1. Hello Guest, selamat datang di Forum WinPoin. Kamu bisa bertanya, berdiskusi, sharing, dan ngobrolin apapun seputar Windows, Windows Phone, PC, Gadget, atau hal seputar Teknologi lainnya. Selamat berkomunitas! ;)

Kenapa StarUp Laptop Lebih Cepat dari PC

Discussion in 'Windows 8' started by Evan Pradikta, Oct 23, 2014.

  1. Evan Pradikta

    Evan Pradikta Member

    Joined:
    Sep 21, 2014
    Messages:
    132
    Salam :imut2:

    mau tau ni ilmu dari master2 disini , kenapa StartUp di Laptop lebih cepat daripada di PC ya
    jadi ini pengalaman saya yang sama2 habis fresh instal windows 8.1 di PC saya dan laptop adek , kalo diliat2 k StartUp di laptop lebih responsif ya ? dengan acuan saya baru fresh instal Windows 8.1 dan instal driver laptop dan PC tanpa instal software2 lainnya .
    kalo diliat malah spek PC saya lebih baik ketimbang laptop adek yang masih core2duo , juga saya pernah membandingakan laptop lain punya teman yang juga was wus saat starup (malah itu udah bnyak software yang terinstal dan gak otak atik startup setting)..
    kalo di PC masuk lockscreen nya yang agak lama ketimbang laptop yang langsung was wus :ketawa:

    pertanyaannya , apakah ada alasan tentang startup di PC dan Laptop yang lebih responsif di laptop ?
     
  2. Febian

    Febian Administrator Staff Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    8,029
    Sebenarnya faktornya bukan Laptop vs PC, tp lebih dalam daripada itu
    Kecepatan startup ditentukan oleh banyak faktor, kecepatan HDD, RAM, dsb

    Tp kl dari kasus ini, menurutku yang membedakannya adalah fitur Fast Boot.
    Coba cek apakah di PC kamu support Fast Boot dan fitur Fast Boot nya aktif
    Karena kalau ternyata di laptop fitur Fast Boot nya aktif dan di PC enggak, maka jelas kecepatan startup di laptopnya lebih cepat dari di PC nya

    Untuk membandingkan kecepatan startup dengan lebih fair, km bisa mematikan fitur fast boot di Laptop dan di PC terlebih dahulu sebelum melakukan pengujian :goodjob:
     
  3. 826x

    826x Member

    Joined:
    Apr 8, 2014
    Messages:
    180
    Kalo menurutku bisa saja terjadi proses booting laptop lebih cepat ketimbang PC, walaupun spec PC nya lebih tinggi, hal ini bisa disebabkan beberapa faktor:

    - Mobo PC komponennya lebih kompleks daripada laptop, dari menu setting bios nya aja uda keliatan di pc lebih kompleks.
    Contohnya di PC umumnya mempunyai port yang lebih banyak daripada laptop, demikian juga dengan port SATA, tambahan chip seperti Marvell, dll, sehingga menyebabkan pada saat booting, system akan mengecek dan membaca port2 tersebut sebelum masuk ke OS. Hal yang dapat dilakukan untuk memperpendek waktu booting, disable semua port yang tidak digunakan via setting di BIOS.

    - Pemasangan kabel SATA HDD pada port SATA di mobo juga mempengaruhi, HDD seharusnya dipasang pada port SATA yang paling pertama, yaitu SATA 0, krn system akan selalu membaca dari SATA 0, 1, 2, dstnya. Dan apabila ada sisa port SATA yang tidak dipake, didisable saja.

    - Penggunaan discrete graphics card juga mempengaruhi waktu booting dibandingkan yang integrated, khususnya graphics card yang tipenya masih legacy, krn tidak mendukung fast boot walaupun bios pc nya sudah tipe uefi.
     

Share This Page