1. Hello Guest, selamat datang di Forum WinPoin. Kamu bisa bertanya, berdiskusi, sharing, dan ngobrolin apapun seputar Windows, Windows Phone, PC, Gadget, atau hal seputar Teknologi lainnya. Selamat berkomunitas! ;)

Share Haram Memakai Windows "Bajakan"

Discussion in 'General' started by Leo Kusuma, Feb 1, 2017.

  1. Leo Kusuma

    Leo Kusuma Member

    Joined:
    Jan 15, 2017
    Messages:
    41
    يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَأْكُلُوا أَمْوَالَكُمْ بَيْنَكُمْ بِالْبَاطِلِ إِلَّا أَنْ تَكُونَ تِجَارَةً عَنْ تَرَاضٍ مِنْكُمْ ۚ وَلَا تَقْتُلُوا أَنْفُسَكُمْ ۚ إِنَّ اللَّهَ كَانَ بِكُمْ رَحِيمًا
    "Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil, kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku dengan suka sama-suka di antara kamu. Dan janganlah kamu membunuh dirimu; sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu." <QS An-Nisa (4): 29>

    Begitulah ayat suci Al-Quran yang menjadi pembuka dikeluarkannya Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) tentang "Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual (HKI)". Fatwa Nomor 1/MUNAS VII/MUI/5/2005 yang diterbitkan pada tanggal 19-22 Jumadil Akhir 1426H (26-29 Juli 2005). Disebutkan pada point terakhir yang sekaligus menjadi penegas, "Setiap bentuk pelanggaran terhadap HKI, termasuk namun tidak terbatas pada menggunakan, mengungkapkan, mem-buat, memakai, menjual, mengimpor, mengekspor, mengedarkan, menyerahkan, menyediakan, mengumumkan, memperbanyak, menjiplak, memalsu, membajak HKI milik orang lain secara tanpa hak merupakan kezaliman dan hukumnya adalah haram"

    Begitulah pendapat ulama Indonesia tentang perlakuan kepada Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Termasuk di antaranya perangkat lunak atau software. Termasuk diantaranya Microsoft Windows, bahwa HARAM hukumnya memakai software bajakan. Itu fatwa sudah dikeluarkan sejak tahun 2005, tidak ada koreksi lagi sesudahnya.

    Mengurangi ketergantungan Windows bajakan tidak sulit. Belajarlah buat beralih ke GNU Linux. Saat ini distribusi (distro) berbasis GNU Linux tidak seperti jaman dahulu. Sekarang sudah semakin banyak dimudahkan untuk END USER. Paling tidak sudah ada NIAT BAIK mau mengurangi dosa, itu sudah menjadi PERBUATAN YANG MENDAPATKAN PAHALA. Niat baik bisa dengan menabung agar nanti punya uang buat beli lisensi original. Atau niat baik berpindah ke GNU Linux. Niat baik saja sudah berpahala, apalagi sampai tobat.

    Selengkapnya fatwa MUI dapat dilihat di sini
    http://mtsalhidayahkendal.blogspot.co.id/2011/07/cuplikan-fatwa-mui-tentang-software.html
     
  2. Febian

    Febian Administrator Staff Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    8,032
    Linux sekarang memang sudah sangat user friendly. Linux Mint, Ubuntu, cocok utk pemula yang bahkan belum pernah pegang Linux sebelumnya.

    Sedikit menambahkan, tips sederhana lainnya adalah membeli laptop yg sudah built-in Windows OEM original, karena dengan sedikit selisih harga sudah bisa mendapatkan Windows original yang tentunya full update dan full support.

    Tips lainnya jika mahasiswa silahkan cari info apakah kampusnya tergabung ke program DreamSpark, silakan daftar ke DreamSpark jika memungkinkan. (Baca disini: https://forum.winpoin.com/threads/m...crosoft-microsoft-dreamspark-jawabannya.1189/)

    Jika punya startup, UKM, terlebih di bidang teknologi, bisa mendaftar ke BizSpark. (Baca disini: https://forum.winpoin.com/threads/dapatkan-seluruh-produk-microsoft-dari-microsoft-bizspark.1191/)

    Baik DreamSpark ataupun BizSpark memberikan membernya akses ke MSDN yang berisi original license untuk Windows, Office, dan produk Microsoft lain secara cuma-cuma.
     
    • Like Like x 1
    • Setuju Setuju x 1
  3. Rizal Faisal Akbar

    Rizal Faisal Akbar Well-Known Member

    Joined:
    Sep 9, 2015
    Messages:
    2,236
    terlebih linux mint memiliki interface yang hampir sama dengan windows 10 sekarang.
    cuman harus sedikit pembiasaan kalo penginstalan harus via terminal/storenya linux (duh lupa). meskipun ada beberapa aplikasi juga yang bisa langsung di klik 2x seperti *.exe (kalo di linux familiar dengan format *.tar ; *.tz ; dll)
     
  4. basuseto

    basuseto New Member

    Joined:
    Feb 1, 2017
    Messages:
    3
    solusi sederhana adalah mengubah mindset "mental miskin dan suka gratisan" dihilangkan. caranya lewat pendidikan di sekolah. untuk orang yg sudah bekerja tentu agak sulit. krn udah kebiasaan. dan seharusnya semua komputer yg dipakai untuk tujuan bisnis/usaha WAJIB berlisensi(Windows+aplikasinya). tp banyak yg bajakan. kecuali untuk tujuan pendidikan dan penelitian dr pihak microsoft punya paket khusus yg lebih murah dan terjangkau bahkan gratis. saya pun juga masih pake windows bajakan dan memang berniat untuk membeli versi Original (FPP) saya tidak suka versi OEM walaupun sama saja aplikasinya.
    untuk Linux saya rasa OS ini cocok untuk tujuan edukasi dan profesional. untuk kebutuhan harian belum bgitu greget. krn aplikasi yg beda jauh dr milik microsoft. mayoritas konsumen komputer adalah pemula dan orang yg tidak terlalu paham komputer jd kalo pake linux tentu kesulitan. saya sendiri sudah berkecimpung di per-Linux-an 10 tahun lbih dan masih harus banyak belajar. yg versi x86 saja blm tuntas muncul versi ARM dgn berbagai jenis versi.
     
  5. Aziz Abdurachman

    Aziz Abdurachman Member

    Joined:
    Sep 26, 2015
    Messages:
    33
    Bagaimana dengan musik & film bajakan?
    Saya yakin 100% orang indonesia pernah beli/download cd/dvd/mp3 dll bajakan, dan 95% orang indonesia ga tau kalau mp3, mp4 & mkv itu pasti bajakan.

    Untuk lisensi OEM, sudah ada ketentuannya kok, selama kita merakit PC sendiri atau menjualnya, lisensi OEM itu legal walaupun harganya bisa sampai 10% harga lisensi Retail. Yang tidak boleh (haram) itu, kita beli PC build up yang tanpa OS atau dengan OS selain Windows tapi dipasang windows OEM. Misalnya laptop yg asal dari pabriknya terinstall ubuntu tanpa windows, terus dipasang windows OEM, itu pelanggaran atau haram, begitu juga misalnya dengan iMac diinstall windows OEM, keduanya harus dipasang Windows Retail baru jadi legal.
     
  6. basuseto

    basuseto New Member

    Joined:
    Feb 1, 2017
    Messages:
    3
    untuk musik sekarang udah gak ada grup yg menjual dalam bentuk CD. krn memang keuntungan dr sebuah CD gak seberapa. sekarang jamannya youtube, kita bisa download lagu di youtube yg di terbitkan oleh label2 musik resmi dan bebas di download. bgitu juga dgn film, sekarang banyak web2 yg menyediakan ribuan film yg gratis untuk di tonton.
    hanya saja tidak boleh dijual, hanya boleh di tonton sendiri. bahkan sekarang ada OS linux sekaligus komputernya yg khusus untuk menonton film atau musik secara online atau offline. harganya pun murah meriah.
     
  7. Leo Kusuma

    Leo Kusuma Member

    Joined:
    Jan 15, 2017
    Messages:
    41
    Format MP3 memang dikeluarkan resmi oleh pihak pemilik resminya, biasanya hanya untuk sampel. Kualitasnya biasa, dan kurang bagus kalau diputar di media Hi-Fi. Kalau mau cari yang orisinil disimpan dalam format WAV, dan itu ukurannya besar. Begitu pula dgn format film MP4, terkadang dikeluarkan oleh produser resminya sebagai sampel saja. Kalau yg orisinil biasanya disimpan dlm format MPEG, ukurannya besar, tetapi menghasilkan kualitas gambar yg cukup bagus kalau diputar di layar 4k.
    Kalau orang Amerika biasanya setelah mencoba versi demo (MP3/MP4), mereka nanti akan beli versi original. Hanya kurang dari 28% yang bertahan dengan kebiasaan bajakan. Kesadaran tinggi atas HAKI membuat kontribusi sektor kreatifnya mampu mendongkrak sekitar 18% pertumbuhan ekonomi.
     
  8. echi

    echi Active Member

    Joined:
    Apr 10, 2016
    Messages:
    296
    alhamdulilah semua produk ane pake kecuali idm (rencana ingin beli lisensi dari thn 2015 tapi gk jadi dan jg di thn 2016 gk jadi juga dan masih direncanakan utk tahun ini :'D) dan semua produk ori yg ane pake dapet dari @Oelek Boeloe terima kasih bang:penasaran:
     
    • Like Like x 1
  9. Febian

    Febian Administrator Staff Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    8,032
  10. raxion

    raxion Well-Known Member

    Joined:
    Mar 16, 2016
    Messages:
    1,058
    EagleGet lumayan bagus sih bang. Cuma ane kadang suka bermasalah, speed downloadnya kadang suka ngedrop sendiri.
    emang untuk download IDM yg paling bagus sepanjang sejarah pemakaian ane wkwkwk
     
  11. echi

    echi Active Member

    Joined:
    Apr 10, 2016
    Messages:
    296
    ane juga gitu kalau pake eagleget dulu pake ini cuma buat downlod pdf doang
     
  12. Yusril Ibnu

    Yusril Ibnu Winpoin Staff Staff Member

    Joined:
    May 12, 2014
    Messages:
    6,351
    menghindari dari kata bajakan sangat sulit, saya yakin sebagian besar orang Indonesia pernah memakai produk bajakan, baik software, games, os, film atau musik, gak perlu dikalangan personal, di kalangan industri saja saya kerja softwarenya bajakan. Cukup sulit menghindari nya, apalagi kita negara berkembang yang memiliki ekonomi pas pasan, buat makan sebulan aja belum tentu cukup, apalagi beli yang Harganya lumayan...
     
  13. Aziz Abdurachman

    Aziz Abdurachman Member

    Joined:
    Sep 26, 2015
    Messages:
    33
    gan, ente kayaknya salah tanggap deh. simpelnya gini aja, ane ngasih tau kalo musik dan film bajakan juga haram. Musisi dan Aktor itu adalah pekerjaan, dan pekerjaan itu mencari uang. Kalo musik atau filmnya yang harusnya dijual untuk cari duit untuk makan si musisi atau aktor itu bisa kamu peroleh dengan cara belakang, itu sama aja artinya dengan mencuri juga.
    Youtube tidak menyediakan vidonya untuk bisa didownload secara resmi, cuma banyak anak nakal (web) yang menyediakan jalur lewat belakang biar video youtube bisa didownload, karena yang namanya streaming pasti ada file yang di stream dong? nah file itu yang dicomot si anak nakal.
    Segala bentuk pembajakan mau digunakan secara pribadi atau komersil, tetap ilegal.
    Beda ceritanya dengan proyek non komersil, ga mungkin film non komersil tampil di bioskop atau di TV yang ada iklannya.
    Ups, kamu nonton TV juga itu termasuk tidak gratis loh, karena kamu adalah prodak dari iklan, si iklan membeli penonton TV, dan si stasiun TV bisa membeli Film. Atau TV berlangganan juga ada iurannya kan? Itu ga gratis. Tapi tetap legal.


    MP3 bukan format resmi dan menurut saya tidak bisa menjadi format resmi. Format resmi 90% ber-DRM kecuali musik keperluan promo atau non komersil (sudah pernah beli-download lagu resmi belum?). Beberapa label merilis format MP3 hanya karena tujuan pasar, dulu musik digital original itu formatnya WMA, pakai DRM dan tidak bisa dicopy ke komputer atau device lain dan sekarang sudah digantikan dengan AAC dan FLAC, sama seperti kita ga bisa secara langsung copy file track CD Audio ke komputer, harus di re-encode dulu, yang prakteknya sama dengan menggandakan kaset musik. Begitu juga dengan MP4, saya belum pernah ngeliat Film format digital yang distribusinya resmi (yang diperjual belikan) yang filenya bisa dicopy dan diplay di media player/vlc/dll, semuanya harus diplay di webnya atau di aplikasinya, sama seperti mp3, MP4 yang merupakan alternatif untuk membajak DVD dan MKV yang bisa bikin file Remux dari BluRay.


    Tunggu maaf!
    Saya disini bukan maksud mempermasalahkan format musik atau film.
    Tapi saya menekankan mengapa memakai windows bajakan haram tapi mendengarkan musik bajakan dan menonton film bajakan tidak diharamkan juga? Programmer, musisi, aktor, produser, semuanya adalah pekerjaan, dan produknya adalah Software, OS, Film dan Musik. Kalo produknya tidak kita peroleh dengan sebagaimana mestinya, berarti kita mengkonsumsinya secara ilegal!
     
    Last edited: Feb 1, 2017
    • Setuju Setuju x 3

Share This Page