1. Hello Guest, selamat datang di Forum WinPoin. Kamu bisa bertanya, berdiskusi, sharing, dan ngobrolin apapun seputar Windows, Windows Phone, PC, Gadget, atau hal seputar Teknologi lainnya. Selamat berkomunitas! ;)

Solved Blank Screen di Windows 8.1 & Efek disable display adapter

Discussion in 'Windows 8' started by Garwo Putro, Dec 21, 2015.

  1. Garwo Putro

    Garwo Putro New Member

    Joined:
    Dec 21, 2015
    Messages:
    8
    Selamat malam
    Saya mau tanya terkait kondisi laptop saya yg kondisinya sbb.
    Laptop hp 14 g-102au dgn prosesor amd a4 apu 5000 & grafis radeon hd 8330, ram 4gb.
    Baru sekitar satu minggu ini saya pakai dengan os windows 8.1 single language 64-bit yg diinstalasi mas" yg jual laptopnya,
    Pagi tadi tiba" kena blank/black screen. Di pikiran saya kalo ga karena baru aja saya install antivirus avast mungkin gara" dimainkan pes 2011. Soalnya pas saya mau keluar (quit) tiba" langsung jadi blank screen itu.
    Setelah cari" info di internet, saya bisa balik lagi ke kondisi normal pake cara masuk ke safe mode, terus men"disable" display adapter (amd radeon hd 8330)nya yg ada di menu device manager (control panel).
    Masalahnya, pas saya coba lagi buat main pes, ada notifikasi kalo sistemnya tidak memenuhi syarat minimum grafis 128mb. Setelah itu, saya coba untuk nonton film jg gambarnya jadi pecah" padahal sebelumnya bening+lancar.
    Ini kira" sebabnya apa ya? apa vga yg ga kompatibel ke windows 8.1 atw seperti apa? Trus kira" apa saya perlu install ulang windows atau gimana?
    Terima kasih untuk perhatiannya
     
  2. Irfand Irviandha Rafi

    Irfand Irviandha Rafi New Member

    Joined:
    Dec 15, 2015
    Messages:
    18
    coba update drivernya gan...
    bisa juga dengan ganti driver gan...
    cari yang cocok deh
     
    • Informatif Informatif x 1
  3. ragaadin

    ragaadin Active Member

    Joined:
    Jun 19, 2015
    Messages:
    715
    tadi agan ada bilang telah 'mendisable' nya kan, kalau gtu enable kan lagi driver grafik nya :v
     
  4. Garwo Putro

    Garwo Putro New Member

    Joined:
    Dec 21, 2015
    Messages:
    8
    Udh ane coba gan bwt update, kan ane klik kanan di Display Adapter -> AMD Radeon HD 8330 Graphics nya, trus disitu kan ada pilihan enable, uninstall, update, scan, dsb. Nah, ane klik update, gak lama muncul keterangan klo kondisi drivernya udh yg "up to date". Abis itu ane coba enable kan, eh balik blank screen lagi. gitu terus udh smpe 3x/lebih blank screen tiap ane coba enable
     
  5. ragaadin

    ragaadin Active Member

    Joined:
    Jun 19, 2015
    Messages:
    715
    blank screen nya lama? soalnya tiap ane update/rollback driver grafik emang awalnya blankscreen dulu,tapi ditunggui sejenak lama2 normal lagi
     
    • Like Like x 1
  6. Garwo Putro

    Garwo Putro New Member

    Joined:
    Dec 21, 2015
    Messages:
    8
    Sekitar 5 menit ane tinggal dia ga keluar" gan, cuma kalo di klik 2x touchpadnya muncul pointernya sebentar, trus ilang lagi.Biasanya perlu ditunggu berapa lama ya?
    Nah, ane sempet mau klik opsi yg "rollback driver" grafik itu, cuma takutnya salah. Opsi "rollback driver" itu sebenernya bwt apa yaa sama efeknya gimana?
     
  7. ragaadin

    ragaadin Active Member

    Joined:
    Jun 19, 2015
    Messages:
    715
    roll back driver itu kembali ke pengaturan driver sebelumnya, fitur ini digunakan ketika ada error setelah update driver atau setelah mengoprek-oprek drivernya. Ane sering pakai roll back kalau misalnya muncul masalah kyk bgtu. Mnrt saya aman utk dicoba, tapi itu ada di pilihan agan sendiri hehe :D
     
    • Setuju Setuju x 1
  8. Garwo Putro

    Garwo Putro New Member

    Joined:
    Dec 21, 2015
    Messages:
    8
    Soalnya laptopnya jg baru ane beli seminggu ini kan ya, jdi ane mau utak-atik terlalu dalam takutnya tjdi kesalahan. Kira" kalo ane balik ke abang"nya dilayani gak ya masalah yg kyk gitu? kan di garansi 1 taun.
     
  9. ragaadin

    ragaadin Active Member

    Joined:
    Jun 19, 2015
    Messages:
    715
    hehe, menurut ane dilayani kok, masa nggak dilayani masih garansi juga tuh kan lumayan..
    dulu prnh ada salah satu tmn di forum yg "balik ke abang-abangnya" cuma baikin masalah RAM, dan bisa aja tuh :v
     
    • Like Like x 1
  10. Garwo Putro

    Garwo Putro New Member

    Joined:
    Dec 21, 2015
    Messages:
    8
    Ok gan, matur suwun
     
    • Funny Funny x 1
  11. ragaadin

    ragaadin Active Member

    Joined:
    Jun 19, 2015
    Messages:
    715
    sami sami :bingung:
     
  12. Little_Lion

    Little_Lion Member

    Joined:
    Apr 29, 2015
    Messages:
    121
    Cara gampange busek driver e download driver nang situse ati,, trs diinstall mneh,, jo lali pas download os version e di pasno w8.1,, ojo sing os liyane,, ok
     
    • Like Like x 1

Share This Page