1. Hello Guest, selamat datang di Forum WinPoin. Kamu bisa bertanya, berdiskusi, sharing, dan ngobrolin apapun seputar Windows, Windows Phone, PC, Gadget, atau hal seputar Teknologi lainnya. Selamat berkomunitas! ;)

Cara memindahkan File installasi aplikasi di Windows apapun

Discussion in 'Windows 10' started by Thabrani Abi, Sep 17, 2017.

  1. Thabrani Abi

    Thabrani Abi New Member

    Joined:
    Sep 11, 2017
    Messages:
    23
    Selamat malam,

    Saya bekerja sebagai End User Device di sebuah perusahaan Jasa dan barang, Perusahaan kita menjual Laptop untuk di kirim ke beberapa perusahaan, dan tugas saya adalah menyiapkan Laptop sebelum diberikan kepada Client, seperti installasi OS, Pembagian partisi, dan pemasangan aplikasi

    Setiap laptop yang saya siapkan menggunakan Windows 7, 8 dan 10
    Untuk partisi Harddisk dibagi menjadi 2, partisi C: untuk sistem dan Partisi D: yang seharusnya untuk Data pengguna, kita membuat 2 partisi dengan alasan supaya mudah dalam melakukan perbaikan pada sistem atau OS laptop yang bermasalah,

    Sebagai contoh, jika Windows tidak bisa booting maka solusinya di repair, namun setelah di repair masih tetap tidak bisa booting atau sudah mentok tidak ada cara lain maka cara terakhir adalah install ulang, dan kita tidak perlu khawatir kehilangan data karena data pengguna disimpan di partisi yang berbeda (D)

    Namun, masih banyak pengguna yg menyimpan data di Partisi C: Seperti di folder Download, my document, dan sebagai nya ( intinya di partisi C ), rata rata pengguna yang menyimpan data di C karena default penyimpanan dari aplikasi yang di gunakan adalah drive C, seperti Outlook, default penyimpanan aplikasi ini berada di partisi C, sehingga pengguna tidak mungkin atau malas memindahkan nya secara manual,

    Nah, yang ingin saya tanyakan, apa bisa File aplikasi yg sudah terpasang di C:/Program Files di pindah ke partisi D ? dan jika bisa bagaimana cara nya, apakah menggunakan aplikasi pihak ke 3 ?

    dan jika memang tidak bisa saya memiliki satu pertanyaan lagi, Apakah Setiap aplikasi yang akan kita install seperti MS Office, Antivirus, Adobe bisa taro file installasi nya di Partisi D ?


    Terimakasih
     
  2. NubieBytes

    NubieBytes Member

    Joined:
    Sep 6, 2017
    Messages:
    91
    Kalo saya biasanya akan pindahkan Path lokasi Documents, Video, Music, Picture ke D:\ melalui klik kanan Properties ⇒ Location - setelah instalasi selesai komplit dengan drivers.

    Kalo default Program Files saya pindah melalui registry.
    Lalu ubah value ProgramFilesDir dan/atau ProgramFilesDir (x86) tergantung dari Windows-nya 32-bit atau 64-bit.
    [​IMG]
    Klo Windows 10 dari yang saya baca sudah fitur untuk memindahkan lokasi default.
    Start menu ⥸ Settings (Windows + I) ⥸ System (Display, notifications, apps, power) ⥸ Storage ⥸ Save locations ⥸ New apps will save to
    Tinggal dipilih mau dipindahkan ke drive mana.
     
  3. Thabrani Abi

    Thabrani Abi New Member

    Joined:
    Sep 11, 2017
    Messages:
    23



    Jika sudah dibuat default di D:/Program Files lalu untuk data file nya apkah masih default di C atau dimana gan ? seperti Outlook, apakah Data file nya masih di C:\Users\\AppData\Local\Microsoft\Outlook ?
     
  4. NubieBytes

    NubieBytes Member

    Joined:
    Sep 6, 2017
    Messages:
    91
    Iya, karena secara default data akan ke path itu. Oleh karena itulah kita secara manual mengubah path nya.
    Jadi setelah instalasi os & drivers selesai, sebelum instal program tambahan, saya masuk ke "%userprofile%" untuk ubah path Documents, Downloads, Music, Pictures, Videos. Klo data file yang di "%userprofile%\appdata\%" itu saya setting di masing² aplikasi yang saya instal "Custom". "%programfiles%","%programdata%" pathnya bisa diubah melalui regedit. Tapi harap "%userprofile%" sebaiknya jangan diubah, itu saran saya. Karena, saya pernah melakukannya dan jadinya harus instal ulang sistem.

    Tapi meskipun path program files, programdata, kita ubah. Jika os di instal ulang, file² component dari program yang dipakai spt .dll, .ini, dsb. Kan hilang dari %systemroot% dan di registry, jadi ada program² yg tidak bisa dioperasikan. Oleh karena itu, saya jarang memindahkan path program files dan programdata. Hanya 5 folder di %userprofile% yang saya pindahkan. Karena itu yang utama. Klo data file, paling saya akan backup misal ".pst/.ost" milik outlook, itupun klo user menggunakan outlook.

    So, setelah instal os, driver, ubah path, lalu instal ms office, setting path data file. Saya buat image drive C:\ untuk backup jika dikemudian hari os rusak dan harus instal ulang (buat recovery, simpan di 1 partisi khusus, lalu partisinya di hide).
     

Share This Page