1. Hello Guest, selamat datang di Forum WinPoin. Kamu bisa bertanya, berdiskusi, sharing, dan ngobrolin apapun seputar Windows, Windows Phone, PC, Gadget, atau hal seputar Teknologi lainnya. Selamat berkomunitas! ;)

Share Kulmulatif Update 4505903 menyebabkan speaker bluetooth berhenti bekerja

Discussion in 'Windows 10' started by Ricky Yohanes, Aug 25, 2019.

  1. Ricky Yohanes

    Ricky Yohanes Well-Known Member

    Joined:
    Jun 22, 2015
    Messages:
    1,589
    Microsoft merilis update kulmulatif bulan Agustus (tepatnya sekitar 26 Juli 2019) dimana update ini cukup memberikan banyak perbaikan (dari Windows Hello hingga Night Light). Tetapi update ini cukup membawa masalah yang cukup kritis. Jika pada awalnya update ini menyebabkan Windows Sandbox berhenti bekerja, minggu - minggu ini pengguna mengalami masalah yang sangat menyusahkan, karena speaker bluetooth berhenti bekerja. Berdasarkan website Microsoft Support: https://support.microsoft.com/en-us...do-not-work-after-update-4505903-is-installed
    Dijelaskan bahwa speaker bluetooth tidak bisa tersambung dengan komputer atau tersambung tapi dengan suara yang sangat buruk.
    Untuk saya sendiri, update kulmulatif ini menyebabkan laptop saya 'bisu' dalam seketika 'dalam kondisi clean install', padahal disitu tidak ada tanda - tanda kerusakan driver atau service di Windows itu sendiri. Awalnya saya kira ini karena driver suara saya update mungkin tidak cocok, ditambah dengan software audio yang terinstall sendiri (saya menggunakan metode INF install pada saat update driver). Kemudian saya troubleshooting, dan troubleshooter mengatakan bahwa Audio Service Is not responding, not fixed. Dari situlah saya menduga bahwa ada file yang mungkin corrupt selama saya mendefrag. Akhirnya saya menjalankan perintah DISM Restore Health, sayangnya masih belum menyelesaikan masalah. Kemudian saya menjalankan SFC Scannow dan akhirnya suara bisa pulih kembali, tetapi dengan risiko driver suara generik Microsoft hilang, alias driver terbaru yang diduga tidak cocok inilah yang 'seolah - olah' menjadi driver generik. Akhirnya saya install driver suara yang disediakan oleh manufaktur saja.
    Duh, asli ini repotin banget, apalagi baru clean install udah ketemu file corrupt aja.
    Pengguna lain yang pernah ngalamin hal yang sama boleh di share disini.
     

Share This Page