1. Hello Guest, selamat datang di Forum WinPoin. Kamu bisa bertanya, berdiskusi, sharing, dan ngobrolin apapun seputar Windows, Windows Phone, PC, Gadget, atau hal seputar Teknologi lainnya. Selamat berkomunitas! ;)

Share Mengenal Lebih Jauh Bottleneck

Discussion in 'General' started by Rifqy Yudistira X RPL 1, Sep 12, 2016.

  1. Rifqy Yudistira X RPL 1

    Rifqy Yudistira X RPL 1 Member

    Joined:
    Dec 18, 2015
    Messages:
    151
    Selamat malam agan-agan sekalian, oke kali ini ane akan membahas mengenai bottleneck.

    Mungkin beberapa diantara kalian ada yabg sudah mengenal bottleneck itu seperti apa. Meskipun begitu, ane akan sharing semaksimal mungkin untuk orang-orang yang masih agak awam mengenai bottleneck itu apa.

    Apa itu bottleneck? Bottleneck merupakan suatu kejadian dimana sebuah komponen dalam suatu sistem yang mengakibatkan performa sistem terhambat. Nah, beberapa orang mengartikan bottleneck itu mengarah ke hardware. Memang betul, tetapi bottleneck itu tidak hanya berupa faktor hardware saja, akan tetapi variabel lain dari penyebab bottleneck itu beragam.

    Mungkin kalian disini pernah mendengar kalo Prosesor A dipasangkan ke VGA B hasilnya bottleneck, dah selesai problemnya. Tetapi aspek dari bottleneck itu sendiri masih banyak yang harus ditinjau, maka dari itu ane akan berikan beberapa aspek yang menjadi penyebab bottleneck.

    1. Bottleneck Software
    Sebagai contohnya, yaitu API. Nah, apakah API penyebab dari bottleneck? Betul. Misalkan pada API DirectX 11, dimana pada sistem API tersebut mengalokasikan 1 core CPU untuk mengolah banyak gambar yang dihasilkan oleh VGA Card. Nah, dari situlah bottleneck muncul. Mengapa? Karena API DX11 hanya menggunakan resource yang tidak terlalu banyak. Maka solusi dari penyelesaian diatas yaitu dengan hadirnya API Mantle besutan AMD yang memaksa semua core CPU untuk dialokasikan agar menghasilkan jumlah gambar yang lebih banyak yang dihasilkan oleh VGA Card.

    2. Bottleneck Skenario Pemakaian
    Skenario Pemakaian disini adalah sebuah gambaran pengguna yang menggunakan aplikasi atau game dengan tujuan yang diharapkan. Contohnya adalah ketika temen ane memainkan game sekelas watch dogs dengan prosesor Core 2 Duo yang telah dioverclock hingga sekitar 3.6 GHz, terkadang Frame Rate yang dihasilkan tidak stabil, kadang ngedrop dibawah 30 FPS kadang di atas 60 FPS, nah pengalaman gaming tentunya jadi gak nyaman bukan. Nah, solusi yang berikan kepada temen ane itu dengan melock frame rate ke 30 FPS, dari situlah dimana bottleneck tersebut jadi tidak terlihat karena FPS yang dilock ke posisi 30, walau kadang naik turun, tetapi FPS tetap berada di angka 30.

    3. Bottleneck Ekspetasi
    Maksudnya bottleneck ekspetasi disini adalah dimana bayangan si pengguna sistem terhadap kebutuhan komputer yang akan digunakan. Biasanya, orang yang berekspetasi rendah biasanya memiliki tingkat bottleneck yang lebih sedikit, karena mereka tidak berangan-angan yang terlalu tinggi untuk memenuhi kebutuhan komputasi, entah itu gaming, multimedia, atau office, dan masih banyak lainnya.

    4. Bottleneck Storage
    Bottleneck Storage dikaitkan dengan perangkat penyimpanan yang digunakan pada laptop atau PC. Biasanya pengaruh storage akan lebih terasa jika menggunakan aplikasi yang memang sering menggunakan storage sebagai cache agar akses lebih cepat, misalnya photoshop, after effects. Dalam studi kasus, laptop core i3 dengan storage SSD & laptop core i7 dengan storage HDD. Ketika dalam pengujian render photoshop, laptop core i3 dengan storage SSD dapat menyelesaikan proses render dengan waktu yang tergolong lumayan cepat dibandingkan dengan laptop core i7 dengan storage HDD, karena jelas kalo SSD itu memiliki kecepatan yang tergolong lebih cepat untuk melakukan proses rendering yang tergolong berat.

    5. Bottleneck Interface
    Bottleneck interface disini adalah dimana sebuah interface seperti usb dapat menyebabkan bottleneck. Contoh sederhananya ialah HDD Eksternal dengan USB 3.0 biasanya memiliki transfer rate 70-80 MB tiap detik, tetapi ketika dicolokkan pada port USB 2.0, transfer rate yang dihasilkan hanya sekitar 30 MB per detiknya. Disitulah interface USB 2.0 yang menjadi penyebab dari bottleneck.

    Kalo kalian masih bingung, kalian bisa melihat video youtube berikut ini:


    Di thread ini memang penjelasannya lebih banyak, karena penyeban dari bottleneck itu sangat beragam, jadi diperlukan analisa dalam kehidupan sehari-hari untuk menemukan aspek penyebab dari bottleneck :D

    Oke, sekian dari saya, mohon maaf jika ada kekurangan dalam thread ini, walaupun memang kenyataannya beberapa orang entah diforum lain, atau media lah, masih banyak yang salah mengartikan tentang bottleneck ini. Semoga thread yang saya tulis ini bermanfaat bagi para agan-agan semua yang ada disini. Terima kasih :)
     

Share This Page