1. Hello Guest, selamat datang di Forum WinPoin. Kamu bisa bertanya, berdiskusi, sharing, dan ngobrolin apapun seputar Windows, Windows Phone, PC, Gadget, atau hal seputar Teknologi lainnya. Selamat berkomunitas! ;)

Bahaya Pemakaian Keyboard dan Mouse Terlalu Lama

Discussion in 'General' started by Yusril Ibnu, Jun 1, 2015.

  1. Yusril Ibnu

    Yusril Ibnu Winpoin Staff Staff Member

    Joined:
    May 12, 2014
    Messages:
    6,373
    Pekerjaan setiap hari yang mewajibkan kita di depan komputer yang otomatis memiliki kebiasaan mengetik keyboard dan menggerakkan mouse ini perlu berhati hati ! ya tidak lain dan tidak bukan banyak penyakit yang bermunculan. diantaranya terdapat penyakit yang bernama Carpal Tunnel Syndrome. ini sejenis penyakit yang menyerang jari-jari dan pergelangan tangan. Carpal Tunnel Syndrome ternyata muncul karena kegiatan yang sehari hari di depan komputer. Kita tidak akan pernah sadar dan tau saat kita terkena sindrom ini hingga tiba-tiba jari-jari tangan anda sering terasa semutan dan pergelangan tangan anda terasa panas dan nyeri.

    [​IMG]

    Ya penjelasanya adalah di tangan kita terdapat suatu lorong atau terowongan yang terbentuk mulai dari ujung lengan bawah melalui tulang-tulang pergelangan dan berakhir pada tulang-tulang telapak tangan yang disebut dengan tulang-tulang karpal atau Carpal Tunnel. Pada terowongan ini terdapat saraf-saraf sensorik dan motorik untuk fungsi tangan. Nah, bagian saraf-saraf tersebut yang mennjadi masalah jika mengetik keyboard dan menggerakkan mouse merupakan rutinitas yang setiap hari dilakukan. yap jadi terjadi karena saraf tersebut tertekan. Gejalanya antara lain telapak jari-jari tangan yang sering semutan dan terasa nyeri jika mengetik dan men-scroll mouse serta pergelangan tangan (biasanya tangan kanan) yang terasa panas dan janggal. Penyakit ini tidak bisa diremehkan karena jika dibiarkan akan menyebabkan tangan lumpuh dan bisa berujung pada operasi pergelangan tangan untuk memperbaiki saraf-saraf di terowongan karpal.

    [​IMG]
    Bekas luka operasi​


    GEJALA CARPAL TUNNEL SYNDROME
    [​IMG]
    • Rasa kebas, dan parasthesia (seakan-akan terbakar dan bergetar) di ibu jari, telunjuk, dan jari tengah, atau pada beberapa pasien terjadi di telapak tangan.
    • Susah menggenggam dan mengepalkan tangan.
    • Sering menjatuhkan barang
    Gejalanya, berkaitan dengan tekanan syaraf, rasa tidak nyaman, kebas, rasa gatal, dan nyeri pada tiga jari pertama dari sebelah ibu jari tangan. kadangkala, terasa sakit dan terbakar atau rasa gatal pada lengan dan bahu. lebih terasa ketika penderita tidur karena cara tangan diposisikan. Seiring waktu, otot pada tangan di bagian ibu jari menjadi lemas dan menyusut sampai tidak bisa digerakkan (atrophy). bagian ibu jari menjadi lemas dan menyusut.



    TIPS MENGHINDARI CARPAL TUNNEL SYNDROME

    Nah, supaya terhindar dari gejala sindrom ini dan supaya tidak mengganggu aktivitas komputer anda ada beberapa kegiatan yang harus anda lakukan, yaitu:
    • Setiap 20 menit sekali hentikan tangan dari mengetik dan menggerakkan mouse lalu lakukan gerakan mengepal dan menekuk pergelangan tangan (lakukan selama 1 menit dan rutin).
    • Setiap 60 menit menjauh dari komputer, jalan-jalan dan renggangkan tangan (lakukan selama 5 menit saja)
    • Saat di rumah sesekali rendam kedua tangan dengan air hangat selama 3 menit kemudian beralih rendam di air biasa selama 30 detik (lakukan ini 3 hingga 5 kali). Terapi ini berguna untuk melancarkan peredaran darah di pergelangan tangan dan jari-jari.
    Jangan menunda dan lakukan kegiatan di atas sekarang juga untuk lebih mewaspadai serangan Carpal Tunnel Syndrome dari Mouse & Keyboard ini. selain itu lakukkan juga beberapa hal berikut :

    Letak Penggunaan Keybboard

    Penggunaan keyboard komputer yang tidak benar menimbulkan sindrom carpal tunnel. Untuk menghindari luka tersebut, pengguna harus menjaga pergelangan pada posisi yang benar, yaitu, antara tangan dengan bahu harus lurus. tangan boleh lebih rendah daripada bahu. Tetapi tangan tidak boleh lebih tinggi, dan pergelangan tidak boleh menggantung. Keyboard letaknya harus selalu rendah, tangan dijaga supaya lebih rendah dari siku. Penyangga pergelangan tangan dipergunakan untuk menopang pergelangan tangan. Perhatikan gambar di bawah ini!



    [​IMG]
    (Posisi tangan yang benar pada keyboard )
    • Beristirahat secara teratur setiap 15-20 menit dengan melekukkan dan meluruskan pergelangan tangan.
    • Jangan menempatkan keyboard pada posisi lebih tinggi atau lebih rendah daripada siku tangan.
    • Duduklah dengan tegak.
    • Jagalah agar tangan Anda selalu hangat.

    Letak Duduk Yang Tepat

    [​IMG]
    (Ergonomik tubuh yang tepat dalam mengoperasikan komputer)
    Salah satu cara untuk melakukan pencegahan adalah dengan cara mengetahui bagaimana duduk yang benar dan baik serta posisi tangan pada saat menggunakan keyboard atau mouse.

    [​IMG]

    [​IMG]

    • Jarak Pandang antara mata dengan komputer minimal 60 cm.
    • Pandangan antara mata ke monitor harus mengarah sedikit ke bawah atau sekitar 5-15° lebih rendah dari posisi horisontal pandangan mata.
    • Usahakan menghindari pantulan lampu atau cahaya yang masuk ke monitor.

    [​IMG]

    • Posisi tangan di atas keyboard harus membentuk sudut 90 derajat (lihat gambar) begitu juga kaki.
    • Atur bangku anda sehingga posisi tangan menjadi sejajar dengan meja ketika anda menggunakan keyboard
    [​IMG]

    • Jangan menggunakan komputer tanpa henti (lebih dari 2 jam), berdiri, sedikit olahraga (strecthing) dan berjalanlah sebentar (1 menit) secara periodik sebelum melanjutkan pekerjaan Anda.
    • Gunakan penyangga mouse dan atau keyboard untuk kenyamanan Anda.
    • Gunakan penyangga kaki bila diperlukan.
    • Gunakan kursi yang dapat menyangga posisi punggung Anda.

    [​IMG]

    Tidak mudah memang untuk melakukan semua itu diatas, apalagi bila berhubungan dengan istirahat pada saat kerjaan menumpuk dan kemungkinan besar kita akan lupa waktu.

    Tapi kini sudah ada Vertical mouse. Vertical mouse dapat digunakan untuk mencegah atau mendukung proses therapy CPS, namun sampai saat ini harganya masih belum dikatakan murah
    [​IMG][​IMG]


    PENGOBATAN

    Untuk penyakit ini pengobatan terbaik adalah menghindari posisi pergelangan tangan terulur atau menekan terlalu keras bagian syaraf. Mengikat pergelangan tangan untuk menopang tangan pada posisi normal (khususnya pada malam hari) dan mengatur sudut keyboard komputer dapat membantu. Pengobatan berdasarkan penyakit (seperti rheumatoid arthritis atau kelenjar tiroid kurang aktif) dapat membantu mengurangi gejala.

    Suntikan cairan kortikosteroid ke dalam pergelangan tangan ada kalanya memberi rasa nyaman yang lama. Jika rasa sakit terjadi terus menerus atau jika pergerakan otot tidak berfungsi atau melemah, operasi adalah jalan keluar terbaik untuk membebaskan tekanan pada bagian syaraf. Ahli bedah akan memotong gumpalan jaringan serat yang letaknya menekan syaraf.

    Bagi yang masih belum tahu, silakan ubah kebiasaan ke petunjuk seperti di atas, jadi biarpun berlama-lama di depan komputer, kita tidak terlalu keranjingan game atau internet dan bisa meminimalkan risiko terkena carpal tunnel syndrome!

    Ingat:

    1. Ubah kebiasaan dalam meletakkan perangkat komputer (keyboard, mouse, monitor, serta posisinya)

    2. Luangkan waktu tiap 20 menit untuk mengalihkan pandangan dari monitor, bisa melihat pepohonan atau lingkungan luar, atau beranjak dari tempat anda bermain/menggunakan komputer untuk relaksasi agar peredaran darah lancar.

    3. Buat yang maniak BB atau maniak SMS/chatting via ponsel, cobalah perlahan-lahan kurangi aktivitas kamu, ini juga untuk kesehatan Anda semua. Sisi buruk dari BB adalah jadi orang “autis” dan orang yang kebanyakan sms-an/ chatting dipastikan hanya menghabiskan waktu. Tapi ga semua pengguna BB seperti yang disebutkan di atas.

    4. Aplikasikan dan budayakan cara bermain komputer yang menyehatkan ke diri sendiri, beritahu teman, saudara, keluarga, pacar, dll.

    Tips menggunakan mouse komputer yang benar

    1. Mouse Grip
    Menggunakan mouse yang kecil mungkin terlihat imut imut bagi anda, tapi mouse yang kecil sering membuat kita lelah, karena bentuknya yang kecil seluruh permukaan telapak tangan kita tidak menyentuh punggung mouse hal ini menyebabkan jari jari kita cepat lelah dan pegal, karna jempol dan kelingking menahan dan menggerakan mouse, pilihlah mouse yang nyaman untuk di pegang, dimana seluruh permukaan tangan kita dapat memegang bersandar dan kita menggerakanya pun lebih mudah

    2. Pergerakan Mouse dari siku
    Memang kalau diterapkan ini sangat susah untuk kita tapi menggerakan mouse denga menggaunakan suku adalah baik untuk kita, dimana semua pergerakan di titik tumpukan melalui siku tangan kita, ini akan meringankan pergelangan tangan kita dalam bekerja.

    3. Posisi Mouse yang optimal
    aturlah tempat duduk anda senyaman mungkin untuk memegang mouse, bentuk posisi yang nyaman adalah tangan kita sejajar atau sedikit berada di atas meja posisinya daripada dengan mouse sehingga dengan begitu kita tidak menggantung tangan kita dengan meja dan menghindari tangan kita untuk menekuk secara terus menerus contoh posisi yang nyaman untuk bekerja dengan mouse dapat dilihat di site ini (Humanscale, Proformix, Flexrest, 3M)

    4. Jaga pergelangan tangan anda
    Coba anda letakan pergelangan tangan ada di sebuah meja yang datar, anda akan melihat setelah bagian telapak tangan anda di bagian pergelangan tangan akan anda temukan sebuah lekukan kecil yang tembus cahaya ataupun anda bisa selipkan sebuah pensil disitu, ini menyatakan bahwa areal sekitar pergelangan tangan anda membutuhkan sebuah areal yang bebas dari sentuhan ataupun tekanan.

    5. Jaga sirkulasi peredaran darah
    Hal ini perlu diperhatikan juga, segala sesuatu penyakin kebanyakan disebabkan karna sirkulasi di dalam tubuh kita tidak benar, untuk itu kita harus selalu menjaganya dengan minum air yang banyak dan olah raga (badminton, bola basket dan olah raga yang lebih banyak menggerakan pergelangan tangan) tentunya, seperti yang kita ketahui kita banyak nadi nadi utama yang bergerak dari pergelangan tangan sehingga ini menjadi semakin penting.

    6. Jangan pakai Sandaran pergelangan tangan
    Menggunakan sandaran untuk pergelangan tangan anda, apalagi yang keras, sama saja artinya anda memberi tekanan 2x lipat pada carpal tunnel di dalam pergelangan tangan anda sehingga ini menyebabkan terjadi penyempitan pada bagian pembuluh pembuluh darah maupun syaraf hingga dengan adanya ini malah bisa mempercepat anda terkena carpal tunnel syndrome (CTS).

    7. Hindari pergerakan tangan yang tidak bebas
    Biasanya kursi kursi yang terdapat rest arm nya memiliki karakteristik untuk meng lock tangan kita, sehingga hal ini menyebabkan kita akan lebih sering menggunakan pergelangan tangan kita untuk menggerakan mouse.

    8. Refleksi
    Menggunakan mouse dan pc secara intens memang bukanlah hal yang baik tapi ada baiknya jika anda melatih agar anda dapat memberi istirahat untuk tangan anda sekitar 2 menit untuk melakukan streching untuk tidak menyentuh mouse, ada juga software remindernya yang akan merekam penggunaan mouse dan kibor anda disini Magnitude ErgoManager, Break reminder

    9. Bentuk mouse
    Carilah mouse yang hampir berbentuk Flat dan memiliki ukuran yang hampir sama dengan tangan kita seperti mouse dari vendor ini Whale mouse atau Perfit mouse karena mouse ini lebih memacu anda untuk menggerakan tangan anda daripada pergelangan tangan anda.


    Oke itulah tips dan trik nya, semoga bermanfaat bagi kita semua !

    Referensi1 & Referensi2 dengan perubahan
     
    • Informatif Informatif x 1
    • Bermanfaat Bermanfaat x 1
  2. systemx

    systemx Member

    Joined:
    May 27, 2015
    Messages:
    48
    nice inpoh sob, hari2 gw banyakan di depan komputer soalnya :D:D
     
  3. Yusril Ibnu

    Yusril Ibnu Winpoin Staff Staff Member

    Joined:
    May 12, 2014
    Messages:
    6,373
    yap sama saya juga..
    ya lebih baik mencegah daripada mengobati...
     
  4. Krisnanda Juni Antara

    Krisnanda Juni Antara Moderator Staff Member

    Joined:
    Apr 21, 2014
    Messages:
    2,503
    hmmm, kalo gamer bagaimana? (yang sering main PB atau DOTA berjam jam) :/ :v
     
  5. Hananto Aditya Dewantara

    Hananto Aditya Dewantara Member

    Joined:
    Feb 24, 2015
    Messages:
    188
    sama....
     
  6. Yusril Ibnu

    Yusril Ibnu Winpoin Staff Staff Member

    Joined:
    May 12, 2014
    Messages:
    6,373
    ya, sama saja menurut saya,
    itu bisa berpotensi kena, harus berhati hati dengan melakukan pencegahan diatas...
     
  7. Mayza MyZone

    Mayza MyZone Super Moderator Staff Member

    Joined:
    Dec 16, 2013
    Messages:
    4,945
    kenapa ga di publish di portal yuzz?
     
  8. Yusril Ibnu

    Yusril Ibnu Winpoin Staff Staff Member

    Joined:
    May 12, 2014
    Messages:
    6,373
    karena..., belum pada waktunya :v
     
  9. Mayza MyZone

    Mayza MyZone Super Moderator Staff Member

    Joined:
    Dec 16, 2013
    Messages:
    4,945
    Uda ada privilege kan dari pak febian buat posting?
     
  10. Yusril Ibnu

    Yusril Ibnu Winpoin Staff Staff Member

    Joined:
    May 12, 2014
    Messages:
    6,373
    lanjut via conversations aja y...
     

Share This Page