=4072]
    Nah inilah salah satu kebiasaan yang sering saya lakukan. Ketika telah malas menggenggam WP, saya pun meletakannya di saku celana saya. Hal ini adalah hal sepeleh namun akibatnya dapat sangat sangat luar biasa. Kebanyakan kebiasaan ini dapat merusak fisik dari WP kita. Hal yang saya alami adalah tidak berfungsinya touch screen WP sy ketika tertindih oleh berat badan saya. Dan yang palin parah yang dialami oleh teman sy ketika layar WP retak walaupun WPnya telah menggunakan Gorilla glass. Oleh krn itu hindari menyimpan Wp di saku belakang, tidak apa jika kita menyimpannya ketika sedang berjalan ataupun kegiatan lainnya selain duduk.

    4. Meletakkan WP di bawah Bantal Ketika Tidur
    [attachment=4073]
    Hal ini juga sering kita lakukan. Sama halnya dgn poin ke 5 diatas, dapat mengganggu kinerja WP kita sendiri. Selain itu, bukan hanya WP kita yg mengalami gangguan akan tetapi kita dapat terpapar radiasi yang dihasilkan oleh WP kita.

    3. Menekan Tombol Tombol Secara Berlebihan (Volume/Power/Kamera)
    [attachment=4074]
    Pada dasarnya, sebuah tombol diciptakan untuk ditekan. Namun, apa jadinya jika kita sering melakukannya melibihi kewajaran? Kita ketahui bersama bahwa OS WP tdk mendukung tombol virtual seperti yg digunakan pada iOS. Namun hal ini dapat kt minimalisr dengan mengunakan aplikasi aplikasi yang dapat membantu mengurangi resiko berkurangnya kinerja tombol WP kita. Seperti halnya dengan aplikasi 'Lock Screen' (berbayar), kita tdk perlu lagi menekan tombol power untuk mengunci WP kita. Sehingga tombol tombl pada WP kita dapat awet pada waktu yang cukup lama.

    2. Menggunakan Pelindung Secara Berlebihan (Silikon/Soft Jacket/HardCase)
    [attachment=4075]
    Sedikit membingungkan bukan? Ini termasuk hal yang dapat menimbulkan kerusakan pada WP kita. Mengapa demikian? Softjacket/Hardcase untuk WP, mmg dapat melindungi WP kita dari bahaya lecet maupun kerusakan fisik lainnya. Namun selain itu, hal yang terparah iyalah Softjacket/Hardcase dapat meningkatkan suhu dari WP kita sendiri. Tidak ada salahnya kita menggunakannya, akan tetapi hanya digunakan pada saat diperlukan seperti sedang melakukan kegiatan outdoor dan jgn menggunakannya ketika melakukan kegiatan yg memiliki resiko kecil terhadap kerusakan fisik pada WP.

    1. Penggunaan WP Secara Nonstop
    [attachment=4076]
    Dan yang terakhir iyalah, Penggunaan WP secara nonstop dengan kata lain tanpa henti. Hal ini dapat meningkatkan suhu WP kita dan juga dapat membuat kinerja WP kita kurang optimal. Mungkin kebiasaan ini timbul akibat dari pengisian daya WP tidak dapat dilakukan pada saat WP dalam keadaan nonaktif. Solusi yang tepat ialah, melakukan pe-restart-an WP secara berkala setiap 3 Hari sekali.
    Nah gimana? Apakah teman teman tidak menyangkanya? Ataukah beberapa dari kalian telah mengetahuinya? Apapun itu, marilah kita jaga kelangsungan Hidup WP kita. Karena sesungguhnya hal yang berharga belum terasa berharga sebelum hal berharga tersebut telah tiada pada kita. Jadi marilah kita merawat dan jangan sekali kali menyepelehkan hal yang kecil. Akhir kata, sekecil kecilnya WP di mata OS lain, toh akhirnya waktu akan menunjukkan siapa yang terbaik dari yang terbaik(kagak nyambung hahaha). Wassalam:cool:
     

    Attached Files:

  2. Z.A.Y

    Z.A.Y Moderator Staff Member

    Joined:
    May 21, 2014
    Messages:
    1,792
    :v ternyata layar wp ketika basah tidak berjalandengan normal
     
  3. Yusril Ibnu

    Yusril Ibnu Winpoin Staff Staff Member

    Joined:
    May 12, 2014
    Messages:
    6,351
    Ada yang baru tau dan ada yang sering dilakukan. Oke ? thanks for info sangat bermanfaat.. ++rep
     
  4. Wepe

    Wepe Member

    Joined:
    Jul 5, 2014
    Messages:
    168
    gtu kah ya ka....hmm...makasih buat tips nya....
     
  5. Mayza MyZone

    Mayza MyZone Super Moderator Staff Member

    Joined:
    Dec 16, 2013
    Messages:
    4,951
    TFYI bro,, sangat bermanfaat,,, aku sering melakukan semua itu,, mungkin karena sifat acuh tak acuh pada WP kita,, tp kini menjadi sangat berguna,,, dan aku menemukan jawaban kenapa WP saat mati dan di cas dia akan otomatis manyala? jawabannya ada di nomor 8

    ++REP untuk TS,,
     
  6. Yusuf Al-Fachry

    Yusuf Al-Fachry Member

    Joined:
    May 20, 2014
    Messages:
    67
    Keren, bro!!! (walaupun sya belom punya WP) :tidaak1:
    +REP
     
  7. harlynatio

    harlynatio Member

    Joined:
    May 20, 2013
    Messages:
    830
    yg no 9 ane kurang setuju.
    Bukannyya ini yg biasa dilakukan untuk kalibrasi? yakni menggunakan sampaibaterai bener2 habis??
     
  8. Mayza MyZone

    Mayza MyZone Super Moderator Staff Member

    Joined:
    Dec 16, 2013
    Messages:
    4,951
    iyaa,, ini bisa dipakai untuk kalibrasi jika itu menggunkan baterai baru,,, tp jika lama kelamaan baterai baru diperlakukan seperti nomor 9, maka baterai juga akan cepat habis dayanya,,, aku uda ngerasain soalnya,, hahha :ketawa:
     
  9. Muh Fazlurrahman K

    Muh Fazlurrahman K Member

    Joined:
    Jun 21, 2014
    Messages:
    302
    makasih bantuannya kek:goodjob:
     
  10. Mayza MyZone

    Mayza MyZone Super Moderator Staff Member

    Joined:
    Dec 16, 2013
    Messages:
    4,951
    yups sama".. :goodjob:
     
  11. Muh Fazlurrahman K

    Muh Fazlurrahman K Member

    Joined:
    Jun 21, 2014
    Messages:
    302
    sudah dijelaskan oleh kakek mayza dan dia udah ngalamin:goodjob:
     
  12. ilhamajah04

    ilhamajah04 Well-Known Member

    Joined:
    Nov 27, 2013
    Messages:
    4,727
    pernah melakukan nomer 10,9,8,5,3,dan 1. tapi gak kenapa2 tuh
     
  13. Muh Fazlurrahman K

    Muh Fazlurrahman K Member

    Joined:
    Jun 21, 2014
    Messages:
    302
    kan judulnnya "yang dapat menyebabkan" ham. Jadi kalau belum yah belum waktunya aja, paling tidak bisa untuk mencegah kok ham:goodjob:
     
  14. Febian

    Febian Administrator Staff Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    8,032
    mungkin belom gilirannya ham, nunggu antrian :ketawa:
    kombinasi 1,6,4,9..ini yang bikin salah satu smartphone ku lgsg KO setelah 8 bulan pemakaian

    ++Rep untuk infonya :sokganteng:
     
  15. Febian

    Febian Administrator Staff Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    8,032
    Congrats utk Muh Fazlurrahman K, thread ini berhasil masuk ke Thread of the Week Periode Minggu Keempat Agustus 2014

    Untuk itu Muh Fazlurrahman K mendapatkan Rewards TOTW :

    • +12 Reps
    • +150 Poin
    • Thread dipromote di Portal WinPoin
    • Thread dipromote di seluruh channel sosmed WinPoin (Twitter, Facebook, Google+)

    Promote akan mulai kita lakukan besok (Senin, 25 Agustus 2014) di Portal dan seluruh channel sosial media WinPoin

    Dengan reward tersebut semoga thread kamu jadi populer, serta meningkatkan reputasi dan authority Muh Fazlurrahman K di kalangan pengguna Windows dan Windows Phone Indonesia.

    Utk Rewards dan tips supaya thread bisa masuk ke Thread of the Week selengkapnya bs dibaca disini

    NB: Beberapa waktu lalu kita memberikan Triple Rewards dalam rangka hari kemerdekaan. Kini Triple Rewards tersebut menjadi Rewards baru utk TOTW. Semoga semakin memotivasi kita semua dalam sharing berbagai hal menarik dan bermanfaat di forum ini.
     
  16. harlynatio

    harlynatio Member

    Joined:
    May 20, 2013
    Messages:
    830
    Hmm ane dah make 1 tahun neh tapi baterai masih tahan
     
  17. Mayza MyZone

    Mayza MyZone Super Moderator Staff Member

    Joined:
    Dec 16, 2013
    Messages:
    4,951
    bersyukurlah anda :ketawa:
     
  18. Benhardi

    Benhardi Member

    Joined:
    Jul 17, 2014
    Messages:
    99
    nomor 9,7,3,1 saya banget itu :ketawa:

    oia mas. . kalo WP sering gak charge sampai 100% bisa bermasalah gak ya???

    soalnya saya sering banget cas sampai 70 - 80 % langsung cabut gt karena da mau buru - buru ke kuliah :ketawa:

    kebiasaan saya suka charge WP pada saat tidor jadi kalo da pagi uda 100 % Baterenya

    cuman kalo da sore itu batere uda mulai lowbat :ketawa: jadi mau gak mau cas dolo sebelum kuliah cuman gak pernah bisa 100% karena waktu gak mendukung :ketawa:
     
  19. Muh Fazlurrahman K

    Muh Fazlurrahman K Member

    Joined:
    Jun 21, 2014
    Messages:
    302
    hmm kalo cuman diisi sampe 70-80%, yah nanggung amat mas, si wpnya nnt ngerasa di PHP-in, ada baiknya di charge sampai 100% gan. Soalnya kan jarak waktu antara 80% ke 10% itu lebih sedikit dari jarak waktu antara 100% ke 10%, nah dengan kata lain kalau cuman ngisi nanggung setiap saat artinya lebih banyak intensitas ngecargenya. Trus kalau nge-charge di tinggal tidur, wah bahaya gan, bisa bisa baterai ente bocor. Kan kita tau kalau NOKIA dari jaman HP "Batu" penyakitnya kalau dicharge lama pasti bocor hahaha:ketawa:
     
  20. Benhardi

    Benhardi Member

    Joined:
    Jul 17, 2014
    Messages:
    99
    ya mas. .maunya juga tunggu sampe 100% cuman waktu nya gak mendukung kali. . hahaha. . wahh bearti dari jaman batu sampai jaman metal penyakit nokia gak bisa sembuh" ya. . kalo begitu saya harus begadang tiep malam demi kelangsungan hidup si WP ini full 100%. . hahaha. .thanks banget info nya mas. .
     

Share This Page