1. Hello Guest, selamat datang di Forum WinPoin. Kamu bisa bertanya, berdiskusi, sharing, dan ngobrolin apapun seputar Windows, Windows Phone, PC, Gadget, atau hal seputar Teknologi lainnya. Selamat berkomunitas! ;)

Ask Hdd

Discussion in 'Windows 10' started by syaa, Jun 8, 2016.

  1. syaa

    syaa Member

    Joined:
    Jan 27, 2016
    Messages:
    55
    Hdd gua bersuara gan
    Ada yang pernah?
    Cara ngatasinya gimana? Makasih gan
     
  2. Alifiardi

    Alifiardi Active Member

    Joined:
    Sep 19, 2015
    Messages:
    542
    Dikutip dari Cronosal Blog:
    Matikan lalu nyalakan kembali

    Ketika sedang beroperasi namun tiba-tiba berbunyi dan program menjadi Not Responding maka sesegeralah mematikan komputer sobat. Paksa matikan dari tombol power? Ya memang itu jalan singkatnya :v . Cabut sumber daya listrik ke komputer kemudian diamkan selama kurang lebih 3-6 jam kemudian nyalakan kembali. Masih belum bekerja? Ikuti metode lain dibawah ini!


    Cabut kabel PSU ke HDD lalu pasang kembali

    Metode ini dilakukan ketika komputer dalam keadaan mati. Cabut kabel yang menghubungkan PSU ke HDD, tunggu beberapa detik kemudian pasang kembali dan coba nyalakan komputer sobat. Biasanya metode ini cukup ampuh, namun jika belum bekerja, lakukan metode dibawah ini!


    Ketok Magic

    Sebenarnya cara ini not recommended karena kemungkinan berhasilnya cukup kecil. Matikan komputer kemudian ketuk bagian tengah HDD dengan tangan. Jangan terlalu keras dan jangan terlalu lemah. Kemudian nyalakan kembali. Mengetok HDD (jika beruntung) dapat memperbaiki posisi jarum agar tidak berbunyi lagi. Masih belum bisa? Next!


    Coba ganti PSU

    Asupan daya yang tidak stabil dapat mempengaruhi perputaran piringan HDD. Apalagi jika PSU sobat sudah tidak kuat memasok daya dan umurnya sudah terlalu tua. Cukup pinjam PSU teman untuk ditest di komputer sobat. Jika ternyata berhasil, dapat kita simpulkan bahwa terjadi kerusakan pada PSU sehingga daya yang diterima HDD tidak stabil. Belum bisa? Langkah terakhir adalah...


    Bawa ke tempat service

    Jika HDD sobat sudah tidak tertolong lagi maka segeralah bawa ke tempat service (terpercaya) untuk diperbaiki. Namun bila kerusakannya sudah cukup parah, mintalah untuk menyelamatkan data-data penting pada HDD.
     

Share This Page