1. Hello Guest, selamat datang di Forum WinPoin. Kamu bisa bertanya, berdiskusi, sharing, dan ngobrolin apapun seputar Windows, Windows Phone, PC, Gadget, atau hal seputar Teknologi lainnya. Selamat berkomunitas! ;)

Analisis: Micosoft Mengambil Langkah yang Salah Mematikan OS Windows XP

Discussion in 'Windows Jadul' started by ilhamajah04, Mar 14, 2014.

  1. ilhamajah04

    ilhamajah04 Well-Known Member

    Joined:
    Nov 27, 2013
    Messages:
    4,727
    Umur Windows XP hanya tersisa sekitar 2 mingguan lagi. Namun ada analis yang mengatakan bahwa, mematikan operating system itu sama saja dengan Microsoft mengambil langkah yang salah.

    Dikatakan mengambil langkah yang salah karena sampai sekarang dari semua operating system untuk PC milik Microsoft, Windows XP bertengger di posisi ke dua di bawah Windows 7.

    Diperkirakan sampai sekarang masih ada sekitar 500 juta pengguna Windows XP tersebar di seluruh dunia. Dari jumlah tersebut, masih banyak juga perusahaan serta perangkat seperti ATM yang menggunakan operating system tersebut.

    Dikarenakan sistemnya yang relatif stabil dan tidak memakan banyak memori, ada perkiraan bahwa walaupun Microsoft sudah mengabarkan Windows XP akan berakhir serta menyarankan untuk upgrade ke operating system level di atasnya, namun kemungkinan tidak banyak orang yang mau beralih dan melakukan upgrade.

    Dikutip dari PC Mag (12/03), diibaratkan saja apabila Microsoft menarik ongkos penggunaan produknya minimal USD 1 per pengguna, maka dalam satu tahun saja diperkirakan akan terkumpul sekitar dana segar sekitar USD 6 miliar.

    Apalagi hal itu ditambah dengan tim pengembang Windows XP melakukan pembenahan serta memperbaiki setiap celah keamanan dari operating system tersebut, maka dapat dibayangkan berapa banyak lagi orang yang akan tetap betah menggunakannya juga mungkin akan bertambah banyak.

    Sayangnya, Microsoft lebih melakukan langkah frontal dengan rencana mengakhiri hidup Windows XP karena perusahaan ini ingin semua penggunanya beralih menggunakan minimal Windows 8 atau produk terbaru mereka yang sampai sekarang masih terseok di papan bawah karena popularitasnya tidak begitu melejit.

    Bahkan, ada rumor yang katakan, Microsoft juga berencana untuk membunuh secara perlahan Windows 7 ketika operating system di atas Windows 8 sudah mulai bermunculan.Apakah anda sependapat dengan analisis?
    http://www.merdeka.com/teknologi/analis-bunuh-windows-xp-microsoft-ambil-langkah-salah.html

    Edited: benerin judul yang typo
     
  2. Jazz

    Jazz Super Moderatór Staff Member

    Joined:
    Jan 6, 2014
    Messages:
    14,731
    RE: Analisis:Micosoft Mengambil Langkah yang salah memaikan Os windows XP

    Sependapat

    Yaya Namanya juga Fast Life Microsoft, dan Microsoft Tidak ingin Kalah dengan OS laiinnya walaupun Microsoft yg Memegang Sebagian Pengguna OS Di Seluruh Dunia, Tetap saja byk lagi Trobosan OS baru...Contohnya Windows 8.1 Update dan Windows 9... Mungkin Di Saat Windows 9 Baru Buming Bakal ada Rencana buat OS Baru yaitu Windows 10 dan Akhirnya Windows 8 Pun ada DIBUNUH Secara Perlahan

    Menurutmu apa Sob ilham?
    :kagum:
     
  3. Ambrizal Suryadinata

    Ambrizal Suryadinata Saya Ganteng Staff Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    2,587
    RE: Analisis:Micosoft Mengambil Langkah yang salah memaikan Os windows XP

    Ya sependapat dengan analisis ini.

    Karena mungkin bisa kita bilang kalau Microsoft merilis Windows 8 keatas dengan sangat cepat jadwal perilisannya dibanding OS sebelumnya, coba pikirin Windows 8 dirilis pada tahun 2013 lalu ( saya lupa ) setelah menuai protes Windows 8.1 lahir pada pertengahan tahun dan hampir mendekati akhir tahun. nah setelah itu lagi Microsoft rencananya Windows 8.1 With bing akan dirilis sebelum Windows 8.1 Update di sebarkan ke publik, jika Windows 9 benar akan dirilis tahun ini atau akhir tahun berarti saya bisa menganggap Microsoft tidak konsisten dengan OSnya sendiri dan langkah mematikan Windows XP secara paksa itu adalah kesalahan besar.
     
  4. Febian

    Febian Administrator Staff Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    8,032
    Kl dari segi bisnis, g ada yg salah dengan strategi Microsoft

    Setiap perusahaan membutuhkan cash flow..aliran dana..dan Windows XP sudah tidak bisa lagi memberikan itu.
    Pengguna XP adalah pengguna lama yang sudah membeli XP dari jaman dulu (sumber cashflow Microsoft jaman dulu), dan update serta patch terus diberikan Microsoft secara gratis sebagai layanan dan pertanggungjawaban mereka pasca pembelian. Tetapi mau sampai kapan mereka tidak mendapatkan banyak pemasukan dari XP sedangkan mereka tetap harus membayar team developer yang merilis patch, update, dsb?

    Sebagai produsen, Microsoft harus terus membuat produk baru dan menjualnya sebagai sumber cashflow. Nah kalau produk baru tersebut tidak begitu laku karena orang2 masih bertahan menggunakan produk lamanya, maka harus ada strategi untuk mengarahkan pengguna membeli produk baru mereka sehingga cashflow kembali lancar.

    Belum lagi fokus bisnis Microsoft yg berubah dari Software Company menjadi Device n Support Company, dan XP tidak selaras dengan fokus baru Microsoft ini. Windows 8 dan Windows Phone 8 lah OS yang bakal selaras dengan fokus baru perusahaan mereka..menjadi device n software company..melalui Windows/Windows Phone store dan berbagai integrasi layanan Microsoft didalamnya.

    Jd menurutku strategi ini lebih kepada strategi penyelamatan perusahaan. Kl ini tidak dilakukan, bukan tidak mungkin kedepannya Microsoft bakal terseok-seok menghadapi gempuran persaingan dari Mac dan Google.

    Sebuah produk bs terus disupport jika menggunakan metode recurring payment (misal dibayar bulanan, dsb)..tetapi jika metodenya one time payment (sekali bayar), maka produk tersebut pasti memiliki life cycle..masa end support. Kenapa? Karena sang perusahaan butuh aliran cashflow lagi dari produk barunya

    just my 2 cents
    :cool:
     
  5. Mayza MyZone

    Mayza MyZone Super Moderator Staff Member

    Joined:
    Dec 16, 2013
    Messages:
    4,951
    Dilema bagi microsoft,,, sungguh berat masalahnya,,,,
     
  6. marwanto.se

    marwanto.se New Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    7,659
    Menurut saya, langkah Microsoft itu sebenarnya memang salah kaprah. Seharusnya Microsoft menghentikan support ke OS/software yang kurang populer (Windows Vista, Office 2003), kecuali Windows 8/8.1), dan mengajak seluruh pengguna Windows XP ke OS yang lebih baru dengan cara yang lebih halus.
    (seperti; pelatihan cara penggunaan OS/software baru tersebut, sosialisasi fitur-fitur baru dari OS/software baru tersebut)..

    Barulah nanti kalo Windows XP udah jarang/sedikit yang pake, barulah dihentikan support-nya. :sokganteng:

    [hr]

    Kalo MIcrosoft masih terus dengan kebijakannya tersebut, lama-kelamaan pengguna juga akan terus-menerus disuruh/dipaksa upgrade ke OS baru apabila OS baru tersebut sudah keluar. :woa:
     
  7. Jazz

    Jazz Super Moderatór Staff Member

    Joined:
    Jan 6, 2014
    Messages:
    14,731
    Tapi menurut Icha wajar saja kalau Begini mah... Jelas kalau Trobosan Microsoft itu Bagus-bagus ya kalaupun Windows 8 Pertama kali Sulit bgt di Terima karena Perombakan Tampilan barunya... Seharusnya konsumen juga bisa sedikit Beradaptasi dengan hal baru...Kalau diam di Tempat kapan mau majunya?
    :cool:
     
  8. Mayza MyZone

    Mayza MyZone Super Moderator Staff Member

    Joined:
    Dec 16, 2013
    Messages:
    4,951
    mungkin sebagian orang sependapat dengan Icha,, tetapi dalam kenyataannya.... ??? LEBIH DARI 500 JUTA PENGGUNA masi memakai XP,, Jelas ini masalah yg sulit bagi microsoft untuk menghentikan XP, dan pindah OS,, mungkin ada cara yg lebih halus untuk memindahkan XP ke 7/8... :cool:
     
  9. Febian

    Febian Administrator Staff Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    8,032
    Semua hanya masalah waktu
    Nanti pengguna Windows Vista, Windows 7, bahkan kita yang menggunakan Windows 8 saat ini akan mengalami perlakuan yang sama

    Kapan..?? Ini dia jadwalnya..kita masih nunggu antrian
    :imut2:
     
  10. Mayza MyZone

    Mayza MyZone Super Moderator Staff Member

    Joined:
    Dec 16, 2013
    Messages:
    4,951
    Sungguh dilema besar bagi microsoft,, huft,,
     
  11. Jazz

    Jazz Super Moderatór Staff Member

    Joined:
    Jan 6, 2014
    Messages:
    14,731
    2023 Mimin
    :ketawa:
    Mungkin Icha dh Pindah OS Ke Windows 10, dan Sudah Dewasa
    :kagum:
     
  12. marwanto.se

    marwanto.se New Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    7,659
    Kalo Windows 8, supportnya akan diberhentikan pada 19 Oktober 2014 ini, 1 tahun sejak perilisan Windows 8.1.

    Sedangkan bagi yang sudah pake Windows 8.1, supportnya masih akan terus berlangsung hingga 2023 nanti :goodjob:
     
  13. stefanus aggasia

    stefanus aggasia Active Member

    Joined:
    Nov 8, 2013
    Messages:
    3,004
    aku setuju dengan pendapat om Febian dan kak Icha, kalau microsoft tidak memaksa pengguna os xp untuk upgrade dari mana mereka mendapatkan aliran dana yang masuk , lagipula microsoft sudah menberitaukan akan penghentian support os xp sudah jauh jauh hari diberi tau, jadi menurutku itu adalah sebuah waktu yang cukup untuk melakukan upgrade.
    sekarang tinggal dari kitanya MAU atau TIDAK !!!
    :goodjob::goodjob:
     

Share This Page