1. Hello Guest, selamat datang di Forum WinPoin. Kamu bisa bertanya, berdiskusi, sharing, dan ngobrolin apapun seputar Windows, Windows Phone, PC, Gadget, atau hal seputar Teknologi lainnya. Selamat berkomunitas! ;)

Ask Kapan Harga PC Part kembali normal? (Please minners, stop it...)

Discussion in 'Hardware' started by ThomasTheEnemy, Jul 17, 2017.

  1. ThomasTheEnemy

    ThomasTheEnemy Member

    Joined:
    Nov 25, 2015
    Messages:
    38
    Ada yang tahu kapan kira2 harga PC Part, terutama Graphic card, kembali ready stock dengan harga normal?

    Untuk yang belum tahu harga VGA akhir akhir ini menggila di situs belanja online. Di toko retail resmi semua ludes tak tersisa. Semua ini karena VGA card digunakan untuk menambang Bitcoin dll. Saya sih tidak menentang hal itu, tetapi fenomena tersebut membuat VGA selayaknya beras yang ditimbun supaya harga naik drastis. Bayangkan, satu VGA RX 580 yang biasanya seharga 3,5-4,5 juta sekarang bisa 7 juta ke atas, kan gila.

    Mungkin saya terdengar marah2 di sini karena saya tidak tahu harus protes ke siapa. Kalo beras atau cabai naik bisa protes ke bulog/pemerintah. Nah kalo VGA mahal ke siapa? Saya punya persiapan rakit PC baru di bulan Juni lalu. Harga mulai meroket terus sampai saya tunda2 dan berharap turun. Sampai tanggal sekarang harga sudah keterlaluan, dan lebih ngeselin lagi karena stock HABIS. Mungkin saya rela bayar seharga 4,5-5 juta, tapi gak ada stock untuk harga segitu.

    Jujur kalo ada yang bisa kasih saran atau informasi mengenai STOCK VGA di Indonesia saya terbantu sekali. Buat saya yang sudah menjual PC gaming saya sejak bulan Februari lalu, ini benar2 meresahkan. Demikian curhatan dan marah2 saya. Terima kasih.
     
  2. Ambrizal Suryadinata

    Ambrizal Suryadinata Saya Ganteng Staff Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    2,592
    Hmm kapan ya?.
    Sebenarnya harganya masih sama, cuman karena susah dapetinnya dan kadang harus cari kemana - mana. Efeknya biaya transportasi meningkat dan harganya pun meningkat.
     
  3. raxion

    raxion Well-Known Member

    Joined:
    Mar 16, 2016
    Messages:
    1,132
    perasaan sekarang mining bitcoin ga terlalu untung lagi deh
    harusnya agan udah tau apa yg namanya "halving" kalo pernah coba ( jumlah bitcoin yang didapat dibagi 2 setiap beberapa block )
    dan kayaknya cuma di toko online aja ya? di toko fisik kemaren ane cek harganya masih standar kok ( meski kudu order dulu )
     
  4. ThomasTheEnemy

    ThomasTheEnemy Member

    Joined:
    Nov 25, 2015
    Messages:
    38
    Emang sih harga gila-gila-an di toko online. Ane cari di online karena toko fisik pada out of stock semua. Kurang tau kalo bisa order dulu, soalnya dari pihak toko belum tau kapan bakalan restock. Untuk mining, ane baru tau dari temen. Ane pikir hal hal beginian cuman terjadi di belahan dunia barat aja, ternyata di Indonesia berdampak juga. Gedegnya ane telat taunya, jadi barang pada habis duluan.

    Untuk masalah lagi untung atau lagi turun sih ane kurang paham, yang ane tau sekarang lagi merhatiin harga Ethereum aja. Kalo bitcoin itu kerjaan temen ane, jadi base by his opinion. Berdasarkan harga, sekarang sih lagi jatoh dalem, tapi ga tau bakalan rebound apa enggak (moga2 aja enggak). Yang penting buat ane sih ada stock dengan harga normal. Misalkan bitcoin/ethereum jatuh harganya, terus mereka jual puluhan VGA mereka, kan jadinya itu 2nd product. Bukannya ane anti used item, tapi logikanya VGA atau komponen lain yang abis dipake mining berhari2 pasti udah overused, dan gak tau lagi kualitas heatsink atau paste nya masih bagus apa enggak.

    Harapan ane sih awal Agustus stock balik di pasaran, kalo harus order atau pre-oder okelah, yang penting ada. Kalo ada yang kerja di Mangga dua mungkin bisa share.
     
  5. Ricky Yohanes

    Ricky Yohanes Well-Known Member

    Joined:
    Jun 22, 2015
    Messages:
    1,587
    Sejauh saya ketahui, harga part PC biasanya mengikuti harga kurs dollar. Kalau kurs dollar lagi tinggi, harga part PC juga tinggi. Kalau kurs dollar rendah, harga part PC ikut rendah, tapi masih agak tinggi karena diimbangi juga dengan tarif pajak impor. Sekarang ini (Juli 2017) harga part PC memang agak normal, tetapi untuk laptop harganya sekarang lagi tinggi.
    Biasanya kalo saya mau beli laptop atau part PC biasanya saya ke Mangga Dua. Harganya relatif miring (bukan murah ya).
     

Share This Page