1. Hello Guest, selamat datang di Forum WinPoin. Kamu bisa bertanya, berdiskusi, sharing, dan ngobrolin apapun seputar Windows, Windows Phone, PC, Gadget, atau hal seputar Teknologi lainnya. Selamat berkomunitas! ;)

Mari Membuat Drive Kita Terenkripsi Dengan BitLocker

Discussion in 'Windows 8' started by Rasshid, Jul 25, 2014.

?

Enaknya setelah ini saya upgrade ke Level apa ya? (Ditutup pukul 18:00 WIB)

  1. Basic

    66.7%
  2. Premium

    33.3%
  1. Rasshid

    Rasshid Member

    Joined:
    May 9, 2013
    Messages:
    814
    [hr]
    Cara Mengenkripsi Drive Lokal dengan BitLocker

    Untuk menggunakan BitLocker cukup pergi ke Control Panel lalu pergilah ke menu System and Security lalu BitLocker Drive Encryption. Atau bisa juga dengan pergi ke File Explorer dan klik kanan pada drive lalu pilih Turn On BitLocker. Kalau pada komputer/laptop kalian tidak ada kedua opsi tersebut, berarti kalian menggunakan versi Windows 8/8.1 yang tidak mendukung BitLocker.

    "Turn On BitLocker" dapat digunakan pada drive tempat OS tersimpan, bisa juga pada drive data, atau pada removable drives. :goodjob:

    Ada dua tipe enkripsi yang bisa kalian pakai disini:

    • BitLocker Drive Encryption (atau BitLocker saja) merupakan fitur enkripsi full-disk yang dapat digunakan untuk mengenkripsi semua drive. Ketika komputer/laptop booting, partisi System Reserved akan memuat bootloader Windows dan bootloader tersebut akan memunculkan prompt yang mengharuskan anda membuka sandi BitLocker tersebut. Lalu BitLocker akan mendekripsi drive dan memuat Windows. Enkripsi tersebut dinyatakan transparan - file kalian akan muncul seperti biasa tapi file-file tersebut disimpan dalam disk yang terenkripsi. Kalian juga dapat mengenkripsi drive lainnya seperti drive data.
    • BitLocker To Go dapat digunakan untuk mengenkripsi USB drive (flashdisk) dan HDD eksternal. Ketika kalian menghubungkan removable disk yang telah dienkripsi, kalian harus mengetik sandi enkripsi sebelum drive tersebut dapat digunakan. Jika seseorang tidak tahu sandinya, mereka tidak bisa membuka drive tersebut.

    [​IMG]

    Menggunakan BitLocker Tanpa TPM

    Jika PC kalian tidak memiliki Trusted Platform Module (TPM), kalian akan melihat pesan yang mengatakan administrator harus mengizinkan BitLocker pada TPM yang tidak kompatibel.

    BitLocker Drive Encryption biasanya membutuhkan membutuhkan komputer dengan TPM untuk mengamankan drive tempat OS terinstal. TPM adalah microchip yang dibangun ke dalam komputer, yang terpasang pada motherboard. BitLocker dapat menyimpan kunci enkripsi, yang lebih aman dari sekedar menyimpannya pada drive data komputer. TPM hanya akan memberikan kunci enkripsi setelah memverifikasi keadaan komputer. Seorang attacker tidak bisa hanya menembus hard disk komputer Anda atau membuat gambar disk terenkripsi dan terdekripsi pada komputer lain.

    [​IMG]

    Jika kalian mendapat pesan seperti itu pada komputer kalian sendiri, kalianlah Administratornya. Cukup buka aplikasi Local Group Policy Editor, dan ubahlah settingannya.

    Tekan tombol Windows dan R bersamaan, lalu ketik gpedit.msc dan tekan Enter. Lalu, bukalah Computer Configuration \ Administrative Templates \ Windows Components \ BitLocker Drive Encryption \ Operating System Drives. Klik dua kali pada “Require additional authentication at startup”, lalu centang pilihan “Allow BitLocker without a compatible TPM”. Klik OK.

    [​IMG]

    Memilih Metode Unlock

    Selanjutnya, kalian akan melihat jendela “Choose how to unlock your drive at startup”. Kalian dapat memilih salah satu dari beberapa metode untuk membuka enkripsi drive. Jika device kalian tidak memiliki TPM, kalian dapat meng-unlock drive yang terenkripsi menggunakan kata sandi atau memasukkan flashdisk USB yang berfungsi sebagai kunci.

    Jika komputer kalian tidak memiliki TPM, kalian akan memiliki pilihan tambahan. Misalnya, kalian dapat mengkonfigurasi unlocking otomatis pada startup - komputer kalian akan mengambil kunci enkripsi dari TPM dan secara otomatis mendekripsi drive. kalian juga bisa mengamankannya dengan cara lain - misalnya, kalian bisa memberikan PIN saat startup. PIN itu akan membuka kunci dekripsi yang kuat yang tersimpan dalam TPM dan membuka drive.

    Pilih opsi membuka yang kalian inginkan dan ikuti petunjuk di layar berikutnya untuk memasangnya.

    [​IMG]

    Mambackup Recovery Key

    BitLocker akan membekali kalian dengan recovery key. Kunci ini dapat digunakan untuk mengakses file yang terenkripsi jika kalian pernah kehilangan kunci utama - misalnya, jika kalian lupa password atau jika komputer dengan TPM mati dan kalian harus menghapus drive.

    Kalian dapat menyimpan kunci ke file, mencetaknya, menyimpannya di USB flash drive, atau menyimpannya ke akun Microsoft kalian di Windows 8 dan 8.1. Jika kalian membuat cadangan kunci pemulihan ke akun Microsoft kalian, kalian dapat mengakses kunci itu nanti di https://onedrive.live.com/recoverykey. Pastikan untuk menjaga kunci ini - jika seseorang memperoleh akses ke kunci kalian, mereka bisa mendekripsi drive kalian dan menembus enkripsi. Kalian mungkin ingin merestore di beberapa lokasi - jika kalian kehilangan recovery key dan membuka metode utama kalian, file terenkripsi kalian akan hilang selamanya.

    [​IMG]

    Mengenkripsi dan Membuka Enkripsi Drive

    BitLocker otomatis akan mengenkripsi file baru ketika kalian menambahkannya, tetapi kalian harus memilih apa yang terjadi dengan file yang ada di drive kalian. Kalian dapat mengenkripsi seluruh drive - termasuk ruang bebas - atau hanya mengenkripsi file disk yang digunakan untuk mempercepat proses.

    Jika kalian menyiapkan BitLocker pada PC baru, hanya mengenkripsi ruang disk yang digunakan - merupakan pilihan yang lebih cepat. Jika kalian sedang menyiapkan BitLocker pada PC yang telah digunakan, kalian harus mengenkripsi seluruh drive untuk memastikan tidak ada yang dapat memulihkan file yang telah dihapus. Enkripsi hanya ruang disk yang digunakan lebih cepat, sementara mengenkripsi seluruh drive membutuhkan waktu lebih lama.

    Kalian akan diminta untuk menjalankan pengecekan sistem BitLocker dan reboot komputer kalian. Setelah komputer melakukan boot cadangan untuk pertama kalinya, drive akan dienkripsi. Periksa ikon Enkripsi BitLocker Drive di system tray untuk melihat prosesnya. kalian dapat terus menggunakan komputer saat sedang dienkripsi, tetapi prosesnya akan jadi lebih lambat.

    [​IMG]

    Ketika komputer/laptop kalian booting, kalian akan melihat prompt BitLocker yang mengharuskan kalian mengetik password, PIN, atau memasukkan flashdisk USB.

    [​IMG]

    Jika kalian mengenkripsi flashdisk dengan Bitlocker To Go, anda akan melihat wizard serupa tapi flashdisk kalian akan terenkripsi tanpa membutuhkan reboot. Jangan melepaskan USB flashdisk kalian ketika proses enkripsi dilaksanakan.

    [​IMG]

    Ketka kalian memasukkan flashdisk yang sudah terenkripsi tersebut pada laptop, kalian akan disuruh memasukkan kata sandi atau PIN. Drive yang dilindungi BitLocker akan ditandai dengan adanya kunci di sebelah lambang drive.

    [​IMG]

    Kalian dapat mengatur drive yang terkunci - mengganti password, mematikan enkripsi BitLocker, membackup recovery key, atau melakukan aktifitas lainnya dari Control Panel BitLocker. Klik kanan pada drive yang terenkripsi lalu pilih"Manage BitLocker" untuk menuju ke Control Panel BitLocker tersebut secara langsung.

    [​IMG]

    Semua gambar dan ide pada thread ini berasal dari website ini!

    Satu quote lagi dari saya :ketawa:
     
  2. Febian

    Febian Administrator Staff Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    8,032
    Dari sini kog gambarnya g muncul ya? Apa memang g muncul atau smartphone ku yg lg mabok?
    *lg pake smartphone
     
  3. Rasshid

    Rasshid Member

    Joined:
    May 9, 2013
    Messages:
    814
    Via Opmin aja.
    Saya ngambil gambarnya dari HTG
     
  4. AriaKuroba

    AriaKuroba Member

    Joined:
    Jan 23, 2014
    Messages:
    339
    Triknya bagus nih, btw ane kasih like ya
     
  5. Rasshid

    Rasshid Member

    Joined:
    May 9, 2013
    Messages:
    814
    Terserah anda deh :v

    +Rep juga boleh :goodjob:
     
  6. Yusril Ibnu

    Yusril Ibnu Winpoin Staff Staff Member

    Joined:
    May 12, 2014
    Messages:
    6,353
    untuk keamanan meman gbutuh...
    hey apa nyambungnya poling dengan thread hihihihi :lol1:
     
  7. Rasshid

    Rasshid Member

    Joined:
    May 9, 2013
    Messages:
    814
    Gapapa, saya bingung pilih yang mana hehe :ketawa:
     
  8. indrik21

    indrik21 Member

    Joined:
    Aug 2, 2014
    Messages:
    43
    makasih gan thread nya bermanfaat :goodjob: :goodjob: :ketawa:
     
  9. Rasshid

    Rasshid Member

    Joined:
    May 9, 2013
    Messages:
    814
    MMakasih gan :D
     
  10. indrik21

    indrik21 Member

    Joined:
    Aug 2, 2014
    Messages:
    43
    sama2 gan :goodjob: :kagum:
     

Share This Page