1. Hello Guest, selamat datang di Forum WinPoin. Kamu bisa bertanya, berdiskusi, sharing, dan ngobrolin apapun seputar Windows, Windows Phone, PC, Gadget, atau hal seputar Teknologi lainnya. Selamat berkomunitas! ;)

Alasan Skema Piramida Sistem Bisnis yang Berbahaya

Discussion in 'General' started by esabet146, Nov 25, 2019.

  1. esabet146

    esabet146 New Member

    Joined:
    Nov 25, 2019
    Messages:
    3
    Akhir-akhir ini kita sering mendengar kabar maraknya kasus penipuan berkedok bisnis dengan menggunakan skema piramida. Kata skema piramida ini sering disebutkan di pemberitaan sebagai sistem yang berbahaya dan rentan merugikan banyak orang terutama pelaku baru atau anggota yang baru bergabung.


    Berikut ini beberapa alasan mengapa skema piramida berbahaya dalam bisnis:

    1. Menjanjikan keuntungan yang besar
    hal ini dilakukan agar banyak anggota baru yang bergabung kedalam jaringan dan mengembangkanya untuk mendapatkan anggota yang lain

    1. Perekrutan anggota baru secara terus menerus
    Dalam skema piramida ini, keuntungan didapat dari hasil iuran atau modal dari anggota yang baru direkrut sebagai anggota

    1. Hasil dana perekrutan digunakan untuk komisi anggota senior dalam jaringan skema
    hal ini sudah sangat jelas merugikan, selain tidak jelas tentunya akan merugikan anggota yang baru direkrut


    Alasan tersebut diperkuat dengan Permendag no 70 tahun 2019 pasal 30 yang lebih merinci usaha yang tergolong dalam skema piramida adalah setiap usaha yang memiliki rincian sebagai berikut:


    1.Komisi dan/atau Bonus diperoleh dari iuran keanggotaan atau perekrutan Penjual Langsung.

    2.Menerima pendaftaran keanggotaan sebagai penjual langsung dengan identitas yang sama dan hak usaha lebih dari 1 kali

    3.Program pemasaran (marketing plan) menghasilkan komisi dan/atau bonus ketika perusahaan tidak melakukan penjualan barang.


    undanng -undang tersebut merupakan penyempurnaan dari peraturan permendag sebelumnya yang mengatur skema piramida Permendag no 23 tahun 2008.Sementara itu skema piramida ini awalnya dikenal dengan skema ponzi yang diciptakan dan dipopulerkan oleh Charlez Ponzi ditahun 1920-an.
     

Share This Page