1. Hello Guest, selamat datang di Forum WinPoin. Kamu bisa bertanya, berdiskusi, sharing, dan ngobrolin apapun seputar Windows, Windows Phone, PC, Gadget, atau hal seputar Teknologi lainnya. Selamat berkomunitas! ;)

Share Kostumisasi Startmenu Places di Windows 10

Discussion in 'Windows 10' started by Oelek Boeloe, Jan 26, 2016.

  1. Oelek Boeloe

    Oelek Boeloe Well-Known Member

    Joined:
    Mar 18, 2015
    Messages:
    2,181
    OK, kali ini ane mau share sedikit trik nih, kali ini kita akan mengedit shortcut pada start menu windows 10, tepatnya yang berada di bagian sebelah kiri, seperti tampak dibawah ini :

    1 Target.png

    Tahukah agan2 kalau shorcut2 tsb bisa kita rename dan kita ubah direktori tujuannnya ? Ya, lokasi shortcut2 itu sendiri bisa kita akses disini : C:\ProgramData\Microsoft\Windows\Start Menu Places

    Triknya sederhana, setiap item pada direktori tadi bisa kita rename dan ubah lokasi tujuannya (kecuali homegroup), misalnya ane mau merubah shortcut Document (yg mengarah ke folder Document di partisi C), ane rename menjadi Tugasku dan ane rubah lokasi tujuannya menjadi folder tugas2 ane di partisi E, lebih kurang akan tampak seperti ini :

    2 Folder Tugas Edit.png

    Hal yang sama dapat agan2 terapkan pada shortcut2 lainnya, contoh lain shortcut download ane ubah menjadi unduhan, shortcut images ane rubah menjadi wallpaper yg mengarah ke folder koleksi wallpaper ane di partisi F, dst.

    Penting !
    Sebaiknya agan backup dulu folder start menu places sebelum mengeditnya, jadi kalau ingin dikembalikan seperti semula akan lebih mudah.
    Screenshot (233).png


    Note :
    1. Jumlah shortcut dalam folder start menu places tidak bisa ditambah, jadi kita hanya bisa merename atau mengubah direktori tujuannya.
    2. Walaupun tampilan shortcut di windows explorer berubah, tampilan icon di startmenu tetap sama.

    Sumber : AskVG.com
    Sekian semoga bermanfaat :D
     

Share This Page