1. Hello Guest, selamat datang di Forum WinPoin. Kamu bisa bertanya, berdiskusi, sharing, dan ngobrolin apapun seputar Windows, Windows Phone, PC, Gadget, atau hal seputar Teknologi lainnya. Selamat berkomunitas! ;)

Cara Reset Suatu Program Ke Settingan Awal Pada Windows

Discussion in 'Windows 8' started by Rasshid, Aug 17, 2014.

  1. Rasshid

    Rasshid Member

    Joined:
    May 9, 2013
    Messages:
    814
    [​IMG] [​IMG]
    [hr]
    [/b]
    Jangan Lupa, Silahkan Beri Like atau +Rep Jika Kalian Menyukai Atau Merasa Terbantu Dengan Thread Ini :kagum::goodjob::sokganteng:

    Cara yang termudah

    Kalian harusnya bisa mengatur ulang pengaturan sebuah program dengan menghapus dan mencentang kotak "Delete preferences" atau "Delete settings" pada uninstaller. Pilihan ini biasanya dicentang secara default. Instal ulang program setelah menguninstall itu.

    Tidak setiap program memiliki opsi ini di uninstaller-nya. jika program ini tidak memiliki opsi ini, Anda harus mencari pengaturannya di tempat lain.

    [​IMG]

    Gunakan pilihan Reset Settings

    Beberapa program memiliki ulang opsi built-in. Sebagai contoh, Firefox dapat me-reset sendiri ke pengaturan default sehingga kalian tidak perlu dipusingkan dengan folder profil Firefox kalian. Kalian dapat mengakses pilihan ini di Firefox dengan mengklik tombol menu, klik tombol Bantuan (yang berbentuk tanda tanya), pilih Informasi Mengatasi Masalah, dan klik Atur ulang Firefox.

    Chrome, Internet Explorer, dan beberapa program lain memiliki pilihan yang sama.

    [​IMG]

    Cari dan Hapus Setting Program

    Sebelum kalian menghapus apapun, kalian harus ekstra hati-hati. Jika kalian menghapus folder atau registry yang salah, kalian bisa menghapus pengaturan program yang berbeda atau menyebabkan masalah dengan konfigurasi sistem kalian. Di sinilah kebanyakan program menyimpan pengaturan mereka:

    Folder AppData user kalian: Kalian dapat mengakses folder ini dengan cara mengakses path ini pada Windows Explorer kalian:
    C:\Users\[nama user kalian]\AppData

    Folder tersebut tersembunyi secara default. Sebagian besar aplikasi menyimpan pengaturan mereka di AppData\Roaming, tetapi banyak pengaturan tersimpan di folder AppData\Local.

    [​IMG]

    Registri Windows: Kalian dapat membuka Registry Editor dengan menekan Windows Key + R, ketik regedit dalam dialog Run, dan tekan Enter. Kalian biasanya akan menemukan pengaturan program di bawah Software atau HKEY_LOCAL_MACHINE\HKEY_CURRENT_USER\Software. Menghapus pengaturan program ini dengan menemukan lokasi folder, klik kanan, dan menghapusnya.

    Berhati-hatilah ketika melakukan hal ini - menghapus kunci registri yang salah dapat membuat sistem Windows kalian dapat menjadi rusak parah. Misalnya, jika kalian mencoba untuk menghapus pengaturan software Mumble, kalian mungkin langsung dapat menghapus kunci HKEY_CURRENT_USER\Software\Mumble. Tapi jangan menghapus kunci HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft atau kalian dapat menyebabkan masalah yang sangat serius.

    [​IMG]

    Folder ProgramData: Folder ini terletak di C:\ProgramData. Hapus folder untuk program dan itu akan menghapus pengaturannya. Windows memaksa program lama untuk menyimpan pengaturan mereka di folder tersebut jika mereka mencoba untuk menaruh program mereka di folder Program Files. Program Windows modern seharusnya tidak menyimpan pengaturan mereka di bawah folder dalam Program Files.

    [​IMG]

    Aplikasi dapat menyimpan pengaturan mereka di tempat lain, juga. Misalnya, banyak permainan menyimpan pengaturan dan disimpan permainan dalam folder di bawah folder Documents kalian. Sejumlah aplikasi menyimpan pengaturan mereka dalam folder pengguna utama Anda di C:\Users\[nama user kalian].

    Beberapa program menyimpan pengaturan di beberapa tempat yang berbeda - misalnya, baik dalam folder AppData\Roaming dan dalam registri.

    Periksa Program Dengan Proses Monitor​


    Proses Monitor dapat menunjukkan di mana sebuah program menyimpan pengaturannya. HowToGeek telah membahas dengan menggunakan Proses Monitor untuk memeriksa apa yang dilakukan suatu program.

    Jalankan Proses Monitor, dan kemudian buka aplikasi yang ingin kalian reset. Proses Monitor akan membuat log file dan kunci registri - ini akan memberitahu Anda di mana program tersebut menyimpan pengaturannya. Kalian kemudian dapat menggunakan Proses Monitor untuk melihat apa file dan pengaturan program yang digunakan suatu program. Klik menu Filter dan pilih Filter. Buat folder "Image Path" dan pilih jalur program dalam kotak drop-down.

    [​IMG]

    Kalian hanya akan melihat event yang berkaitan dengan program tertentu. Gulir daftar dan cari dimana program menyimpan pengaturannya. Di sini, kita bisa melihat WinDirStat membaca pengaturannya dari kunci registri HKEY_CURRENT_USER\Software\Seifert\WinDirStat.

    [​IMG]

    Tutup program tersebut, hapuslah kunci registri dan file yang sesuai, dan harusnya program tersebut telah diatur ulang ke pengaturan standarnya. Kalian juga mungkin harus menginstal ulang program tersebut setelah melakukan hal ini - itu tergantung pada program. Beberapa program dapat ter-recover dan dengan senang hati akan termulai dengan pengaturan default, sementara beberapa program akan mengeluh karena mereka membutuhkan installer untuk membuat kunci registri untuk program tersebut.

    Menginstal ulang Windows atau meRefresh PC Anda juga akan menghapus semua pengaturan untuk aplikasi yang Anda instal, tapi itu pilihan yang sangat ekstrim!

    Menginstal ulang Windows atau menyegarkan PC Anda juga akan menghapus semua pengaturan untuk aplikasi yang Anda instal, tapi itu pilihan yang lebih ekstrim!

    http://www.howtogeek.com/194563/how-to-reset-a-windows-program-to-its-default-settings/
     

Share This Page