1. Hello Guest, selamat datang di Forum WinPoin. Kamu bisa bertanya, berdiskusi, sharing, dan ngobrolin apapun seputar Windows, Windows Phone, PC, Gadget, atau hal seputar Teknologi lainnya. Selamat berkomunitas! ;)

Share BSOD di Windows 7 setup? Bisa.

Discussion in 'Windows 7' started by Ricky Yohanes, Jan 23, 2018.

  1. Ricky Yohanes

    Ricky Yohanes Well-Known Member

    Joined:
    Jun 22, 2015
    Messages:
    1,584
    Jika agan pernah melihat BSOD di Windows setup lawas (karena Windows XP atau lebih lama tidak mengenal SATA interface tanpa driver tambahan dengan kode PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA), maka di Windows Vista atau lebih baru bisa BSOD juga lho. BSOD-nya bukan karena kesalahan driver, melainkan karena system process-nya dihentikan secara paksa.

    Caranya cukup simpel:
    1. Boot dari CD/DVD
    2. Setelah muncul jendela Windows 7 setup, tekan Shift+F10 secara bersamaan.
    3. Akan terbuka CMD, ketik taskmgr.
    4. Ke tab process, klik kanan pada csrss.exe, lalu pilih end process.
    5. Centang abandon unsaved data and shutdown dan klik End Process.
    6. Ta-Da. Agan bisa menikmati BSOD tanpa merusak data agan sedikitpun. Error code yang ditampilkan adalah 0x000000F4.
    Realitanya, deskripsi BSOD tersebut sebenarnya tidak bisa dijelaskan karena penyebabnya macam macam. Misalnya bug dari Windows itu sendiri, power supply di komputer tiba tiba menurun jika menggunakan UPS, atau ada kesalahan dari registri Windows itu sendiri. Untuk mencari solusinya, bisa menggunakan Event Viewer kemudian buka file dump yang telah dibuat dan analisis lognya kemudian konsultasikan ke answer.microsoft.com.

    Sekian dari thread saya, semoga bermanfaat.
    Screenshot_20180123-002731.png

    Sedikit info tentang Windows setup:
    1. Untuk Windows Setup versi lawas, RAM yang digunakan adalah 3 MB untuk Windows 9x dan 12 MB untuk Windows NT. Sedangkan untuk Windows Setup versi GUI, RAM yang digunakan adalah 415 MB.
    2. Basis dari Windows Setup versi lawas adalah DOS kernel, sedangkan untuk Windows Setup versi GUI adalah Windows Recovery Enviroment.
    3. Windows Setup versi lawas bisa berjalan dalam RAM minimal 16 MB, sedangkan Windows Setup versi GUI bisa berjalan dalam RAM minimal 512 MB. (Untuk Windows 7 atau lebih baru, RAM harus 1 GB untuk melanjutkan instalasi Windows)
     
    Last edited: Jan 23, 2018

Share This Page