1. Hello Guest, selamat datang di Forum WinPoin. Kamu bisa bertanya, berdiskusi, sharing, dan ngobrolin apapun seputar Windows, Windows Phone, PC, Gadget, atau hal seputar Teknologi lainnya. Selamat berkomunitas! ;)

Share Himbauan untuk yang masih pakai WP8.1 terkait perubahan Onedrive

Discussion in 'Windows 8' started by Aziz Abdurachman, Jun 25, 2016.

  1. Aziz Abdurachman

    Aziz Abdurachman Member

    Joined:
    Sep 26, 2015
    Messages:
    33
    Halo semua, saya mau sharing pengalaman tentang dampak yang terjadi oleh perubahan Onedrive ke Windows Phone 8.1, kebetulan karena saya masih di OS itu.
    Kalian yang masih pakai WP8.1 pasti tau kalo sejak bulan lalu Onedrive ada perubahan API, jadi beberapa fitur yang harusnya bisa terbackup jadi tidak bisa di backup dan muncul pesan error “We can’t connect to OneDrive to back up. Update your phone and try again.” setelah progres lebih dari 90%.

    reff: http://answers.microsoft.com/en-us/...o/ade8056f-967c-4f3b-a454-13c171f3e0cd?auth=1

    Saya pengalaman sendiri sejak 2 minggu yang lalu, saya kira ini masalah jaringan, dan sejak saat itu beberapa App mulai bermasalah, misalnya whatsapp yang akan crash kalau dibuka untuk kedua kalinya (jadi harus restart dulu kalo mau buka lagi), BBM yang crash kalau liat feed, 6tin (haha jadi malu) yang crash kalo buka profil yang match.
    tapi hari selasa kemarin muncul popup yang menyuruh saya untuk melakukan backup karena sudah 3 minggu tidak backup, akhirnya saya melakukan backup dan karena error tersebut saya melakukan lebih dari 5 kali. Dan tepat setelah itu tidak ada App non-native & App non-system yang bisa dibuka, semua crash setelah splash screen. Ternyata setelah saya browsing di forum Windows Central masalah ini tidak terjadi di saya saja, tetapi di beberapa user lain pengguna Lumia 620 (saya) & Lumia 520 yang notable hardwarenya 11-12.

    Akhirnya saya hard reset, pertama saya restore backup dan hard reset kedua tidak resore backup, semuanya tidak ada yang menyelesaikan masalah ini, semua app masih crash. Akhirnya saya reset/flash pakai WDRT, balik ke WP8.1 lagi (terus update lagi ke WP8.1u1) ga restore backup, awalnya lancar, tapi setelah saya buat backup & tentunya muncul error We can’t connect to OneDrive to back up. Update your phone and try again.” lagi, beberapa App mulai crash lagi. Dan tanpa pikir panjang saya ulangi lagi flash WDRT, kali ini saya restore backup, tapi setelah restore saya matikan setting App & Setting Backup. Ajaibnya sekarang WP8.1u saya lancar tanpa masalah.

    Saya ambil keputusan kalau error App crash tersebut disebabkan oleh onedrive, entah karena apa tapi ini sudah saya praktekan. Entah cuma di Lumia chipset S4 ram 512 saja atau di OS 8.10.14219.341 saja. Yang pasti kalau saya melakukan backup (kalau restore sepertinya tidak, karena saat ini saya restore tapi backup dimatikan), pasti ada saja App yang crash.

    Jadi saran saya, yang masih pakai WP8.1 matikan fitur Backup App & Setting saja untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

    Semoga bermanfaat.
     
    Last edited: Feb 2, 2017
    • Like Like x 1
    • Bermanfaat Bermanfaat x 1
  2. Febian

    Febian Administrator Staff Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    8,032
  3. Yusril Ibnu

    Yusril Ibnu Winpoin Staff Staff Member

    Joined:
    May 12, 2014
    Messages:
    6,351
    untung lah saya sudah upgrade ke devices win 10 m..
    sepertinya microsoft sudah mulai lupa dengan wp 8, Padahal wp yang dulu memiliki performa maksimal dan kualitas kamera yang lebih baik. Thanks infonya.. Semoga masalah ini di dengar microsoft untk di perbaiki.
     
  4. Rizal Faisal Akbar

    Rizal Faisal Akbar Well-Known Member

    Joined:
    Sep 9, 2015
    Messages:
    2,236
    dulu pernah ngalamin ini pada awal-awal.
    pernah baca di satu artikel juga ada yang bermasalah dengan ini (kalo ga salah sih di windows central atau forum apa lupa).
    ada permasalahan pada proses rewrite pada onedrive sepertinya. setelah history backup di onedrive dihapus dan coba lagi buat ngebackup, normal semua.

    tapi emang efeknya ada beberapa aplikasi yang bakal crash.
     
  5. Krisnanda Juni Antara

    Krisnanda Juni Antara General Moderating Staff Member

    Joined:
    Apr 21, 2014
    Messages:
    2,470
    waduh pantes aja Foo IRC, CCPlayer ama Settings ngga bisa dibuka, ini penyebabnya toh. gw paling fatal ga bisa buka setting malah ;w;, jadinya downgrade dulu bru upgrade lagi
     
  6. Joe_Bima

    Joe_Bima Member

    Joined:
    May 2, 2016
    Messages:
    579
    apakah ada solusi gan...???
     
  7. Aziz Abdurachman

    Aziz Abdurachman Member

    Joined:
    Sep 26, 2015
    Messages:
    33
    @ all
    kayaknya memang microsoft bukan cuma ninggalin WP8.1 tapi mengorbankannya, soalnya kalo dibandingin dengan WP7 yang ditinggalin tapi masih bisa dipakai (walau banyak fitur yg udah ga fungsi) di WP8/WP8.1 banyak fitur yang dimigrasi untuk W10M yang berdampak negatif ke WP8/WP8.1

    baru kemarin saya baca di WMPU katanya WP8.1 banyak yang ngalamin masalah ga bisa konek ke akun microsoft sejak beberapa hari yg lalu bagi pengguna baru dan yang habis hard reset & reinstall (pengguna lama yg udah konek tetap aman), jadi ga bisa download app, backup, sync, dsb = bikin smartphone jadi stupidphone. sampai sekarang yang saya tahu belum ada fix dari microsoft. jadi sementara ini jangan hard reset atau reinstall dulu.
    Soalnya fix untuk app crash itu cuma dengan cara reinstall dan matiin backup/jangan pakai backup/kalo bisa jangan restore backup
     
  8. Joe_Bima

    Joe_Bima Member

    Joined:
    May 2, 2016
    Messages:
    579
    seumpama sekarang up ke w10 gimana..???
     
  9. Rizal Faisal Akbar

    Rizal Faisal Akbar Well-Known Member

    Joined:
    Sep 9, 2015
    Messages:
    2,236
    dicoba saja. minta experience kamu setelah up ke w10m apakah ada masalah seperti diatas atau tidak
     
  10. Joe_Bima

    Joe_Bima Member

    Joined:
    May 2, 2016
    Messages:
    579
    semoga lancar jaya, males SR, setting sana sini ntar... :D
     
  11. Krisnanda Juni Antara

    Krisnanda Juni Antara General Moderating Staff Member

    Joined:
    Apr 21, 2014
    Messages:
    2,470
    Kalau mau ini difix sama team Mobile Microsoft satu satunya cara ya kalian report bug tersebut atau bikin petisi online biar microsoft cepat menanggapi bug tersebut
     
    • Like Like x 1

Share This Page