1. Hello Guest, selamat datang di Forum WinPoin. Kamu bisa bertanya, berdiskusi, sharing, dan ngobrolin apapun seputar Windows, Windows Phone, PC, Gadget, atau hal seputar Teknologi lainnya. Selamat berkomunitas! ;)

Share Alasan Kalian Harus Ganti dari HDD ke SSD

Discussion in 'Hardware' started by vinsenliu, Mar 6, 2019.

  1. vinsenliu

    vinsenliu Well-Known Member

    Joined:
    Oct 27, 2013
    Messages:
    1,108
    SSD (Solid Slate Drive) adalah Penyimpanan Tidak bergerak dan tidak memakai piringan magnetik atau semacamnya, Sebagai pengantinya SSD menggunakan Flash Memory.

    SSD sudah dibuktikan kecepatannya dibandingkan HDD Magnetik. Namun, Masih banyak orang yang masih pakai HDD. Padahal SSD aja harganya udah murah. Sayangnya, ini bukan pilihan user memakai HDD. Melainkan ada beberapa OEM yang masih aja memasukan HDD ke dalam Laptop low-mid mereka, termasuk segmen harga 5 jt.

    Pada thread kali ini, Saya akan memberikan Alasan mengapa anda harus ganti HDD ke SSD

    1. Hemat Daya

    upload_2019-3-6_2-29-7.png

    Menurut Pengalaman Saya... Yang paling Saya rasakan saat ganti ke SSD adalah Baterai Laptop menjadi awet. Ini dikarenakan tidak ada piringan atau sesuatu yang bergerak di penyimpanan. Sehingga Daya tidak akan terbuang sia-sia hanya karena Piringan Magnetik HDD.

    2. Tahan Guncangan

    [​IMG]
    Sumber: kalian tau lah ini siapa...

    Pernah gak dengar Teknisi bahwa "Bawa Hardisk nya jangan sampe terguncang ya"...

    Yap, Saya sering kali mendengar kata itu dan itu memang benar. Karena HDD pake piringan dan kalau terguncang akan menyebabkan piringan tergores dan bad sector berat sehingga HDD tidak bisa dipakai lagi karena bad sector

    Namun itu tidak berlaku lagi untuk SSD.... Namun tetap aja jangan dibanting....

    3. Waktu Produktivitas dan Kesehatan Tubuh

    Pernah gak sih dikejar sama Client atau Dosen (Bagi Mahasiswa) buat presentasi terus buka Powerpoint lama gak kelar-kelar?

    Well, itu kisah saya saat masih pake HDD... Buka Powerpoint aja lama banget... Hingga kelompok presentasi saya harus diskip dulu... sampe Powerpoint terbuka (dan penyebabnya pasti karena Windows Update)

    Bahkan, Saya kadang sering naik darah gara-gara aplikasi buat kerjain tugas lama banget dibuka... Sehingga mood buat kerjain udah gak ada... Kepala juga udah pusing

    Nah, Berkat kecepatan SSD yang bisa diandalkan... Kerjaan kalian bisa cepat selesai dan penggunaan waktu produktivitas bisa efisien.. dan kalian gak bakal naik darah lagi..


    Well, Begitulah alasan kalian harus ganti HDD ke SSD... Semoga bermanfaat bagi kalian yang mengeluh kenapa laptop kalian lemot...
     
  2. Rizal Faisal Akbar

    Rizal Faisal Akbar Well-Known Member

    Joined:
    Sep 9, 2015
    Messages:
    2,483
    enggannya orang pindah dari HDD ke SSD mungkin salah satunya adalah kapasitasnya dan tingkat keawetannya.
    mungkin dari 2 faktor tersebut masih cukup banyak yang memilih HDD dibanding SSD.
    ya meski kadang malah bikin naik pitam makenya
     
  3. vinsenliu

    vinsenliu Well-Known Member

    Joined:
    Oct 27, 2013
    Messages:
    1,108
    Gua sih prediksi tahun depan... SSD 500 GB bakal sama harganya dengan HDD... Karena semakin murahnya SSD untuk didapatkan bahkan menjadi Kebutuhan yang wajib di setiap Komputer...
     
  4. Rizal Faisal Akbar

    Rizal Faisal Akbar Well-Known Member

    Joined:
    Sep 9, 2015
    Messages:
    2,483
    semoga aja SSD bener bener bisa bersaing secara harga kedepannya.
     

Share This Page