1. Hello Guest, selamat datang di Forum WinPoin. Kamu bisa bertanya, berdiskusi, sharing, dan ngobrolin apapun seputar Windows, Windows Phone, PC, Gadget, atau hal seputar Teknologi lainnya. Selamat berkomunitas! ;)

Share Apple Translate vs Google Translate: Mana Yang Lebih Baik?

Discussion in 'General' started by dwi herawati susan, Jul 1, 2020.

  1. dwi herawati susan

    dwi herawati susan New Member

    Joined:
    Aug 23, 2017
    Messages:
    10
    [​IMG]

    Dengan rilis iOS 14, Apple telah memperkenalkan aplikasi Apple Translate baru yang bersaing langsung dengan aplikasi Google Translate ( Android / iOS ). Aplikasi ini menampilkan UI bersih dengan fitur unggulan termasuk mode terjemahan, kemampuan untuk menyimpan frasa, terjemahan offline, dan banyak lagi.

    Apple Translate vs Google Translate
    Kita akan membandingkan Apple Translate dan Google Translate di berbagai bidang. Kita telah membuat bagian untuk setiap perbandingan fitur. Berikut semua poin yang akan kita bahas dalam thread ini:

    • Antarmuka pengguna
    • Dukungan bahasa
    • Ketepatan
    • Dukungan Offline
    • Fitur lainnya

    1. Antarmuka Pengguna
    Sejauh menyangkut User Interface, saya lebih suka pendekatan Apple. Tidak hanya UI lebih bersih, tetapi juga mudah digunakan. Agan mendapatkan dua tombol di bagian atas di mana Agan dapat memilih bahasa, bagian tengah yang menunjukkan terjemahan, dan bidang bawah di mana Agan bisa mengetik atau mengucapkan kalimat yang ingin Agan terjemahkan.

    Meskipun Google Translate juga mudah digunakan, saya menemukan bahasa desain Apple lebih menyenangkan untuk digunakan. Satu hal yang saya sukai dari Google Translate adalah tombol salin yang memungkinkan Agan dengan mudah menyalin teks yang diterjemahkan. Di Apple Translate, Agan harus menahan dan memilih teks seperti yang Agan lakukan di UI iOS mana pun. Ini tidak sulit, tetapi juga tidak semudah yang ditawarkan Google.

    Secara keseluruhan, saya merasa bahwa siapa pun dapat terbiasa menggunakan kedua aplikasi ini dalam hitungan menit. Jadi saya tidak akan memberikan poin ini ke salah satu layanan. Ini hanya masalah preferensi pribadi. Saya lebih suka eksekusi Apple, tetapi Agan mungkin lebih condong ke bahasa desain Google. Yang bagus adalah kedua aplikasi itu mudah digunakan.

    2. Dukungan Bahasa
    Ini adalah bagian di mana Google Translate menang dengan mudah. Karena Apple baru saja meluncurkan aplikasi terjemahannya, saat ini, hanya mendukung 11 bahasa yaitu bahasa Arab, Cina, Inggris, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Korea, Portugis, Rusia, dan Spanyol.

    Di sisi lain, Google Translate mendukung sebagian besar bahasa utama di dunia. Saat ini, Agan dapat menerjemahkan antara 103 bahasa , suatu prestasi yang Apple perlukan setidaknya beberapa tahun bahkan untuk mengalahkannya.

    Dari 103 bahasa yang didukung, hanya 43 bahasa yang mendukung percakapan dua bahasa dengan cepat. Meskipun masih lebih dari 11 bahasa Apple, Agan harus mengingatnya. Dukungan 103 bahasa adalah untuk konversi teks dan bukan terjemahan percakapan real-time.

    Apple Translate telah diluncurkan dengan 11 bahasa dengan dukungan untuk percakapan teks dan bilingual dengan cepat. Dan Apple akan menambahkan lebih banyak bahasa di masa depan. Yang sedang berkata, kami melakukan belas kasihan sekarang dan tidak di masa depan, jadi Google memenangkan ronde ini.

    3. Akurasi
    Ini adalah fitur yang sulit untuk saya uji. Itu karena Apple Translate tidak mendukung bahasa Indonesia saat ini. Jadi, saya tidak tahu seberapa akurat terjemahan yang diberikannya. Selain itu, karena keakuratan terjemahan dapat berubah tergantung pada bahasa yang Agan gunakan, menjadi sulit untuk menentukan keakuratan keseluruhan aplikasi terjemahan mana pun.

    4. Dukungan Offline
    Google dan Apple mendukung terjemahan offline. Ini adalah fitur yang sangat berguna karena memungkinkan Agan untuk melanjutkan percakapan tanpa memerlukan koneksi jaringan apa pun. Apple mendukung terjemahan offline untuk semua bahasa yang didukungnya. Agan perlu mengunduh paket bahasa dengan mengetuk tombol unduh sebelum Agan dapat mengakses fitur ini.

    Google Translate mendukung terjemahan offline untuk 59 bahasa dari 103 bahasa yang didukung. Seperti Apple Translate, Agan harus mengunduh paket bahasa dengan mengetuk tombol unduh. Sekali lagi, Google unggul dalam hal ini.

    Karena Apple Translate ini masih baru, jelas masih sederhana dalam set fiturnya. Agan dapat mengetik atau berbicara teks untuk diterjemahkan. Google Translate di sisi lain telah ada selama bertahun-tahun dan menawarkan lebih banyak opsi input.

    Selain teks dan ucapan, Agan juga dapat menerjemahkan teks di dalam gambar dengan mengambil atau mengimpor foto (berfungsi dengan 50 bahasa). Ini juga mendukung pengenalan tulisan tangan, sehingga memungkinkan Agan untuk menggambar karakter teks daripada mengetik (berfungsi dengan 95 dari 103 bahasa yang didukung).

    Baik Google dan Apple Translate memungkinkan Agan untuk frasa favorit, sehingga lebih mudah untuk mengakses frasa yang paling sering digunakan. Namun, Google juga menyinkronkan ungkapan-ungkapan antara aplikasi dan desktop, yang membuatnya jadi semakin populer, karena Apple Translate tampaknya tidak memiliki aplikasi desktop saat ini. Saya juga suka tombol salin yang memungkinkan kita dengan mudah menyalin frasa yang diterjemahkan.

    Juga, Google Translate bersifat lintas platform. Itu berarti Agan dapat menggunakannya di Android dan iOS smartphone Agan. Agan tidak dapat melakukan ini dengan Apple Translate karena hanya tersedia di iOS. Jika ngomong masalah fitur, Google Translate jelas berada di atas.
     

Share This Page