1. Hello Guest, selamat datang di Forum WinPoin. Kamu bisa bertanya, berdiskusi, sharing, dan ngobrolin apapun seputar Windows, Windows Phone, PC, Gadget, atau hal seputar Teknologi lainnya. Selamat berkomunitas! ;)

Solved bisa gak file windows di drive c dipindah ke drive lain?

Discussion in 'Windows 10' started by damar6921, Dec 5, 2016.

  1. damar6921

    damar6921 Member

    Joined:
    Aug 25, 2016
    Messages:
    127
    hai agan2 winpoin!
    ane mau nanya di thread ini (perasaan nanya mulu... gak pernah bikin thread lain>o< gak malu sama kucing?:v:v:v)
    jadi gini...
    ane pengen dualboot windows 10 ane dgn ubuntu, rencananya ane bakal pake opsi instal alongside windows bla bla bla, jadi file ubuntu disimpan di drive yg sama dgn si win 10 nya. masalahnya drive c windows 10 ane cuma 50 gb dan sisa setengah. pertanyaan ane: apakah mungkin memindahkan file system win 10 ke drive lain tanpa inul?

    kondisi partisi hdd ane:
    1. drive c 50 gb. kepake 27 gb
    2. drive d 100 gb. kepake 37 gb
    3. drive e 146 gb. kepake 103 gb

    nah, kalo windows nya bisa dipindahin, rencananya ane bakal pindahin windows nya ke drive d lalu data di drive d ane pindahin ke c.
    awalnya ane pengen pake opsi something else di instalasi ubuntu, tapi ane takut partisi lain kehapus scr gk sengaja soalnya pas ane googling banyak yg kehilangan data gara2 keliru di opsi something else
     
  2. echi

    echi Active Member

    Joined:
    Apr 10, 2016
    Messages:
    295
  3. raxion

    raxion Well-Known Member

    Joined:
    Mar 16, 2016
    Messages:
    1,054
    daripada mindahin windowsnya, kok ga drive D (yg 100GB) diresize, trus entar ubuntunya install di drive baru (dari unallocated tadi). Jauh lebih simple dan mudah xD
     
  4. damar6921

    damar6921 Member

    Joined:
    Aug 25, 2016
    Messages:
    127
    ane udah coba dulu:D. tapi gak bisa. soalnya hdd ane cuma dukung maksimal 4 partisi:tampar:. kalo dipaksain takut partisinya yg error
     
  5. raxion

    raxion Well-Known Member

    Joined:
    Mar 16, 2016
    Messages:
    1,054
    wah, harddisknya yang MBR ya? kalau gitu, saran saya gabungin aja yang D: sama E: . pindahin datanya, trus delete salah satu partisi. Soalnya dulu pernah pengalaman mindahin system drive (drive OS) malah windowsnya error (bervariasi, mulai dari ga mau boot, aplikasi error, dsb)
     
  6. damar6921

    damar6921 Member

    Joined:
    Aug 25, 2016
    Messages:
    127
  7. damar6921

    damar6921 Member

    Joined:
    Aug 25, 2016
    Messages:
    127
    kalo gitu berarti waktu instalasi ubuntu harus pilih opsi something else dong?
    kalo kaya' gitu ane gk mau gan. soalnya takut partisi lain terhapus
     
  8. raxion

    raxion Well-Known Member

    Joined:
    Mar 16, 2016
    Messages:
    1,054
    Kalau agan mau mindahin file windows, satu satunya cara teraman cuma install ulang. Kalau dipindahin paksa, nanti malah jadi berbagai error ga jelas nan unik.
    Soal partition kedelete, itu ga akan terjadi selama agan ga nyentuh partition apapun selain yg berlabel "unallocated space".
    Dan setauku kalo mindahin filenya semua kayaknya ga mungkin. Paling cuma sekedar ganti drive letter(y)
     
  9. damar6921

    damar6921 Member

    Joined:
    Aug 25, 2016
    Messages:
    127
    kalo gitu pertanyaan ane udah kejawab.... file system windows gak bisa dipindah ke drive lain:'(
    kalo instal ulang ribet gan.. harus update win 10 lagi(artinya makin banyak makan kuota), juga aplikasi third-party yg harus di instal ulang.
    makasih udah jawab thread ane....:)
     
  10. raxion

    raxion Well-Known Member

    Joined:
    Mar 16, 2016
    Messages:
    1,054
    (y) Sekedar saran sih gan, banyak yang bilang EaseUS partition master bisa resize partition di beginning.
    Kalo agan mau, coba tes aja resize D: nya buat perbesar ukuran drive C:, jadi agan ga usah mindahin file windowsnya
     
  11. damar6921

    damar6921 Member

    Joined:
    Aug 25, 2016
    Messages:
    127
    cara itu pernah ane coba tapi gagal karena:
    1. waktu pake disk management bawaan windows bisa shrink tapi gak bisa expand partisi
    2. dulu waktu masih pake win 7 pernah nyoba lewat gparted di live usb ubuntu malah windows nya gagal booting gara2 kehilangan bootloader
    3. kalo EaseUS belum pernah nyoba.... saran bagus(y)
     
  12. raxion

    raxion Well-Known Member

    Joined:
    Mar 16, 2016
    Messages:
    1,054
    Update gan. Ane udah buat threadnya di http://forum.winpoin.com/threads/cara-resize-partition-di-beginning-dengan-easeus.15172/ .
    Silahkan dicoba:D
     

Share This Page