1. Hello Guest, selamat datang di Forum WinPoin. Kamu bisa bertanya, berdiskusi, sharing, dan ngobrolin apapun seputar Windows, Windows Phone, PC, Gadget, atau hal seputar Teknologi lainnya. Selamat berkomunitas! ;)

Dual Boot OS Win 8.1 dan Debian

Discussion in 'Windows 8' started by frezzwpoin, Sep 15, 2014.

  1. frezzwpoin

    frezzwpoin New Member

    Joined:
    Sep 15, 2014
    Messages:
    3
    Halo teman" sekalian :peace:

    Jadi, singkat cerita saya dapat tugas dari kampus untuk menginstall 2 OS nih (tidak boleh menggunakan VirtualBox, WMWare atau sejenis)
    Untuk tugas itu, kemarin saya mengintall Win 8.1 (default) dan Linux Ubuntu
    Untuk cara installnya saya mengikuti langkah-langkah pada post ini : http://winpoin.com/cara-dual-boot-windows-8-1-update-dengan-ubuntu-14-04-lts/
    Dan SUKSES, Terimakasih

    Lalu, tugas berikutnya saya harus menginstall 3 OS, yaitu Windows 8.1, Linux Ubuntu, Linux Debian
    Nah, sekarang saya tinggal menginstall Linux Debian

    Pertanyaan saya :
    - Untuk melakukan Triple Boot apaakah bisa dengan cara pada post sebelumnya (http://winpoin.com/cara-dual-boot-windows-8-1-update-dengan-ubuntu-14-04-lts/) ???
    - Kalau bisa, apakah langkah-langkah untuk mengintall Linux Debian tersebut sama dengan saat pertama install Dual Boot Linux Ubuntu ??
    - Kalau tidak, mohon petunjuk caranya untuk melakukan instalasi Linux Debian ini

    Terimakasih :))
     
  2. Ambrizal Suryadinata

    Ambrizal Suryadinata Saya Ganteng Staff Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    2,587
    Mau Triple Boot, Four Boot, sampe Five Boot bisa kok.
    Caranya masih sama kok tapi ada sedikit perubahan.
     
  3. frezzwpoin

    frezzwpoin New Member

    Joined:
    Sep 15, 2014
    Messages:
    3
    nah perubahannya itu di bagian mana ya ?
     
  4. Ambrizal Suryadinata

    Ambrizal Suryadinata Saya Ganteng Staff Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    2,587
    Mungkin cuman ngubah bootmgr aja.
    biasanya sih gitu.
     
  5. frezzwpoin

    frezzwpoin New Member

    Joined:
    Sep 15, 2014
    Messages:
    3
    hmm, maaf belum ngerti haha

    Di posting ini Dual Boot WinPoin, saya nangkep nya bagian yang penting itu adalah :
    1. Partisi hardisk menjadi 4 (Boot, Root, Swap, Home)
    2. Merubah tempat untuk instalasi, contoh :
      • Setelah itu mount point partisi boot ke /boot dan centang format the partition.
      • Untuk partisi Swap pilih Use as Swap area
      • Dan untuk partisi Root silahkan di mount point ke /
      • dst
    3. Melakukan setting pakai EasyBCD

    Nah, kalau mau install Debian, apa harus partisi hardisk jadi 4 juga ?

    Haha, maaf lagi kalo bkin bingung
     
  6. Ambrizal Suryadinata

    Ambrizal Suryadinata Saya Ganteng Staff Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    2,587
    Ya sudah pasti itu.
    tapi kalau pasangnya di HDD yang kapasitasnya 360GB kebawah, mendingan jangan deh takutnya nanti data cache yang disimpan sementara gak bisa ketampung dan HDD bisa-bisa full dalam hitungan detik.
     
  7. Febian

    Febian Administrator Staff Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    8,032
    Bisa..caranya sama persis..tinggal duplikasi aja partisinya lagi menggunakan langkah yang sama

    Caraku diatas benar2 memisahkan antara satu instalasi OS dengan instalasi OS lainnya
    Efek sampingnya bakal ada banyak partisi, tetapi efek positifnya satu OS dan yang lain sangat terpisah hingga error di satu OS (baik di system boot dsb) tidak akan berpengaruh di OS lainnya

    Sama persis, tinggal menambahkan partisi yang untuk Debian
     

Share This Page