1. Hello Guest, selamat datang di Forum WinPoin. Kamu bisa bertanya, berdiskusi, sharing, dan ngobrolin apapun seputar Windows, Windows Phone, PC, Gadget, atau hal seputar Teknologi lainnya. Selamat berkomunitas! ;)

Kenapa Free Memory 0 di Task Manager Windows?

Discussion in 'Windows 7' started by Vanzine, Aug 16, 2014.

  1. Vanzine

    Vanzine Member

    Joined:
    Aug 16, 2014
    Messages:
    523
    Fixed! :goodjob:
     
  2. Febian

    Febian Administrator Staff Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    8,032
    Aku liat dari screenshot tidak ada yang salah dengan itu.
    Jangan salah memahami "free" memory di task manager tersebut.

    Free adalah jumlah memory yang bener2 kosong..gak kepake apa2..tidak ada apa2 didalamnya..dan jumlah sangat minim seperti itu wajar.

    Memory yang bisa digunakan jika aplikasi membutuhkannya ada di bagian yang Available, bukan yang Free. Jadi jangan salah paham dalam mengartikannya.

    Memory Available ini berisi memory free dan sebagian besar cached memory. Jadi kalau aplikasi butuh RAM, maka dia akan langsung menggunakan alokasi dari memory Available.

    Windows sangat pintar dalam memanajemen penggunaan memory. Jadi sebenarnya memory kamu tidak akan dibiarkan kosong (free). Ketika ada memory sisa yang tidak digunakan oleh aplikasi, maka dia akan digunakan untuk menyimpan cache. Tujuannya supaya proses bisa berjalan lebih cepat jika data tersimpan di cache memory (ya..kecepatan baca memory lebih cepat daripada HDD). Karena itu memory tidak pernah dibiarkan kosong (free). Dia akan terus digunakan secara maksimal (kecuali tidak ada hal yang perlu di cache, maka bagian free bisa cukup banyak).

    Ketika aplikasi lain membutuhkan tambahan ram, maka windows tinggal membersihkan cache tersebut dan mengalokasikan sesuai kebutuhan aplikasi itu.

    Jadi yang ada di task manager kamu itu wajar..bukan masalah..dan gak perlu kaget. Memang begitu cara kerjanya.
     
  3. Vanzine

    Vanzine Member

    Joined:
    Aug 16, 2014
    Messages:
    523
    Iya seh gan , Ane juga bingung Masalah Dari Office 2013 Atau Kaspersky internet Security 2015 . Karena Lalu2 itu ane install kedua2 nya buka Google Chrome Not Responding Mulu :(
     

Share This Page