1. Hello Guest, selamat datang di Forum WinPoin. Kamu bisa bertanya, berdiskusi, sharing, dan ngobrolin apapun seputar Windows, Windows Phone, PC, Gadget, atau hal seputar Teknologi lainnya. Selamat berkomunitas! ;)

Mengenal Settings Windows Phone

Discussion in 'Windows Phone' started by Jazz, Feb 27, 2015.

  1. Jazz

    Jazz Windows Freak Staff Member

    Joined:
    Jan 6, 2014
    Messages:
    14,720
    [​IMG]

    Apa itu Settings?
    Sama dengan smartphone lainnya. settings pada Windows Phone juga berisi serangkaikan konfigurasi Windows phone mulai dari basic seperti mengganti tema dan tanggal/jam hingga advanced seperti opsi update phone dan reset phone.

    Apa saja yang dapat dikonfigurasi pada Settings?
    Ada banyak konfigurasi yang terdapat pada Windows Phone yang akan kubahas 1-1.

    *[/b]]
    Yakni berisi opsi untuk mengganti tampilan tema Windows Phone, warna aksen yang terdiri dari 20 opsi warna. serta jika kamu pengguna Windows Phone 8.1, kamu dapat mengganti gambar background dari startscreen dan juga dapat mengatur jumlah baris tile yang ada.
    Yakni berisikan opsi untuk mematikan ataupun menghidupkan viberate/getar. lalu kamu juga dapat menentukan ringtone yang ingin kamu gunakan, hingga kamu juga dapat mengatur suara yang akan dikeluarkan app jika ada pemberitahuan/notifikasi.
    Pada pengaturan ini kamu dapat mengatur Microsoft account* kamu serta juga dapat menambahkan akun lain seperti Exchange, iCloud, facebook, Google, dll.
    *Jika ingin mengetahui kegunaan Microsoft account pada Windows phone, kamu dapat membaca Mengenal Fungsi Microsoft akun Windows Phone pada sesi panduan ini
    Pengaturan ini berisikan konfigurasi untuk mengganti gambar background dari lockscreen. serta kamu juga dapat mengatur app apa saja yang dapat dimunculkan notifikasinya pada saat Windows Phone dalam keadaan lock. lalu kamu juga dapat mengatur interval waktu berapa lama Windows Phone otomatis akan masuk kelockscreen jika tidak digunakan. dan tidak juga ketinggalan disini kamu dapat mengkonfigurasi password login.
    **[/b]]
    Berisikan konfigurasi dari action center. kamu dapat mengatur app apa yang dapat dibuka secara cepat di action center (quick action).
    *[/b]]
    Tentunya untuk mengkonfigurasi settingan wifi. agar kamu dapat menggunakan wifi, swipe kekanan pada opsi "Wi-Fi Networking". setelah itu kamu tinggal memilih jaringan mana yang ingin kamu hubungan dengan Windows Phone. serta jika memilih opsi "manage", kamu dapat mengkonfigurasi wifi yang tersedia dengan proxy.
    Airplane mode berfungsi jika kamu dalam keadaan sibuk atau sedang dalam perjalanan dan tidak ingin adanya koneksi Windows Phone ke jaringan network. untuk mengaktifkannya, swipe kekanan pada bagian "Status". dengan begitu maka fitur networking seperti Wifi, cellular, NFC sharing, dsb akan mati.
    Tentunya kamu sudah tau ini beguna untuk apa. yap ini berguna untuk melakukan transfer file dari device lain (yang support bluetooth) ke device Windows Phone kamu. untuk menghidupkannya, swipe kekanan pada bagian "Status". lalu tunggu beberapa saat hingga kamu menemukan device yang kamu inginkan untuk dikoneksikan.
    *[/b]]
    Berisikan settingan untuk sim card kamu. kamu juga dapat mengatur on/off pada paket data dengan cara swipe kekanan pada bagian "Data Connection". dan kamu juga dapat mengatur Data roaming serta dapat mengatur jenis jaringan yang digunakan.
    Ini berguna jika kamu ingin menjadikan Windows Phone sebagai modem, lebih detailnya kamu dapat membaca Cara Agar Windows Phone Bisa Menjadi Modem di Portal WinPoin.
    **[/b]]
    Sama seperti VPN di PC. VPN di Windows Phone juga dapat kamu gunakan untuk mengakses situs-situs yang diblokir oleh ISP ataupun Provider yang kita gunakan. lengkapnya kamu dapat membaca Cara Menggunakan VPN (Agar Bisa Mengakses Apa Saja) di Windows Phone. di Portal WinPoin.
    Sejujurnya saya belum pernah coba menggunakan fitur ini. tapi yang kutahu ini biasa digunakan untuk pegawai organisasi seperti perkantoran, perusahaan, unversitas, dsb.
    Dengan kamu mengaktifkan kid's corner. maka kamu dapat memfilter browser dari konten negatif seperti pornografi, judi, dsb. dan mengganti isi konten dengan konten anak-anak. seperti judulnya "Kid's"
    **[/b]]
    Berisikan infomasi lengkap mengenai battrai Windows Phone kamu. disini kamu dapat mengatur fitur Battery saver on/off. serta kamu juga dapat melihat app apa saja yang memakan banyak tenaga battray.
    **[/b]]
    Pada konfigurasi ini kamu dapat mengatur jumlah/limit dari paket data baik dari Cellular ataupun Wifi. dan kamu juga dapat mengatur browser data savings.
    **[/b]]
    Isinya adalah menampilkan infomasi mengenai media storage pada Windows Phone kamu, baik memory Internal ataupun eksternal. kamu dapat melihat isi dari memory, dan kamu juga dapat menghapus temporary files (jika ada). dan kamu juga dapat mengatur tempat dimananya file seperti music, video, dan podcast akan disimpan.
    Berisikan konfigurasi untuk mengatur kecerahan phone. atau sesuai keadaan, dan yang terpenting pastikan tidak terlalu cerah guna tidak menyakitkan mata.
    Jika kamu ingin posisi layar dalam keadaan tepat dan tidak berputar mengikuti posisi device. maka kamu cukup swipe kekanan pada bagian "Rotation Lock". dengan begitu posisi layar akan terkunci.
    **[/b]]
    Ini berfungsi untuk menghubungkan Device Windows Phone ke PC guna menjadikannya sebagai projector. lengkapnya kamu dapat membaca Thread Cara Menggunakan Project My Screen Di PC Pada Windows Phone 8.1.
    Konfigurasi ini berguna untuk melacak jika kamu kehilangkan Windows Phone kamu. untuk setupnya kamu dapat membaca Thread Semua Tentang "Find My Phone" di Windows Phone. Thanks @Mayza
    Opsi ini berfungsi untuk membackup file seperti app+settings, pesan teks, photo+video ke Cloud.
    Opsi ini agar kamu dapat mengsinkronasikan settingan seperti Tema, App settings, Internet Explorer, dan Password ke Device lain selain Windows Phone kamu yang tentunya dengan menggunakan Microsoft account yang sama.
    Ini berguna ketika kamu dalam keadaan berkendara dan tidak ingin ada gangguan. maka kamu dapat memblok semua notifikasi seperti telephone dan sms yang ada dengan mengaktifkan fitur ini.
    **[/b]]
    Ini juga merupakan opsi yang dapat digunakan ketika kamu dapat keadaan sibuk. dengan kamu mengaktifkannya, maka secara otomatis cortana yang akan menghandle semua pesan atau telephone yang masuk.
    Karena Windows Phone dilengkapi dengan fitur Geotag, jadi jika kamu mengaktifkan location service. maka semua jejak kamu akan terbaca oleh semua app yang menggunakan lokasi seperti maps.
    **[/b]]
    Advertising ID adalah untuk penyediaan iklan dari Windows Phone yang lebih relevan, Windows Phone pun memungkinkan semua aplikasi untuk mengakses pengindentifikasi unik untuk setiap pemilik Windows Phone. selengkapnya untuk penjelasan mengenai Advertising id kamu bisa baca Thread Advertising ID in Windows Phone 8.1 , thanks @Mayza.
    Tentunya berisi konfigurasi untuk mengatur tanggal dan waktu pada Windows Phone kamu. pastikan kamu mengaturnya dengan benar, karena banyak yang mengalami masalah pada Windows Phone dikarenakan mengatur tanggal dan jam yang salah.
    Ini berisi settingan untuk mengatur jenis bahasa pada Keyboard ketika kita mengetik. dan juga berisikan pengaturan untuk Auto correct jika kita salah menulis (typo).
    Mengatur bahasa pada Windows Phone, secara default adalah bahasa English tapi kamu juga dapat menggantinya kebahasa lain seperti bahasa indonesia. dan kamu juga membutuhkan proses restart untuk mendapatkan perubahannya.
    Yakni untuk mengatur lokasi negara dimana kamu berada. secara default adalah United states, tetapi kamu bisa menggantinya ke negara lain seperti Indonesia. tetapi lebih baik dibiarkan US jika kamu ingin mendownload App di store. kecuali jika kamu ingin mendownload App yang paid dengan menggunakan Pulsa.
    Jika kamu mengaktifkan opsi "Send feedback", maka data penggunaan phone kamu akan di kirim ke Microsoft guna untuk memberikan masukan guna memperbaiki kinerja. jika kamu ingin ikut berpatisipasi kamu dapat membiarkannya On, tetapi jika tidak maka kamu bisa mematikannya.
    Fungsi ini dapat digunakan ketika kita menggunakan pencarian dengan menggunakan suara. kamu dapat mengatur suara laki-laki atau perempuan yang berbiacara ketika kamu menggunakan app yang menggunakan speech, serta kamu juga dapat mengatur bahasa pengucapan yang digunakan.
    Ada banyak pengaturan yang dapat kamu konfigurasi disini. seperti High contrast, narator, screen magnifier, dll. dan kamu juga dapat mengganti jenis, warna font, background transparency, window color, dan window transparency yang nantinya akan muncul pada konten browser.
    Fungsi untuk mengupdate system dari Windows Phone. kamu bisa Update sistem operasi Windows phone atau melakukan upgrade Frimware.
    Berisikan data secara rinci mengenai Device Windows Phone kamu. mulai dari model device yang digunakan, sistem operasi yang kamu gunakan hingga Frimware revision number. (Baca Juga : 2 Cara Mengetahui Versi Windows Phone)
    memungkinkan kamu untuk memblokir panggilan dan pesan SMS yang masuk ke nomor pengguna. namun kamu hanya dapat menambah nomor yang akan diblokir melalui call history saja.
    **[/b]]
    Berisikan review mengenai media penyimpanan yang ada pada Windows Phone kamu. swipe kekanan untuk melihat detail dari setiap size jenis file seperti app, photo, music, video, dokumen, dsb.
    **[/b]]
    Berisikan pengaturan untuk mengatur tingkat sensitifitas sentuhan layar. dan kamu juga dapat mengatur fitur double tab untuk membangunkan windows phone disaat dalam keadaan sleep. serta mengatur getar pada saat menekan navigation bar.
    **[/b]]
    Didalamnya terdapat konfigurasi "Flip to Silence". yang berfungsi untuk mematikan nada dering dengan cara membalikan device Windows Phone kamu.
    *[/b]]
    Mengatur tampilan pada Windows phone kamu seperti mengatur battray saver guna untuk mengecilkan tingkat kecerahan ketika fitur battray saver diaktifkan. hingga kamu dapat mengatur Color profile, yang berfungsi untuk mengatur karakter warna yang ditampilkan pada layar Windows Phone dan kamu juga dapat mengatur Color temperature dan Color saturation sesuai keinginan.
    Setup konfigurasi internet, MMS dan Internet sharing. dan kamu juga dapat membuat koneksi proxy dengan fitur ini.
    Pengaturan ini berfungsi untuk mengelola panggilan dan menkonfigurasi penerusan panggilan. lalu kamu juga dapat mengatur tampilan karakter pada SMS.
    Memberikan feedback ke manufactrue mengenai kesan menggunakan lumia. serta kamu dapat ikut berpatisipasi dalam program Product Improvement, yakni dengan memberikan saran-saran mengenai layanan dan fitur yang paling sering digunakan.
    Menampilkan secara detail mengenai Software release yang digunakan saat ini. dan juga mengenai versi-versi dari system seperti Lumia share, rate us, SIM Unlock, SpamFilter, dsb. tidak ketinggalan juga info mengenai Hardware yang digunakan.
    Fitur ini memungkinkan kamu untuk menemukan perangkat yang sudah di sharing melalui internet atau bluetooth. untuk detailnya, kamu dapat membaca Thread Device Hub Windows Phone 8.1, thanks @Mayza
    **[/b]]
    Berisikan pengaturan cortana. mulai dari enable/disable cortana, memberikan nama yang digunakan cortana untuk memanggilmu, mengintegrasikan cortana ke facebook, dsb.
    Isinya adalah pengaturan untuk browser bawaan system yakni Internet Explorer. seperti menampilkan mode konten yang ditampilkan (mobile atau desktop), dan menghapus history. lalu untuk Advanced settings yang berisikan mengizinkan menggunakan lokasimu, website password, menentukan default search engine, dsb.
    Pengaturan ini berisi settingan app maps. kamu dapat enable/disable current location, mendownload map, mengupdate versi app, dan mengatur default aplikasi navigasi.
    Berisi pengaturan SMSmu. kamu dapat mengatur jadwal backup isi pesan SMS, lalu mengaktifkan konfirmasi bahwa SMS terkirim, mengatur grup text, dsb.
    Berisikan informasi mengenai Officemu, dan disini kamu juga dapat mengatur nama sesuai keinginan yang bertujuan untuk mengidentifikasi notes, dokument, dan comment.
    Isinya adalah pengaturan untuk mengatur people/contact. kamu dapat menambahkan kontak, memfilter dan kamu dapat mengimport kontak dari SIM. serta kamu dapat menampilkan daftar kontak berdasarkan nama dan berdasarkan kontak pertama hingga akhir yang dimasukan atau sebaliknya.
    Berisi konfigurasi pada saat kamu melakukan percakapan telephone. disini kamu dapat mengatur enable/disable text reply hingga mengatur app untuk video calls.
    Berisi pengaturan photo dan camera. kamu dapat mengatur gambar yang tampil pada tile photo di startscreen, mengatur default aplikasi kamera, dan juga dapat mengatur auto upload kamera ke Cloud (OneDrive).
    Berisi pengaturan untuk fitur search. disini kamu dapat memilih mode safesearch mulai dari off, moderate, dan strict. serta kamu dapat menghapus history keyword search sebelumnya.
    Berisikan pengaturan App Windows Store. kamu dapat mengatur on/off "use my location", mengaktifkan auto update app dan juga mengatur auto update tersebut ketika terhubung ke Wifi ataupun tidak. serta jika memilih opsi "Check for updates", maka kamu akan melakukan checking pada semua app kamu sudah up-to-date atau tidak.
    Berisikan pengaturan Provider account guna agar kamu dapat membeli App yang berbayar dengan pulsa. kamu dapat memberikan PIN, alerts, dan mengatur daftar akun walletmu berdasarkan (nama, category, dan terakhir digunakan).

    *Settingan didalamnya mengalami penambahan fitur lebih dari Windows Phone 8. dikarenakan perbedaan versi software dan frimware kamu yang digunakan.
    **Settingan baru. kamu tidak menemukannya jika menggunakan Windows Phone 8.


    Have Question about Settings?
    Just Reply :)
     

Share This Page