1. Hello Guest, selamat datang di Forum WinPoin. Kamu bisa bertanya, berdiskusi, sharing, dan ngobrolin apapun seputar Windows, Windows Phone, PC, Gadget, atau hal seputar Teknologi lainnya. Selamat berkomunitas! ;)

Solved indikator baterai laptop menyala tapi tidak menampilkan apa-apa - Toshiba Satellite c840

Discussion in 'Hardware' started by Deni Arif Prayoga, Oct 20, 2018.

  1. Deni Arif Prayoga

    Deni Arif Prayoga Member

    Joined:
    Oct 25, 2014
    Messages:
    246
    Agan-agan, mau tanya nih. saya lagi bawa laptop orang merek Toshiba Satelite c840. diminta buat instal windows 10. tapi karena kondisi engsel sebelah kiri itu dudukan baut di covernya udah patah jadinya bodi laptop deket engsel kiri itu kebuka dan saya ngerasa risih. akhirnya saya coba bongkar buat liat mungkin ada yg bisa dibenerin. pas proses bongkar, ada baut yg ternyata udah aus, dan susah dibuka. akhirnya saya tutup lagi. tapi pas dihidupin yg nyala cuma indikator baterai (warna putih) tapi layar gak menampilkan apa-apa. kipas awalnya hidup tapi langsung berhenti. dan begitu terus kondisinya.

    barangkali disini ada yg tau kira-kira apa penyebab laptopnya gak menampikan apa-apa, atau apa yg seharusnya saya lakuakan, atau ada yg pernah ngalamin kejadian serupa? terimakasih.
     
  2. YehezkielLee

    YehezkielLee Member

    Joined:
    Jan 26, 2016
    Messages:
    137
    Halo,Menurut saya kalau problem seperti masalah yang kamu hadapi,ada banyak kemungkinan yang terjadi.

    Yang pertama,kamu boleh coba terlebih dahulu pengecekan RAM,apakah socket-pin nya sudah terpasang dengan benar?,apakah ada noda hitam di socketnya?,jika ada kamu bisa gunakan alat sederhana seperti Penghapus dengan cara menggosokan Penghapus ke Plat kuningan pada socket atas dan bawah,ataupun dengan cara menghembuskan ke socket tersebut.

    Yang kedua yaitu Chipset atau north/southbridge,kamu bisa melakukan pengecekan Jalur utama power tersebut,jika voltase drop,kemungkinan ada kerusakan pada Chipset kamu.Kerusakan Chipset adalah kerusakan yang cukup umum di kalangan laptop yang sudah mulai tua-seiring waktu.


    Yang ketiga,Processor.Kamu bisa cek kaki plat kuningan processor kamu,ada kemungkinan yang sangat kecil yaitu mur di penguncian processor longar,kamu bisa membersihkanya dengan sikat yang halus agar debu tidak semakin menyebar dan menyumbat.

    Yang ke empat,apakah blower fan laptopnya hidup?,ada beberapa kasus dimana prosesor tidak merespon jika kipas tidak terpasang dengan benar,maka board otomatis mati karna kegagalan sistem pendinginan.

    Jika masalah sudah terpesahkan silahkan ubah Thread ke Solved ya....

    _CMIIW_
     
    Last edited: Oct 25, 2018
  3. Ibnu Fath

    Ibnu Fath Member

    Joined:
    Jul 31, 2015
    Messages:
    60
    Pengalaman saya buka laptop lenovo dan acer, itu sepertinya corrupt di bios. Mungkin pas buka kena sentuh komponen kelistrikan. Cara mengatasinya biasanya direset bios. Gambarannya seperti mereset CPU. di CPU biasa ada jumper reset bios. Masalahnya kalau di laptop gak ada. Untuk kasus yang saya tangani, buka batre laptop, tekan tombol power barang 15 sampe 30 detik, lepaskan, colokkan power listrik, hidupkan tanpa batre. Biarkan sampe masuk windows. matikan laptop, cabut kable power kemudian pasang kembali batre. Hidupkan kembali

    Jika masih belum hidup. Buka casing laptop. Copot batre bios laptop. biarkan beberapa menit. Pasang kembali semuanya. Colokkan listrik tanpa batre. hidupkan.

    Semoga membantu
     
  4. Deni Arif Prayoga

    Deni Arif Prayoga Member

    Joined:
    Oct 25, 2014
    Messages:
    246
    udah gan makasih. karna kemarin saya bener2 gak paham dan takut ntar malah tambah parah, saya bawa aja ke tempat servis. katanya cuma masalah slot dudukan ram yg terkena korosi (katanya gitu). jadi ya alhamdulillah gak sampe kena mobo.
     

Share This Page