1. Hello Guest, selamat datang di Forum WinPoin. Kamu bisa bertanya, berdiskusi, sharing, dan ngobrolin apapun seputar Windows, Windows Phone, PC, Gadget, atau hal seputar Teknologi lainnya. Selamat berkomunitas! ;)

Ask Bagaiamana cara membagi kuota wifi TP-Link?

Discussion in 'General' started by Elo Rofiq, Jan 22, 2016.

  1. Elo Rofiq

    Elo Rofiq Member

    Joined:
    Jan 6, 2016
    Messages:
    186
    Mau tanya
    Saya di rumah punya wifi portable, TP-Link MR3020, dengan menggunakan jaringan GSM TSEL dan juga XL.
    Dirumah ada 8 pengguna, baik laptop, komputer maupun smartphone. jika 2-3 orang yang menggunakan, kecepatan internet nya masih lumayan, tapi kalau semua menggunakan, ya hanya 1 pengguna saja yang mendapat kecepatan internetnya, sementara yang lain itu lelet. nah, bagaimana cara pengaturan di wifi saya agar semua (8 pengguna) itu bisa menikmati sama rata kecepatan internetnya, ya seperti di warnet2 itu lah yangmempunyai kecepatan sama setiap penggunanya?
     
  2. Mochamad

    Mochamad Guest

    Untuk mengatur kecepatan internet masing-masing pengguna, pastikan dahulu access pointnya ada fitur QOS atau speed limiter. Kalau sudah ada sih gampang tinggal atur speednya (ada yang berdasarkan IP dan ada juga yang berdasarkan MAC address).
     
  3. Mochamad

    Mochamad Guest

  4. Elo Rofiq

    Elo Rofiq Member

    Joined:
    Jan 6, 2016
    Messages:
    186
    maksudnya bagaimana ya? saya gak paham ;)
     
  5. Mochamad

    Mochamad Guest

    Setiap vendor berbeda soalnya, jadi saya ga bisa kasih caranya karena engga punya alatnya. Silahkan googling aja sendiri ya :3 Atau kalau mau eksperimen silahkan, soalnya mudah ko. Sebagai contoh kalau di AP saya, setting -> rules management -> di sini ada pengaturan bandwidth (IP sekian speednya sekian, dan IP sekian speednya sekian...) Seperti itulah kira-kira. Semoga membantu. (•ω•)
     
  6. Rizal Faisal Akbar

    Rizal Faisal Akbar Well-Known Member

    Joined:
    Sep 9, 2015
    Messages:
    2,236
    di konfigurasi aja di AP agan limit yang diinginkan. atau kalo agak bingung ini tutorialnya http://www.tp-link.com/en/faq-557.html

    tapi yang harus jadi catetan adalah proses fail over karena disini agan pake 2 provider berbeda. kecuali kalo agan cuman hanya menggunakan 1 provider untuk melakukan akses internet fail over tidak diperlukan.

    fail over adalah proses switching dari 1 provider ke provider lain secara otomatis atau manual dimana kondisi salah satu provider mengalami downtime (kata lainnya disconnected) sehingga hanya memerlukan sedikit waktu terjadinya downtime
     
  7. Elo Rofiq

    Elo Rofiq Member

    Joined:
    Jan 6, 2016
    Messages:
    186
    Saya sering pakai provider telkomsel, ketika download lewat IDM, kecepatan rata-rata 300.00kb/s, nah itu kalau dipakai sendirian, jadi yang lain tidak bisa internet karena kecepatan internetnya sudah saya pakai buat download. yang saya mau bagaimana cara agar semua (8 pengguna itu) bisa menikmati rata2 300.00kb/s itu, ya minimal setiap pengguna dapat kecepatan 37.5kb/s
     
  8. Mochamad

    Mochamad Guest

    Iya kamu masuk ke konfigurasi AP-nya, udah tau kan caranya?^^ Di sana cari pengaturan speed, istilah setiap vendor itu berbeda-beda, bisa rule management, QOS, speed limiter, user configuration... Kalau udah nemu, kamu tinggal masukkan saja konfigurasi speednya.
     
  9. Rizal Faisal Akbar

    Rizal Faisal Akbar Well-Known Member

    Joined:
    Sep 9, 2015
    Messages:
    2,236
    settingnya pada AP (Access Point) agan. kemudian pastikan juga apakah deliver dari provider itu sendiri dapat mencakupi untuk seluruh user. karena jika yang di deliver dari provider kecil, hanya sedikit yang bakal diterima oleh semua user. jadi pastikan juga berapa total QoS yang dikirim dari provider itu sendiri.
     

Share This Page