1. Hello Guest, selamat datang di Forum WinPoin. Kamu bisa bertanya, berdiskusi, sharing, dan ngobrolin apapun seputar Windows, Windows Phone, PC, Gadget, atau hal seputar Teknologi lainnya. Selamat berkomunitas! ;)

Share Apa Proses Spooler SubSystem App itu dan Mengapa Ini Berjalan di PC Saya?

Discussion in 'Windows 10' started by dwi herawati susan, Sep 12, 2017.

  1. dwi herawati susan

    dwi herawati susan New Member

    Joined:
    Aug 23, 2017
    Messages:
    10
    Jika Anda membuka task manager Anda, Anda mungkin akan melihat sebuah proses bernama "Spooler SubSystem App", "Print Spooler", atau spoolsv.exe. Proses ini adalah bagian normal dari Windows dan menangani pencetakan. Jika proses ini konsisten menggunakan sumber daya CPU dalam jumlah tinggi di sistem Anda, berarti ada masalah atau ada virus yang menyusup menyamar sebagai "Spooler SubSystem App", "Print Spooler", atau spoolsv.exe.

    Apa Proses Spooler SubSystem App itu dan Mengapa Ini Berjalan di PC Saya?

    Spooler SubSystem App adalah bagian dari proses yang ada windows sama halnya seperti winlogon.exe, Runtime Broker, svchost.exe, dwm.exe, ctfmon.exe, rundll32.exe, Adobe_Updater.exe, dan banyak lainnya yang ada di task manager. Di postingan ini yang share adalah Spooler SubSystem App.

    Proses yang bernama Spooler SubSystem App, dan file dasarnya bernama spoolsv.exe. Ini bertanggung jawab untuk mengelola pekerjaan pencetakan dan faks di Windows.

    Saat Anda mencetak sesuatu, tugas cetak dikirim ke print spooler , yang bertanggung jawab menyerahkannya ke printer. Jika printer offline atau sibuk, layanan print spooler yang menghandle perintah tersebut sampai printer tersedia atau dihidupkan.

    Proses ini juga menangani interaksi lain dengan printer Anda, termasuk konfigurasi printer. Anda tidak dapat melihat daftar printer yang terpasang jika Anda menonaktifkan aplikasi ini. Anda memerlukan proses ini jika Anda ingin mencetak atau mengirim faks pada PC Windows Anda.

    Mengapa Menggunakan CPU Begitu Banyak?

    Proses ini biasanya tidak menggunakan banyak sumber daya komputer Anda. Ini akan menggunakan beberapa sumber daya CPU dan itupun hanya saat ada perintah mencetak, dan itu normal.

    Dalam beberapa kasus, penggunaan CPU yang tinggi dari proses spoolsv.exe, hal ini mungkin karena masalah di sistem pencetakan Windows. Kemungkinan masalah bisa termasuk antrian cetak yang penuh, bug dari driver atau utilitas printer, atau printer yang salah dikonfigurasikan.

    Jika anda berada di situasi ini, sebaiknya jalankan printing troubleshooter Windows. Pada Windows 10, pilih Settings> Update & security> Troubleshoot dan jalankan Printer troubleshooter. Pada Windows 7, Anda akan menemukan Printer troubleshooter di bawah Control Panel> System and Security> Find and Fix Problems. Ini akan mencoba untuk secara otomatis menemukan dan memperbaiki masalah yang berkaitan dengan pencetakan.

    Jika printing troubleshooter tidak dapat menemukan dan memperbaiki masalah, temukan daftar printer yang terinstal. Pada Windows 10, pilih Settings> Devices> Printers & Scanners. Pada Windows 7, masuk ke Control Panel> Hardware and Sound> Devices and Printers. Buka setiap antrian printer dengan mengklik printer dan klik "Open queue" pada Windows 10, atau dengan mengklik dua kali printer di Windows 7. Jika ada pekerjaan cetak yang tidak Anda perlukan pada printer mana pun, klik kanan pilih "Batal". Anda bisa klik Printer> Cancel All Documents di jendela antrian cetak.

    Dalam beberapa kasus, Anda mungkin harus menghapus semua printer yang Anda pasang dan kemudian menggunakan wizard "Add a printer" untuk menambahkan dan mengkonfigurasi ulang. Anda bahkan mungkin perlu menghapus driver printer dan utilitas Anda dan menginstal yang terbaru dari situs web produsen.

    Apakah aplikasi ini boleh nonaktifkan?

    Tidak ada alasan untuk menonaktifkan proses ini. Aplikasi ini diperlukan setiap kali Anda ingin mencetak (atau mengirim faks). Jika dalam keadaan normal aplikasi ini hampir tidak menggunakan sumber daya CPU anda (jika Anda tidak menggunakan printer).Namun, Windows akan memungkinkan Anda untuk menonaktifkan proses ini.

    Jika Anda benar-benar ingin menonaktifkan proses ini,buka aplikasi Layanan dengan menekan Windows + R, ketikkan "services.msc", dan tekan Enter.

    Cari "Print Spooler" dalam daftar layanan dan klik dua kali.

    Klik tombol "Stop" untuk menghentikan servis dan proses spoolsv.exe dan otomatis akan hilang dari Task Manager.

    Anda juga dapat mengatur jenis startup ke "Disabled" agar spooler tidak berjalan secara otomatis saat Anda memulai PC Anda.

    Tapi ingat, Anda tidak dapat mencetak, mengirim faks, atau bahkan melihat daftar printer yang terinstal sampai Anda mengaktifkan kembali layanan ini.

    Apakah ini virus?

    Proses ini adalah bagian dari Windows. Namun, beberapa aplikasi malware mencoba menyamarkan diri mereka sebagai proses Windows yang sah untuk menghindari deteksi. File sebenarnya bernama spoolsv.exe dan terletak di C: \ Windows \ System32.

    Untuk memeriksa lokasi file, klik kanan proses Spooler SubSystem App di Task Manager dan pilih "Open file location".

    file yang benar berada di : spoolsv.exe di C: \ Windows \ System32.

    Jika Anda melihat file di lokasi lain, ada kemungkinan virus atau malware yang mencoba menyamarkan dirinya sebagai proses spoolsv.exe. Jalankan pemindaian dengan aplikasi antivirus pilihan Anda untuk menemukan dan memperbaiki masalah pada sistem Anda.
     
    • Informatif Informatif x 1
  2. NubieBytes

    NubieBytes Member

    Joined:
    Sep 6, 2017
    Messages:
    91
    Saya jadi ingat ama virus spool, munculnya mungkin kalo gak salah di tahun 2010 atau 2012 atau mungkin tahun sebelum itu... Nama kerennya Backdoor:Win32/Koceg.gen!A ato Backdoor:Win32/Koceg.B.

    Tapi sekarang sudah gak pernah terdengar lagi ada yang terinfeksi.

    Sebenarnya kita bisa antisivasi melalui Rule HIPS pada antivirus yang kita pakai. Setting dimulai setelah fresh install, setelah semua aplikasi & printer, dan periperal lain terinstal jalan mulus.. Masukkan spoolsv.exe ke HIPS Rule. Allow yang benar² fresh.

    Pertama pasang di Action ↝ Ask. Supaya Anti-Virus uji jalan, dia akan ngasih kotak dialog untuk di Allow ato Reject. Allow/Accept. Lalu setelah dipastikan posisi file spoolsv.exe "C:\Windows\System32\" ubah Ask menjadi Allow.

    Jadi HIPS Rule otomatis memberi izin eksekusi, jika dikemudian hari ada dialog box pertanyaan Accept/Allow atau Reject. Kita bisa cek asal muasal itu file. Klo saya jika itu muncul langsung Reject. Karena spoolsv.exe di sistem saya sudah diperkenalkan pada Antivirus.
    [​IMG]
    P.S: No Spool No Print
     
    Last edited: Sep 12, 2017
    • Like Like x 1
  3. dwi herawati susan

    dwi herawati susan New Member

    Joined:
    Aug 23, 2017
    Messages:
    10
  4. Krisnanda Juni Antara

    Krisnanda Juni Antara Moderator Staff Member

    Joined:
    Apr 21, 2014
    Messages:
    2,503
    Nice Info mba, sangat informatif ^^
     

Share This Page