1. Hello Guest, selamat datang di Forum WinPoin. Kamu bisa bertanya, berdiskusi, sharing, dan ngobrolin apapun seputar Windows, Windows Phone, PC, Gadget, atau hal seputar Teknologi lainnya. Selamat berkomunitas! ;)

Solved Blank Screen di Windows 8.1 & Efek disable display adapter

Discussion in 'Windows 8' started by Garwo Putro, Dec 21, 2015.

  1. Garwo Putro

    Garwo Putro New Member

    Joined:
    Dec 21, 2015
    Messages:
    8
    Selamat malam
    Saya mau tanya terkait kondisi laptop saya yg kondisinya sbb.
    Laptop hp 14 g-102au dgn prosesor amd a4 apu 5000 & grafis radeon hd 8330, ram 4gb.
    Baru sekitar satu minggu ini saya pakai dengan os windows 8.1 single language 64-bit yg diinstalasi mas" yg jual laptopnya,
    Pagi tadi tiba" kena blank/black screen. Di pikiran saya kalo ga karena baru aja saya install antivirus avast mungkin gara" dimainkan pes 2011. Soalnya pas saya mau keluar (quit) tiba" langsung jadi blank screen itu.
    Setelah cari" info di internet, saya bisa balik lagi ke kondisi normal pake cara masuk ke safe mode, terus men"disable" display adapter (amd radeon hd 8330)nya yg ada di menu device manager (control panel).
    Masalahnya, pas saya coba lagi buat main pes, ada notifikasi kalo sistemnya tidak memenuhi syarat minimum grafis 128mb. Setelah itu, saya coba untuk nonton film jg gambarnya jadi pecah" padahal sebelumnya bening+lancar.
    Ini kira" sebabnya apa ya? apa vga yg ga kompatibel ke windows 8.1 atw seperti apa? Trus kira" apa saya perlu install ulang windows atau gimana?
    Terima kasih untuk perhatiannya
     
  2. Rizal Faisal Akbar

    Rizal Faisal Akbar Well-Known Member

    Joined:
    Sep 9, 2015
    Messages:
    2,234
    kalo ada masalah dan garansi masih ada, bisa langsung klaim garansi aja.

    kalo vga ga kompatibel, ane rasa ga mungkin. soalnya driver untuk laptop itu ada untuk windows 8.1 bahkan windows 10.
    http://support.hp.com/us-en/drivers/selfservice/HP-14-Notebook-PC-series/7551548/model/7583914

    highlight.png

    jika ada trouble di drivernya, kalo ada mentahan drivernya (bisa berupa CD bawaan) langsung saja reinstall drivernya. kalo perlu update via AMD Driver Updater
    http://support.amd.com/en-us/download/auto-detect-tool

    atau via Windows Update

    harusnya sih instal AV ga akan pengaruh. kecuali memang kalo beberapa driver yang terinfeksi virus terhapus oleh AV.
     
    • Bermanfaat Bermanfaat x 1
  3. Garwo Putro

    Garwo Putro New Member

    Joined:
    Dec 21, 2015
    Messages:
    8
    Makasih banyak masbro. Iya, saya rencana mau ke mas"nya yg jual, masih ada garansinya masbro baru sekitar seminggu beli.
     

Share This Page