1. Hello Guest, selamat datang di Forum WinPoin. Kamu bisa bertanya, berdiskusi, sharing, dan ngobrolin apapun seputar Windows, Windows Phone, PC, Gadget, atau hal seputar Teknologi lainnya. Selamat berkomunitas! ;)

Apa itu Kamera Mirrorless ?

Discussion in 'Hardware' started by ryoknk, May 19, 2015.

  1. ryoknk

    ryoknk New Member

    Joined:
    Mar 26, 2015
    Messages:
    26
    [​IMG]

    Mirrorless Interchangeable-Lens Camera (MILC) atau biasa disebut dengan kamera mirrorlessadalah salah satu jenis kamera digital yang mulai digemari sejak kemunculannya pada tahun 2008. Singkatnya, kamera mirrorless adalah kamera yang mirip DSLR namun tidak memakai cermin.

    Kamera mirrorless adalah jawaban dari kebutuhan masyarakat saat ini yang ingin memiliki kualitas hasil yang baik, serta kecepatan dan kontrol manual penuh seperti DSLR, namun ingin praktis, mudah digunakan, serta harganya yang relatif terjangkau seperti kamera saku.

    Berikut ini adalah karakteristik dari kamera mirrorless :
    • Ukuran yang relatif lebih kecil
    • Jauh lebih ringan dibandingkan dengan DSLR
    • Kualitas hasil foto yang baik dan hampir sama dengan DSLR
    • Ukuran sensor yang setara dengan DSLR kelas menengah
    • Lensa yang dapat diganti
    • Harga relatif lebih murah dibandingkan DSLR
    Lalu apa yang membedakan kamera mirrorless dengan DSLR?

    [​IMG]
    Perbedaan Cara Kerja DSLR dan Kamera Mirrorless​

    Kamera DSLR membutuhkan cermin (mirror) untuk memunculkan gambar di viewfinder. Sedangkan kamera mirrorless menghilangkan cermin tersebut. Hal ini dapat memperkecil ukuran dan berat kamera, serta lebih menghemat harga, namun Anda akan kehilangan viewfinder optik, oleh karena itu kameramirrorless menggunakan sistem viewfinder elektronis (EVF – electronic viewfinder), namun ada beberapa merk tertentu yang tetap memiliki viewfinder optik. Kualitas foto kamera mirrorless juga tidak kalah dengan DSLR karena ukuran sensor yang relatif sama.

    Apa saja yang perlu Anda miliki?

    Pada saat Anda memutuskan untuk membeli sebuah kamera mirrorless itu sama hal nya dengan membeli kamera DSLR, Anda harus membangun sebuah sistem kamera secara lengkap untuk mendapatkan kualitas gambar yang Anda harapkan. Selain Anda membeli kamera itu sendiri, Anda juga harus membeli lensa yang sesuai dengan kamera Anda, juga aksesoris penunjang lainnya.

    Sumber : http://kliknklik.com/
     

Share This Page