1. Hello Guest, selamat datang di Forum WinPoin. Kamu bisa bertanya, berdiskusi, sharing, dan ngobrolin apapun seputar Windows, Windows Phone, PC, Gadget, atau hal seputar Teknologi lainnya. Selamat berkomunitas! ;)

Ask aktivasi win 10

Discussion in 'Windows 10' started by anton1985, Jul 23, 2020.

  1. anton1985

    anton1985 New Member

    Joined:
    Jul 23, 2020
    Messages:
    5
    1.tolong bantu saya masih awam di dunia windows.saya beli laptop buat anak saya setelah 3 bulan laptop eror loading lama saya baca baca di internet tinggal reset pc tapi gagal
    yg jadi permasalahan ya saya pernah disk clean up disitu ada file esd kurang lebih ukuran ya 3,8 gb apakah berpengaruh setelah menghapus file esd jadi gak bisa reset pc????
    2.jika saya melakukan clean install windows 10 ya bagaimana aktivasi ya soal ya pas beli gak ada serial key ya ??? apakah benar tinggal masukin microsoft account setelah itu windows akan ter aktivasi

    terima kasih mohon di bantu
     
  2. anton1985

    anton1985 New Member

    Joined:
    Jul 23, 2020
    Messages:
    5
     
  3. kuspoes

    kuspoes Member

    Joined:
    Nov 4, 2019
    Messages:
    87
    1. ESD adalah Electronic Software Download milik Microsoft, file ini dibuat pada saat komputer melakukan download file installer Windows 10 (yg nantinya bisa dikonversi ke ISO via Wim Converter). Pada prinsipnya menghapus file ini tidak berbahaya.
    Namun, sebaiknya file ESD ini dikeep saja karena bisa dipergunakan untuk base Windows settings saat reset Windows.
    Menghapus file ini bisa menyebabkan windows tidak bisa direset/muncul error saat mereset.

    2. Bisakah diinformasikan merk dan tipe laptopnya?
    Untuk sebagian besar laptop sekarang yang datang dengan Microsoft Windows preinstalled (bawaan pabrik/OEM, bukan bawaan toko). Proses aktivasi bisa langsung dilakukan dengan cara mengkoneksikan laptop ke jaringan internet. Namun dengan catatan, gunakan versi Windows yang sama dengan sebelumnya.

    Thanks semoga membantu.
     
  4. anton1985

    anton1985 New Member

    Joined:
    Jul 23, 2020
    Messages:
    5
    makasih bang bantuan ya
    laptop saya merk lenovo slim 1 -14AST windows 10 home single langue Includes office home student.
    saya sudah download file win 10 iso ya di microsoft tapi gak ada pilihan cuma ada download win 10 home sedangka puya saya versi ya windows 10 1909 makasih bang di tunggu solusi ya
     
  5. kuspoes

    kuspoes Member

    Joined:
    Nov 4, 2019
    Messages:
    87
    Double Posting.

    Lihat postingan dibawah ini
     
    Last edited: Jul 24, 2020
  6. kuspoes

    kuspoes Member

    Joined:
    Nov 4, 2019
    Messages:
    87
    Windows 10 Home SL ini cukup susah dicari, tapi kamu bisa coba lihat - lihat disini :
    https://tb.rg-adguard.net/dump.php?p=2&seach=single 1703&str=25&lang=en-US
    Jika kamu ga yakin dengan language apa yang dipakai, silakan gunakan language English International.

    Mungkin ada pertanyaan kenapa harus pakai versi 1703?
    Menurut banyak kabar yang beredar, untuk install ulang Microsoft 10 Home SL sebaiknya mempergunakan base ISO ini. Baru kemudian diupdate via Windows Update untuk mendapatkan pembaharuan terkini.

    Untuk Windows setelah selesai install, aktivasinya cukup dengan sambungkan ke internet saja. Dan Windows akan otomatis mengaktivasi sendiri.

    Untuk Office Home and Student 2019, silakan unduh ISO dari situs Microsoft. Jika sebelumnya sudah punya akun Microsoft, silakan login pakai akun Microsoft tersebut seusai menginstall untuk aktivasi.


    PS:
    1. Jika sudah punya Windows 10 Home v 1909, silakan saja dicoba untuk diinstall kemudian diaktivasi. Jika bisa, tak perlu download ISO diatas.

    2. Meskipun situs di atas sudah terpercaya, sangat saya sarankan untuk memeriksa file integrity ISO yang diunduh, pastikan nilai SHA1 dari file yang diunduh sama dengan nilai SHA1 yang tertera di situs di atas.
    Silakan gunakan Microsoft File Checksum Integrity Verifier yang bisa diunduh di https://www.microsoft.com/en-us/download/details.aspx?id=11533
     
    Last edited: Jul 24, 2020
  7. Michael Parlindungan

    Michael Parlindungan Member

    Joined:
    Apr 20, 2019
    Messages:
    44
    1. Untuk reset PC, bisa masuk ke Advanced Startup. kalau ga bisa masuk ke desktop, bisa melalui file instalasi windows 10 di usb/disk. Untuk file ESD engga berpengaruh buat reset windows, karna file ESD itu file yang isinya instalasi windows 10. Yang berpengaruh itu setauku partisi Recovery di disk drivenya
    ref: https://www.laptopmag.com/articles/windows-10-advanced-startup-options-menu

    2. yap. kalau kita install ulang windows 10, tinggal login ke microsoft account dan konek ke internet untuk aktivasi windows 10, karna lisensi windows 10 itu tersimpannya di motherboard. Tapi harus versi windows yang sama (home/pro). untuk file instalasi windows 10 yang didownload di situs microsoft, itu udh jadi satu semua dari versi home sampai pro, pada saat instalasi windows akan mendetect dan menginstall windows yang sesuai sama lisensi yang ada di laptop itu.
     
  8. kuspoes

    kuspoes Member

    Joined:
    Nov 4, 2019
    Messages:
    87
    Saya baru kali ini membaca kalo file ESD tidak berpengaruh untuk reset Windows.

    Karena file ESD ini ketika fungsi PushButton Reset dijalankan, maka sistem akan mengurai file ESD ini menjadi img/ISO untuk dijadikan installer dasar Windows (seperti reinstall tapi dari dalam Windows/InPlace Upgrade).

    Menghapus file ESD akan membuat fungsi reset tidak bisa dipergunakan dan atau sistem tidak bisa menemukan installer sehingga reset selalu gagal.

    Saya pernah menghapus file ESD via Bit Defender Clean Up Utility, hasilnya?

    Saya tidak bisa mereset Windows dan terpaksa harus install ulang lewat Media Creation Tools. Jika ingin mencoba, silakan hapus file ESD dan coba reset Windows.

    Silakan baca referensi - referensi di tautan ini untuk informasi lebih lengkap: https://www.google.com/search?q=Windows+esd+delete+site:answers.microsoft.com&safe=strict&client=firefox-b-d&channel=trow2&sxsrf=ALeKk03jghbtCqlMLc-vcXJZBDy_AAjKFw:1595592691315&sa=X&ved=2ahUKEwjrsMn87eXqAhWVbysKHeyhCfgQrQIoBHoECAUQBQ&biw=1472&bih=715

    Sedangkan Recovery itu untuk menyimpan data file system tool, dipergunakan jika systemnya kacau dan tidak bisa booting. Setelah booting, PC bisa direset dengan memanfaatkan ESD file, meskipun jika saat mempergunakan recovery drive untuk mereset install windows (akan hilang semua file, setting, dan software terinstall), Recovery akan bermasalah jika ternyata file recovery tersebut (system files) tidak memiliki versi Windows yang sama dengan existing Windows.

    Misalkan recovery USB dibuat saat Windows v 1909, kemudian dipakai di 2004 tentu akan menimbulkan masalah. Karena yang dikembalikan adalah system 1909.

    Bacaan bagus untuk mengerti beda Windows 3R : Restore, Recovery, Reset https://www.nytimes.com/2018/03/08/technology/personaltech/windows-restore-reset-recover.html
     
    Last edited: Jul 25, 2020
  9. Reno Sifana Paksi

    Reno Sifana Paksi New Member

    Joined:
    Apr 17, 2020
    Messages:
    28
    FYI Semenjak Windows 10 May 2020 Update Version 2004 "Reset This PC" Ditambahkan Fungsi Cloud Download (Cloud Download Mendownload dahulu file instalasi nya dari Server Microsoft Sebelum Proses Reset berlangsung. Dari berbagi Sumber). yang Artinya Anda bisa memilih mau Cloud Download atau Local Reinstall.
    Mengutip halaman Winpoin.com Fungsi Fresh Start untuk Reinstall & Hapus bloatware dipindahkan ke "Reset This PC"
    “Fresh start is available for Windows 10 versions prior to 2004. For version 2004 and after, Fresh start functionality has been moved to Reset this PC. To reset your PC, go to Start > Settings > Update & Security > Recovery > Reset this PC > Get Started. Then select Keep my files, choose cloud or local, change your settings, and set Restore preinstalled apps? to No.
     
  10. kuspoes

    kuspoes Member

    Joined:
    Nov 4, 2019
    Messages:
    87
    Thanks but no thanks, kami sudah paham dengan fungsi reset dan perubahan - perubahan di dalamnya.

    Cloud Download hanya cocok untuk yang punya akses internet gegas, maka banyak orang lebih memilih untuk local reinstall lewat install.esd atau mengunduh ISO lewat download manager. Daripada makan hati download file ISO segede itu tetiba putus di tengah jalan.
    Pilihan cloud downloads ga cocok untuk ukuran akses internet orang Indonesia pada umumnya.

    Kembali ke threads, di atas TS sudah menginformasikan bahwa sudah melakukan reset namun gagal, dilanjutkan informasi bahwa pernah menghapus file install.esd saat melakukan clean up. Hal biasa yang sering terjadi adalah setelah menghapus install.esd dan tidak ada update mayor yang dilakukan, maka jika hendak melakukan reset sudah pasti akan mengalami kegagalan.

    Poinnya TS sudah tau gimana melakukan reset dan ingin tau bagaimana cara melakukan install ulang. Sebaiknya kembali fokus bahasan tentang bagaimana membantu TS menyelesaikan masalahnya.
     
    Last edited: Jul 25, 2020
  11. Reno Sifana Paksi

    Reno Sifana Paksi New Member

    Joined:
    Apr 17, 2020
    Messages:
    28
    Iya Tidak di Rekomendasikan Yang pakai tethering pakai HP Apalagi paketan pakai kuota bisa habis 3.5 sampai 4 GB. Lain lagi Ceritanya kalau pakai ISP Indihome, First Media, MyRepublic.
    Sorry Saya tidak tahu amat. :sungkem: pernah mau Reset di tengah jalan gagal saat preparing. ya jalan alternatif nya kalau Error fatal seperti RPC.dll error ya saya install ulang lewat Rufus. saya pilih "Custom install Windows only (advanced)" tanpa Format Partisi C: (Data pindah ke folder Windows.old) untungnya driver saya cocok tidak pernah BSOD.
    SEKIAN. :sungkem:
     
  12. anton1985

    anton1985 New Member

    Joined:
    Jul 23, 2020
    Messages:
    5
    bang aku udah nanggung download win 10 yg di situs microsoft ya skrg tinggal di bikin bootable ke flasdisk ???
    1.kalo bikin bootable pake rufus atau ada software bawaan microsoft ya
    2.sekarang saya akan install pake win 10 yg hasil download di microsoft itu kata abang sudah pasti berbeda win 10 ya kalo saya coba install apakah ada kemungkinan aktivasi ya berhasil melalui online setelah beres install windows ya ???
    makasih bang di tunggu jawabanya
     
  13. kuspoes

    kuspoes Member

    Joined:
    Nov 4, 2019
    Messages:
    87
    1. Bisa pakai rufus, caranya mirip - mirip dengan yang dipost ini : https://forum.winpoin.com/threads/gagal-terus-instal-windows-10.17973/#post-165060

    2. Lenovo menyimpan lisensi Windows di dalam chip BIOS/EPROM, sehingga jika perangkat diinstall ulang, maka sistem akan otomatis mengambil data lisensi dari BIOS/EPROM dan kemudian mengaktivkan Windows secara otomatis saat laptop terhubung ke internet.
    Pengalaman (saya pakai banyak sekali PC/Desktop/Laptop merk Lenovo) selama ini begitu, tak perlu login dulu ke akun mincrosoft. Meskipun begitu, tidak masalah jika mau login dulu ke akun microsoft untuk aktivasi, sekaligus aktivasi untuk Microsoft Office Home and Student yang kamu sebut menjadi bundling itu.

    Mengenai jenis lisensi, Windows memiliki banyak tipe lisensi beberapa diantaranya adalah Home SL, Home Basic, Pro dll. Tentu saja lisensi Home tidak bisa dipakai di Pro maupun sebaliknya. Saya pernah salah install Windows 10 Pro dengan lisensi key Home dan system menolak untuk aktivasi. Sehingga saya harus melakukan install ulang dengan ISO yang benar Windows 10 Home.

    Tapi itu dulu, untuk saat ini saya belum pernah mencoba lagi.

    Silakan dicoba install Windows 10 apa saja yang dimiliki, dan dicoba aktivasi. Syukur - syukur bisa berjalan dengan baik.
     
  14. Reno Sifana Paksi

    Reno Sifana Paksi New Member

    Joined:
    Apr 17, 2020
    Messages:
    28
    @kuspoes (y)(y)(y)(y)
     

Share This Page