1. Hello Guest, selamat datang di Forum WinPoin. Kamu bisa bertanya, berdiskusi, sharing, dan ngobrolin apapun seputar Windows, Windows Phone, PC, Gadget, atau hal seputar Teknologi lainnya. Selamat berkomunitas! ;)

Cara Intel "Membuang" Kabel dari Gadget | KompasTekno

Discussion in 'Hardware' started by Rasshid, Jun 15, 2014.

  1. Rasshid

    Rasshid Member

    Joined:
    May 9, 2013
    Messages:
    814
    Sumber

    [​IMG]
    Salah satu konsep alat wireless charging Intel berbentuk mangkuk yang mampu menampung beberapa gadget sekaligus dan mengisi baterainya secara bersamaan

    Pusing dengan ruwetnya kabel gadget kalian? Jangan khawatir, dalam beberapa tahun mendatang, wireless charging akan menjadi lebih gampang, cepat, dan meluas.

    Dalam sebuah sesi keynote pada Computex 2014 minggu lalu di Taiwan, GM PC Client Group Intel Kirk Skaugen menunjukkan konsep komputer dan gadget di masa depan. Salah satu aspek yang dibicarakannya adalah wireless charging. Bersama dengan organisasi A4WP (Alliance for Wireless Power), Intel mengembangkan wireless charging berbasis teknologi magnetic resonance. Dengan teknologi magnetic resonance, perangkat tak perlu bersentuhan langsung dengan pengisi baterai. Bahkan gelombang pengisian baterai tersebut dapat menembus kayu setebal 2 inchi.

    Karena itu, beerbagai macam skenario pengisian baterai secara nirkabel pun terbuka lebar. Skaugen mendemonstrasikan sebuah "tikar" kecil charger nirkabel yang disembunyikan di bagian bawah sebuah meja. Segala macam alat elektronik dapat diisi baterainya, hanya dengan diletakkan di atas meja itu. Jenisnya tak terbatas hanya pada gadget seperti smartphone atau tablet saja, namun juga laptop, bahkan wearable device macam jam tangan dan earbud pintar. Semua bisa diisi baterainya secara bersamaan di atas meja, tanpa kabel pula!

    Pengisi baterai nirkabel ini pun bisa diletakkan di mana saja sehingga menjadi alat praktis untuk charging di luar rumah, misalnya pada meja di kafe atau ruang tunggu bandara.

    Tentu, laptop dan gadget yang sudah ada sekarang tidak bisa begitu saja diisi baterainya dengan teknologi tersebut. Wireless charging ala Intel ini memerlukan sebuah alat khusus yang ditanam di dalam baterai untuk bisa berfungsi. Namun, Intel juga berencana merilis rangkaian aksesoriswireless charging untuk perangkat yang ada saat ini sehingga nanti bisa diisi baterainya secara nirkabel, misalnya cover belakang smartphone yang ditambahi alat khusus.

    Seorang staf Intel di acara mengatakan bahwa wireless charging ini kemungkinan akan menerapkan batasan dalam hal jumlah maksimal perangkat yang bisa diisi baterainya secara bersamaan, atau besaran arus listrik yang dikeluarkan dalam satu waktu. Intel sendiri berencana bakal segera menerapkan standar wireless charging untuk perangkat-perangkat komputernya, dimulai dari generasi prosesor setelah Core i Generasi Kelima (Broadwell), yaitu "Skylake". Para partner seperti Dell, Fujitsu, Lenovo, Asus, dan Toshiba telah pula bergabung dengan grup A4WP. Harapannya, pada 2016 nanti teknologi pengisian baterai secara nirkabel sudah digunakan secara luas.

    Masa depan tanpa kabel

    Di samping wireless charging, Skaugen turut mengenalkan dua elemen lain dari konsep "masa depan tanpa kabel" ala Intel, yaitu voice assistant dan kamera 3D.

    Voice assistant belakangan telah mulai banyak dikenal, sementara kamera 3D lewat teknologi RealSense bakal dipakai untuk interaksi dengan komputer melalui gestur alias bahasa tubuh. "Misi kami adalah mengubah dunia dari dua dimensi menjadi tiga dimensi," ujar Skaugen.

    [​IMG]
    Model memeragakan interaksi dengan komputer memakai gerakan tangan. Hal ini dimungkinkan oleh teknologi kamera 3D

    Teknologi kamera 3D bisa digunakan untuk berbagai macam hal terkait interaksi dengan komputer. Stand Intel di Computex 2014, misalnya, memajang sebuah PC All-in-One yang bisa dipakai menjelajah internet hanya dengan mengayun-ayunkan tangan membentuk gestur tertentu di depan layar, tanpa benar-benar menyentuhnya. Ada pula kemampuan mengenali latar depan dan belakang dalam video conferencing, di mana pengguna bisa bebas mengganti background sesuai selera. "Kegiatan belajar pun dibuat makin asyik dengan augmented reality, demikian pula dengan game," kata Skaugen lagi. Kamera 3D rencananya bakal diterapkan oleh Intel di berbagai jenis perangkat komputer, mulai PC desktop hingga tablet dengan modul kamera tipis yang tebalnya hanya 3 mm.

    Melengkapi teknologi-teknologi di atas, Intel turut menyediakan teknologi wireless network bernama WiGig yang diklaim memiliki kecepatn transfer data tiga kali lipat lebih kencang dibandingkan standar 802.11 ac sehingga mampu mentransfer data berukuran besar (seperti audio dan video) dengan mulus melalui jaringan nirkabel. Seperti wireless charging, WiGig dijadwalkan mendampingi platform Skylake Intel pada 2016 mendatang.

    Nantinya, teknologi ini bakal memungkinkan perangkat-perangkat komputer seperti PC, tablet, bahkan televisi untuk saling terhubung dengan kecepatan tinggi. Pengguna pun bisa melakukan hal-hal seperti meneruskan video HD dari PC atau gadget mobile ke layar TV dengan mudah. Semuanya dilakukan tanpa kabel.

    Terobosan yang bagus sekali :goodjob:
     
  2. Radith Yoga

    Radith Yoga Active Member

    Joined:
    Mar 22, 2014
    Messages:
    3,260
    Intel memang ingin jadi yg terdepan di bidang teknologi :kagum:
     
  3. Dejiko

    Dejiko New Member

    Joined:
    Mar 21, 2014
    Messages:
    2,309
    kalau di rumahku mah ruwet nyo


    1 kabel gulung bisa sampai 4 steker + 1 letter T nyo
     
  4. Yusril Ibnu

    Yusril Ibnu Winpoin Staff Staff Member

    Joined:
    May 12, 2014
    Messages:
    6,354
    Teknologi semakin canggih...
    kita nantikan wireless charging
    :cool:
     
  5. Isyroq Ank PKU

    Isyroq Ank PKU Active Member

    Joined:
    Mar 13, 2014
    Messages:
    1,473
    Wah, udah banyak nih yang pake nirkabel sekarang :kagum:
     
  6. Rasshid

    Rasshid Member

    Joined:
    May 9, 2013
    Messages:
    814
    Sabarlah :D Kalo mau beli PC beli yang AIO aja bro Evolta :peace:
    [hr]
    Yap, teknologi memang dinamis, cepat berubah dari waktu ke waktu
     
  7. Yusril Ibnu

    Yusril Ibnu Winpoin Staff Staff Member

    Joined:
    May 12, 2014
    Messages:
    6,354
    bahkan begitu pesat :kagum:
     
  8. Rasshid

    Rasshid Member

    Joined:
    May 9, 2013
    Messages:
    814

    Yaa begitulah teknologi :kagum:
     
  9. marwanto.se

    marwanto.se New Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    7,659
    Lumia 920 udah ada fitur kayak gitu, sayangnya di Indonesia jarang yg pake itu. :kagum:
     
  10. Jazz

    Jazz Super Moderatór Staff Member

    Joined:
    Jan 6, 2014
    Messages:
    14,731
    Semua berganti ke Tekno Wireless...
    Apa nanti Semua yg tdnya kabel, bakal berganti ke Wireless
     
  11. mabaega

    mabaega Well-Known Member

    Joined:
    Nov 9, 2013
    Messages:
    2,735
    Hebat Intel...
    Modelnya cakep banget...
    :goodjob:
     
  12. Isyroq Ank PKU

    Isyroq Ank PKU Active Member

    Joined:
    Mar 13, 2014
    Messages:
    1,473
    Mungkin saja, karna teknologi sekarang makin canggih :cool:
     

Share This Page