1. Hello Guest, selamat datang di Forum WinPoin. Kamu bisa bertanya, berdiskusi, sharing, dan ngobrolin apapun seputar Windows, Windows Phone, PC, Gadget, atau hal seputar Teknologi lainnya. Selamat berkomunitas! ;)

Ask Hardisk External Rusak

Discussion in 'Hardware' started by ilhamz, Jan 21, 2017.

  1. ilhamz

    ilhamz Member

    Joined:
    Sep 24, 2013
    Messages:
    90
    Hardisk ga mau kebaca. Ada solusi cara mbenerinnya? Semua data penting disitu semua soalnya.

    Pernah jatuh dari ketinggian hampir 1 meter, kayaknya mendarat horizontal masih hidup, casing copot aja bisa dipakai tanpa masalah.

    Jatuh lagi, kejadian sama, bisa dibuka, ada data bisa dicopy, dibaca/ dibuka, tapi ada yang error, gagal copy, ga cuma satu, dan ada juga yang berhasil copy, eject, dicek di lokasi target copy hasilnya hilang. Ada juga banyak file yang bisa dibuka kayak video bisa diputar sampai akhir, ada yang cuma separuh dan erorr ada yang ga bisa sama sekali.
    Saat dicolokkan ke computer ga kedetek, dah coba PC lain, colokan, kabel USB lain tetap sama. Tapi pernah sekali berhasil tapi ga bisa ngopi yang mau dicopy (mungkin salah satu file yang ga bisa dibaca seperti diatas) dan berberapa saat keluar lagi, ga kedetek lagi.
    Tapi saat dicolokkan kedetek di task bar, namanya sama seperti biasa, Element apa gitu lupa. Di disk management juga ada, tapi di propertiesnya deskripsinya 'unavailable' atau apa gitu.
    Bad sector ya? Atau cuma cluster tertentu dari sebagian piringan didalam yang rusak (jadi ada data selamat penuh sampai cuma sebagian isinya saja) Tapi mungkin iya sebelum ga bisa kedetek, yang error error sebagian diatas itu.

    Pas dicolokkan bergetar seperti biasa, suara mutar seperti biasa, indikator nyala seperti biasa (ini nyala kedip sebelum ga bisa kedetek, kalau pas ga bisa kedetek nyala tetap), agak lama kemudian ada bunyi 'klik klik' didalam, kayak ga seperti biasanya gitu, tapi ga ada bunyi keras kayak 'beep beep'.

    Coba search itu masih bisa dicoba diselamatkan ke ahli reparasinya, piringannya ada yang diperbaiki atau diganti gitu, tapi ya konsekuensi data yang masuk cluster piringan rusaknya hilang karena diganti, tapi mahal. Itu bener ga? Kalau bener dimana, perkiraan harga?
    Kalau ga bisa paling ga bisa ngebalikin data list nama file filenya gak?

    Konsekuensi kurang jaga jaga sama hardisk, jatuh 2x [​IMG]:( 1x karena temen, terakhir 1x karena sendiri lupa kalau ada hardisk dibelakang dan jatuh). Bingung ni, ga bisa ngapa ngapain. Rasanya kayak kereset begitu aja sebagian hasil mulai dari hiburan sampai data penting bertahun tahun.

    Ada apa aja kemungkinan solusinya?

    Terimakasih sebelumya.
     
  2. raxion

    raxion Well-Known Member

    Joined:
    Mar 16, 2016
    Messages:
    1,132
    Kalo sampe jatuh 2 kali gitu, kayaknya kemungkinan piringannya deh yang rusak. Agan masih untung itu bisa dipake. Ane kemaren jatuh dari kurang lebih 2-3 meter seketika piringannya stuck kaga mau muter.
     
  3. Leo Kusuma

    Leo Kusuma Member

    Joined:
    Jan 15, 2017
    Messages:
    40
    Cari hard disk eskternal jenis SSD. Dijamin berapa kali jatuh masih solid datanya. Asalkan tdk rusak di konektornya saja.
     
  4. ilhamz

    ilhamz Member

    Joined:
    Sep 24, 2013
    Messages:
    90
    Setelah 2x jatuh ga bisa kedetek, cuma muter dan seperti yang ane tulis diatas. Itu Hardisk berarti sudah ga bisa ditangani/ diperbaiki? Bisa diambil data sebagian (mungkin cuma berberapa piringannya rusak, ane ga tau persis ini cuma hipotesa, gaptek soalnya)? Atau paling engga ada cara ngelist itu isinya apa aja, walau cuma daftar nama file dan folder?

    SSD, mungkin lain kali kalau ada rezeki. Makasih sarannya.
     
  5. Rizal Faisal Akbar

    Rizal Faisal Akbar Well-Known Member

    Joined:
    Sep 9, 2015
    Messages:
    2,546
    kemungkinannya berhasil di selamatkan pun sangat tipis. terlebih kalo cakramnya retak.
    mungkin coba saja untuk dibawa ke bengkel HDD di kota kamu. atau kamu bisa tanyakan ke vendor HDD yang kamu punya sekarang apakah datanya bisa diselamatkan atau tidak.


    mungkin kedepannya agar lebih hati-hati saja.
     

Share This Page