1. Hello Guest, selamat datang di Forum WinPoin. Kamu bisa bertanya, berdiskusi, sharing, dan ngobrolin apapun seputar Windows, Windows Phone, PC, Gadget, atau hal seputar Teknologi lainnya. Selamat berkomunitas! ;)

Cara cloning, backup, dll

Discussion in 'Windows 8' started by averhoa, Nov 2, 2013.

  1. averhoa

    averhoa Member

    Joined:
    Oct 29, 2013
    Messages:
    145
    Bang, gimana cara cloning yg aman windows 8 OEM bawaan laptop ke ssd (plextor mPro 128gb).
    S masih trauma dengan kejadian sebelumnya, waktu itu s cloning win8 bawaan laptop ke ssd tp sementara proses tiba2 failed dan w8 asli langsung rusak dan tidak bs booting. (Waktu itu s cloningnya dengan cara menjadikan ssd sbg eksternal, kemudian s cloning menggunakan paragon kalo tdk salah ingat). Masalahnya, s tdk punya DVDnya sehingga s tdk bisa repair atau install ulang (w8 laptop tersimpan dilaptop/injeksi). Setelah dibw ke Service Center, hardisk diganti dengan yg kosongan krn w8 tdk masuk garansi.
    Pertanyaan s :
    1) Sekarang s punya hdd berOS win8 original lg, nah gimana cara cloning yg aman dan benar ???
    2) Apakah windows hasil cloningan dilaptop (cuma ganti hdd ke ssd) masih termasuk original ???
    3) S pakai ssd sehingga Hdd bawaan laptop dijadikan drive kedua yg dipasang dit4 DVD. Bolehkah memproteksi drive C yg berisi OS win8 ??? misalnya dengan bitlocker. Apakah win 8 tetap akan jalan nantinya dengan normal
    4) Hasil recovery sesuai saran winpoin menggunakan ........, bolehkah diproteksi jg ???? karena s simpannya di drive eksternal

    Mohon bantuannya dan harap maklum bila banyak pertanyaan, hehehehe

    Edited: gunakan prefix [Ask] utk bertanya. Baca rule forum no 4
     
  2. Febian

    Febian Administrator Staff Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    8,032
    Apa tipe laptop kamu?

    Laptop dengan Windows 8 bawaan biasanya dilengkapi dengan recovery partition yang bisa diakses dengan menekan tombol tertentu (tombol bervariasi sesuai dengan tipe laptop). Kamu bisa membuat sendiri DVD recovery dengan membuat recovery media, sehingga ketika ada masalah (seperti kegagalan yang kamu alami diatas), kamu bisa merestorenya sendiri tanpa harus datang ke service center.

    1. Cara cloning yang aman harus diawali dengan membuat recovery media terlebih dahulu, sehingga jika ada kegagalan bisa melakukan restore/recovery. Setelah itu kurangi besar partisi di drive C hardisk lama agar tidak lebih besar dari besarnya kapasitas SSD. Agar proses berjalan lebih mulus, data2 di drive C bisa kamu pindah ke drive lainnya terlebih dahulu (jika ada) jadi yang dimigrasi hanya OS nya saja. Setelah semua siap, kamu bisa menggunakan software cloning HDD seperti EaseUS Todo Backup Free untuk melakukannya

    2. Yup, termasuk masih original. Selama perubahan hardware laptop tidak radikal maka lisensi Windows 8 tidak akan bermasalah

    3. Windows 8 bawaan laptop biasanya merupakan versi Single Language yang memiliki fitur basic. Bitlocker hanya ada di Windows 8 Pro atau versi diatasnya.

    4. Sama dengan jawaban no 3.

    Seperti itulah kira2
    :sokganteng:
     
  3. averhoa

    averhoa Member

    Joined:
    Oct 29, 2013
    Messages:
    145
    Laptop s Asus N46VZ core i5.
    Waktu itu s tekan tombol pemulihan bahkan s sudah masukkan backup repair OSx cuma tetap error sehingga terpaksa dibawa ke SC.
    Kalo windows Ori di hdd lama diproteksi dengan bitlocker pake laptop lain yg menggunakan win 7, apakah OS ori di drive C hdd lama tetap berfungsi bila suatu saat digunakan ????
    demikian pula dengan hasil recovery windows yg disimpan di drive E misalnya, bila diproteksi pake bitlocker dilaptop lain apakah akan tetap normal???
    yg S ingin proteksi adalah drive C di hdd (yg setelah dipasang dilaptop terbaca sbg drive Data) bukan drive c di ssd. s pun ingin proteksi drive E yg memuat hasil recovery win 8 asli karena s takut file/data rusak atau terhapus secara tidak sengaja.
    Terimakasih sebelumnya atas pencerahannya.
     
  4. Febian

    Febian Administrator Staff Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    8,032
    Kl yang diproteksi adalah file yang terbaca sebagai data dan bukan merupakan OS aktif, tidak masalah diproteksi dengan bitlocker. Tetapi untuk yang OS aktif di Windows 8 Single Language, tidak bisa diproteksi dengan bitlocker krn versi tersebut tidak memiliki fitur bitlocker.

    Untuk file recovery di drive E dan file di HDD lama gak masalah kog diproteksi dengan bitlocker
     
  5. averhoa

    averhoa Member

    Joined:
    Oct 29, 2013
    Messages:
    145
    Makasih bang infonya.
    Tapi mohon pencerahan lebih lanjut soalnya s masih belum ngerti benar.
    Maksud s begini, s kan punya 2 hdd yg terpasang dilaptop. 1 ssd yg untuk sementara OSx pake win 7 dan 1 lg hdd bawaan laptop yg OSx win8 ori. Hdd ber OS win8 itu s pengen jadikan tempat simpan data saja padahal di hdd tersebut terdapat partisi C (OS win 8 ori), makanya s pengen ngunci tuh partisi C di hdd dengan menggunakan bitlocker win7 karena untuk sementara s masih menggunakan win7 yg di ssd.
    1) Bila s booting pake win 7 di ssd kemudian s kunci partisi C (OS win8-) pd hdd, apakah OS tersebut masih bisa jalan normal kembali bila booting pake hdd ? {bila booting lewat ssd, partisi C di hdd terbaca : OS (D) normal}. bila ingin booting via hdd, bitlockernya s nonaktifkan dulu via win 7 di ssd
    2) Apakah boleh merubah label partisi OS di hdd menjadi partisi F misalnya, bila ingin s gunakan s kembalikan ke label partisi sebelumnya. soalnya s menggunakan software arcgis yg bila nama partisinya berubah maka data2 tdk terbaca.

    Maaf bang bila banyak nanya
     

    Attached Files:

    • 111.png
      111.png
      File size:
      207.4 KB
      Views:
      994
  6. Febian

    Febian Administrator Staff Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    8,032
    1. Jika kasusnya demikian, maka tidak ada masalah. Drive D yang berisi OS Win8 Ori tersebut bisa kamu proteksi dengan BitLocker melalui Windows 7. No problem.

    2. Gpp kog drive partisinya diubah. Kamu bisa mengubahnya menggunakan drive management bawaan Windows

    :goodjob:
     
  7. averhoa

    averhoa Member

    Joined:
    Oct 29, 2013
    Messages:
    145
    Ok bang makasih infonya, s langsung eksekusi neh


    :goodjob:
     

Share This Page