1. Hello Guest, selamat datang di Forum WinPoin. Kamu bisa bertanya, berdiskusi, sharing, dan ngobrolin apapun seputar Windows, Windows Phone, PC, Gadget, atau hal seputar Teknologi lainnya. Selamat berkomunitas! ;)

Eksis Berbisnis di Instagram dengan 5 Social Media Analytic Tools Ini

Discussion in 'General' started by lidya, May 27, 2019.

  1. lidya

    lidya New Member

    Joined:
    May 27, 2019
    Messages:
    1
    Dari semua platform media sosial yang digunakan masyarakat Indonesia, tidak bisa dimungkiri bahwa Instagram menduduki posisi teratas dari jumlah pengguna dan popularitas. Instagram memiliki fitur-fitur menarik yang membuatnya terasa lebih atraktif dan komunikatif dibanding platform lainnya.

    Tidak mengherankan jika Instagram kini menjelma jadi ladang mata pencaharian yang subur bagi banyak orang. Selain menjadi sarana hiburan, Instagram sangat potensial dijadikan media online marketing bagi bisnis atau proyek-proyek non-profit. Jumlah pengguna dan aktivitasnya yang padat adalah keunggulan utama platform Instagram.

    Sebagai media iklan, Instagram adalah paket lengkap karena bisa diisi dengan foto atau video dan dilengkapi penjelasan pada caption. Fitur cerita atau Instastory yang hilang setelah 24 jam diunggah juga menjadi daya tarik tersendiri. Selain itu masih ada tag atau penanda foto, mention dan tagar yang sama pentingnya dalam mendukung sebuah kegiatan publikasi.

    Untuk bisa eksis berbisnis di Instagram, Anda perlu melakukan analisis mendalam. Siapa saja yang melihat unggahan Anda, berapa banyak interaksi yang terjadi di kolom suka dan komentar, seperti apa peningkatan jumlah pengikut Anda, serta bagaimana reputasi brand Anda di tengah produk-produk sejenis. Semua kebutuhan analisis ini bisa dikerjakan menggunakan social media analytic tools.

    Social media analytic tools tak hanya berfungsi untuk Instagram saja, tapi juga platform media sosial lainnya. Namun khusus Instagram, berikut lima social media analytic tools yang direkomendasikan untuk Anda:

    1. Iconosquare
    Tools pertama yang menarik untuk dicoba adalah Iconosquare. Tersedia beberapa paket layanan social media analytic dari Iconosquare, yang termurah dibandrol harga mulai $9 atau setara dengan Rp130 ribu. Iconosquare menganalisa unggahan dalam bentuk foto, video dan Instastory. Tools ini akan memantau tipe unggahan seperti apa yang banyak diminati, apalagi dalam bentuk Instastory yang punya nilai jual tak kalah tinggi.

    Iconosquare juga memiliki fitur audit yang akan membantu Anda sebagai pemilik akun bisnis mengevaluasi performa unggahan. Tools ini akan memilih 30 unggahan dengan performa terbaik dan terburuk dari segi engagement, atau jumlah interaksi di kolom suka dan komentar.

    2. Phlanx
    Anda yang memutuskan berbisnis di Instagram harus mengakrabkan diri dengan para influencer dan selebgram melalui endorse. Kemunculan influencer dan selebgram sebagai pusat perhatian di Instagram adalah peluang emas bagi brand atau bisnis yang sesuai dengan bidang mereka. Menjadikan mereka sebagai brand ambassador akan meningkatkan reputasi brand Anda di mata pengguna Instagram, khususnya pengikut influencer atau selebgram tersebut.

    Nah, untuk membantu Anda menentukan mana influencer yang tepat untuk brand Anda, tools bernama Phlanx ini akan sangat membantu. Phlanx adalah kalkulator engagement, menghitung seberapa besar interaksi sebuah akun dengan pengikutnya. Saat memilih influencer, pastikan Anda sudah mengetahui berapa nilai engagement-nya. Semakin tinggi engagement rate seorang influencer, makin baik dampaknya untuk bisnis Anda.

    3. TapInfluence
    Sama seperti Phlanx, TapInfluence adalah tools yang fokus pada analisis influencer. Tools ini menawarkan fitur yang lebih lengkap, yaitu menyimpan database puluhan ribu influencer lengkap dengan engagement rate dan tarifnya.

    Selain itu, TapInfluence juga memantau sejauh mana kampanye atau publikasi yang dilakukan tiap influencer memberi dampak pada brand Anda. Apakah berjalan efektif atau justru stagnan tanpa adanya peningkatan engagement.

    4. Curalate
    Apakah Anda pernah mengakses link “like2b.uy”? Website ini berisi banyak produk dari penjual yang berbeda-beda. Like2buy menerapkan sistem kurasi, menyeleksi produk-produk terbaik dan terlaris saja dari sebuah toko online untuk ditampilkan dalam website mereka yang berfungsi layaknya etalase. Setiap produk yang dipajang tertaut dengan akun Instagram milik brand tersebut.

    Link “Like2buy” ini adalah produk dari Curalate, sebuah social media analytic tools yang bisa membantu Anda mengoptimalkan kegiatan online marketing di Instagram. Tools ini akan mengelompokkan barang sesuai bidang industri. Jadi lebih mudah bagi Anda untuk memantau kondisi kompetitor.

    5. NoLimit
    Tools yang satu ini jangan sampai Anda lewatkan. NoLimit adalah social media analytic tools asal Indonesia. NoLimit memantau brand Anda dan bidang industru yang terkait dari percakapan netizen, tag, mention, tagar dan akun-akun penting. Laporan hasil pantauannya bersifat real time dan akurat. Anda sebagai klien akan menerima laporan melalui dasbor berbasis website yang mudah dioperasikan.

    Sebagai tools buatan anak negeri, NoLimit lebih peka pada kata kunci yang sedang hangat di Indonesia. Tools ini juga lebih memahami kultur para pengguna media sosial di Indonesia, sehingga mampu memberikan data yang akurat untuk Anda.

    NoLimit memiliki tiga produk utama yaitu NoLimit Dashboard, NoLimit Care dan Online Loyalty. Paket yang ditawarkan tersedia dari gratis uji coba hingga layanan Pro Features, di mana tim analis internal NoLimit akan membantu Anda menentukan strategi bisnis ke depannya.
     
    Last edited: May 29, 2019
  2. GIMORI

    GIMORI Member

    Joined:
    Sep 3, 2017
    Messages:
    43
    boleh juga neh, ke tkp sist
     

Share This Page